Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Tangga Seribu Delleng Sindeka Sebagai Daya Tarik Wisata Kabupaten Pakpak Bharat Sumatera Utara

Authors

  • Feronika Berutu Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.58331

Keywords:

Pengembangan, Daya Tarik, Aksesibilitas, Amenities

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembagan destinasi wisata Tangga Seribu Delleng Sindeka Sebagai Daya Tarik Wisata Kabupaten Pakpak Bharat. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif pendekatan kualitatif, penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Sumber data penelitian data primer dan sekunder dengan Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan studi Pustaka, dengan Teknik Analisa data metode tringulasi dengan membandingkan dan menganalisis informasi dari sumber lainnya. Narasumber dalam Penelitian ini Dinas Pariwisata pakpak Bharat, Masyarakat.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa daya tarik, Amenities, Aksesibilitas dan Ancillary Service  yang dimiliki oleh destinasi wisata banyak bisa dikembangkan melihat potensi, keunikan dan  kebudayaan yang dimiliki.  Saat ini sudah mulai dikembangkan tetapi masih perlu pembenahan agar lebih maksimal baik dari segi daya tarik, Amenities, Aksesibilitas dan Ancillary Service.  Untuk itu Dinas Pariwisata Pakpak Bharat perlu melakukan Kerjasama kepada semua yang berkepentingan dalam pengembangan destinasi wisata Dari masyarakat, organisasi kepariwisataan, untuk melakukan pembenahan dari daya tarik, Amenities, Aksesibilitas dan Ancillary Service.

References

Arystiana, Putu. (2020). Identifikasi Accessibillity Pada Objek Wisata Di Desa Sambangan Sebagai Desa Wisata. Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. 11. 108. 10.23887/jppkk.v11i3.32301.

Basiya, R., & Rozak, H. A. (2012). Kualitas dayatarik wisata, kepuasan dan niat kunjungan kembali wisatawan mancanegara di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Dinamika Kepariwisataan. Vol. XI No. 2: 1-12.

Baskoro Ratu, Anurogo. (2014). Studi aksesibilitas kawasan wisata Candi Prambanan bagi difabel paraplegia. Jurnal Penelitian, Vol 18, No 1, (2014).

Brown, and Stange. (2015). Tourism destination management. Washington University

Chaerunissa, S. F., & Yuniningsih, T. (2020). Analisis komponen pengembangan pariwisata desa wisata Wonolopo Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 9(4), 159 - 175. doi:10.14710/jppmr.v9i4.28998

Dyah, Palupiningtyas & Heru, Yulianto. (2018). Kepuasan wisatawan: Tinjauan terhadap atraksi, aktivitas, amenities dan aksesibilitas di Taman Nusa Bali. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis. STIEPARI Semarang.

Givara Oksafa, Silvandi & Siska, Mandalia. (2021). Pengembangan taman margasatwa dan budaya Kinantan dengan menerapkan aspek pariwisata 3s (something to see, something to eat, something to buy). I-Tourism, volume 2 No. 2.2021.

Kusmayadi dan Endar Sugiarto. (2000). Metodologi penelitian dalam bidang kepariwisataan. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Maysyaroh Nur Azizzah, dkk. (2022). Analisis perspektif masyarakat mengenai accessibilitiys amenities dan ancillary service terhadap potensi pengembangan desa wisata Umbulrejo, Pojong, Gunung Kidul. GEOGRAPHY: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol 10, No 2 (2022): September. https://journal.ummat.ac.id/index.php/geography/article/view/10024/pdf

Moleong, Lexy. J. (2016). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Stella, Alvianna., Ryan Gerry, Patalo., Syarif, Hidayatullah & Ike Kusdyah, Rachmawati. (2018). Pengaruh attraction, accessibility, amenity dan ancillary terhadap kepuasan generasi millenial berkunjung ketempat wisata. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas dan Perjalanan. Universitas Merdeka Malang.

Sugiyono (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode penelitian: Lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Suryani, Ade Irma. (2017). Strategi pengembangan pariwisata lokal. Padang: STKIP PGRI Padang

Undang-Undang No 10 Tahun 2009.

Published

2023-03-24

Issue

Section

Articles