Strategi Peningkatan Kinerja Pramusaji Palms Restaurant Hotel Holiday Inn Resort Baruna Bali

Penulis

  • Ketut Hepani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu indah Rahmawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Dini Andiani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v2i2.22098

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatkan kinerja Pramusaji Palms Restaurant Hotel Holiday Inn Resort Baruna Bali. Subjek dari penelitian ini adalah Supervisor dan Staf Palms Restaurant. Objek penelitian ini adalah Srategi peningkatan kinerja pramusaji Palms Restaurant Hotel Holiday Inn Resort Baruna Bali. Metode pengumpulan data adalah dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) kendala yang mempengaruhi kinerja pramusaji Palms Restaurantt seperti, sulitnya menentukan jadwal pelatihan dikarenan jam operasional yang sibuk, penggunaan cara kerja lama, kekurangan cutleries, dan pesanan telur yang banyak. (2) Strategi yang diterapkan guna meningkatkan kinerja pramusajiseperti pelatihan dan pemberian SOP untuk meningkatkan mutu pelayanan. Pemberian training dan SOP kepada para staf sangat mempengaruhi kinerja kerja pramusaji di Palms Restaurant hal ini dibuktikan dengan meningkatnya score breakfast di Palms Restaurant sehingga mampu mencapai target.
Kata kunci: Hotel, Strategi, Kinerja, Pramusaji, Restaurant.

Abstract This study aims to determine the strategy of improving the perpormance of waitress Palms Restaurant Holiday Inn Resort Baruna Bali Hotel. The object of this research is the strategy of improving the performance of waitress Palms Restauant Hotel Holiday Inn Resort Baruna Bali. The method of collecting data is by observation, documentation and interviews. (1)The results of this study are, constraints that affect the performance o restaurant Palms such as, the difficulty of determining training hours due to busy operating hours, the use of old ways of working, lack of cutleries, and ordering lost of eggs.(2)Strategies implemented to improve the performance of waiterss such as training and provision of SOP to improve service quality. The provision of training and SOP to staff which greatly affects the work performance of waitress in Palms Restaurant.
Keywords: Strategy, Work performance, Waitress, Restaurant, Hotel.

Referensi

Abdulah,M. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan.Yogyakarta: Penerbit AswajaPressindo. Anwar,Mangkunegara. 2009. Evaluasi Kerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Penerbit Refika Aditama Bryson,Jhon. 2001. Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Guntu dan Yulianto. 2015. Upaya Profesionalisme Kerja Untuk Meningkatkan Pelyanan Tamu Di The Grand Palace Hotel Yogyakarta.Tersedia pada https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Upaya+profesionalism e+Kerja+Untuk+Peningkatan+pelayanan+tamu+di+The+Grand+Palace+Hotel+Yogy akarta&btnG (diaskses pada 5 april 2019) Kusuma, Arta Adi. 2013. Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Staf Hotel Muria Semaarang. Tersedia pada https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pengaruh+Motivasi+D an+Lingkungan+Kerja+Terhadap+Kinerja+Staf+Hotel+Muria+Semaarang&btnG= (diakses pada tanggal 11 April 2019) Moelong.Lexy j.2008. Metode Penelitian Kunatitatif Edisi Revisi.Bandung: Penerbit PT.Remaja Rosdakrya. Murjianto.2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bina Atmaja: Bandung Pearce II, Jhon A, dan Robinson Richard B.Jr (2008). Manajemen Strategis 10. Salemba Empat: Jakarta Sutrisno,Edi. 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Media Group. www.google.com 2019. Peta Hotel Holiday Inn Baruna Bali. Tersedia pada https://www.holidayinnresorts.com.

Terbitan

Bagian

Articles