Persepsi Wisatawan terhadap Infrastruktur Wisata Pasca Revitalisasi Kawasan Kota Tua Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.57879Keywords:
Persepsi Wisatawan, Kepuasan, Kota Tua, Analisis Gap, InfrastrukturAbstract
Infrastruktur wisata merupakan bagian penting dari pengembangan pariwisata. Kondisi fisik infrastruktur pariwisata di kawasan Kota Tua yang tidak terawat sehingga menjadi prioritas untuk dilakukan revitalisasi tahun 2022, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap keadaan infrastruktur pariwisata yang diperoleh selama kunjungan mereka ke Kota Tua Jakarta yang sudah direvitalisasi. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 96 responden yaitu wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Kota Tua Jakarta. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif, dimana data yang dikumpulkan adalah berupa analisis kuantitatif dan kualitatif. Metode yang digunakan teknik analisis distribusi frekuensi untuk menjawab persepsi responden terhadap skala Likert, indeks kepuasan pelanggan (CSI) dan teknik gap analysis. Berdasarkan hasil penelitian persepsi wisatawan mengenai mendapat nilai kepuasan sebesar 70,73%, nilai ini berada dalam rentang 66% - 80% yang berarti wisatawan “PUAS” dengan program revitalisasi infrastruktur wisata yang sudah dijalankan. Selain itu, 17 indikator berdasarkan infrastruktur pariwisata masih negatif berdasarkan gap analysis artinya masih ada gap antara harapan dan kinerja. Saran bagi pengelola adalah perlu mengidentifikasi beberapa indikator infrastruktur wisata yang ada di Kota Tua Jakarta untuk meningkatkan kualitas berkunjung, memberikan edukasi kepada masyarakat dan wisatawan agar bersama-sama memelihara infrastruktur wisata yang disediakan, membuat kebijakan atau peraturan yang berhubungan dengan ketertiban, keindahan, keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan.
References
Anggraeni, Lulu Dian, Panji Deoranto, and Dhita Morita Ikasari. 2015. “analisis persepsi konsumen menggunakan metode importance performance analysis dan customer satisfaction index.” Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri 4(2): 74–81.
Arda, M., & Andriany, D. 2019. “Analisis faktor stimuli pemasaran dalam keputusan pembelian online produk fashion pada generasi Z.” Jurnal INTEKNA: Informasi Teknik Dan Niaga 19(2): 115–20.
Arifin, Anindya Putri Raflesia. 2017. “Pendekatan community based tourism dalam membina hubungan komunitas di Kawasan Kota Tua Jakarta.” Jurnal Visi Komunikasi 16(01): 111–30.
Arikunto, Suharsimi. 2010. “Metode peneltian.” Jakarta: Rineka Cipta.
Astami, Rr Ajeng Gita, And Ketut Dewi Martha Erli. 2015. “Penentuan prioritas pengembangan infrastruktur kawasan wisata bahari Di Desa Sumberejo, Desa Lojejer, dan Desa Puger Kulon, Kabupaten Jember berdasarkan preferensi pengunjung dan masyarakat.” Jurnal Teknik ITS 4(1): C45–50.
Brahmantyo, Himawan, Muhammad Baiquni, Chafid Fandeli, And Tri Widodo. 2017. “Persepsi masyarakat setempat dan pegawai pemerintah daerah terhadap dampak pembangunan pariwisata: Studi kasus di kawasan Kota Tua.” Jurnal Khatulistiwa Informatika 8(1): 489861.
Dalimunthe, Desy, Devi Valeriani, Fitra Hartini, And Rulyanti Wardhani. 2020. “The readiness of supporting infrastructure for tourism destination in achieving sustainable tourism development.” Society 8(1 SE-Research Articles). Https://Society.Fisip.Ubb.Ac.Id/Index.Php/Society/Article/View/149.
Jayanti, Theresia Budi. 2016. “Aksesibiltas dan karakteristik kawasan Pekojan Jakarta.” Karya Ilmiah Dosen.
Jovanovic, S, And I Ilic. 2016. “Infrastructure as important determinant of tourism development in the countries of Southeast Europe.–ECOFORUM, Vol. 5, Issue 1 (8),.–Рр. 288-294.”
Komalasari, Elsa Devi. 2019. “Analisis pengembangan sektor pariwisata dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD): Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung).”
Maesaroh, Ratu. 2019. Dampak citra destinasi, kualitas pelayanan dan harapan wisatawan wisata ziarah Banten Lama terhadap kepuasan wisatawan. Guepedia.
Pongsitanan, Bate, Harmonis Rante, And Tiurlina Siregar. 2021. “Analisis pengaruh infrastruktur pada wisata alam negeri di atas awan Kabupaten Toraja Utara.” Http://Ejournal.Uncen.Ac.Id/Index.Php/ELIPS/Article/View/1608/1231.
Purwanto, Erwan Agus, And Dyah Ratih Sulistyasturi. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif.”
Rianto, Rianto, And Prayogo Susanto. 2020. “Faktor-faktor yang mempengaruhi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Curug Cigentis Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang.” Bogor Hospitality Journal 4(1).
Riskawati, Wayan Juana, I Gede Sugiyanta, And Zulkarnain Zulkarnain. 2015. “Persepsi wisatawan terhadap objek wisata Taman Purbakala Pugung Raharjo Kabupaten Lampung Timur.” JPG (Jurnal Penelitian Geografi) 3(2).
Rosanto, Stephanie, And Sofiani Sofiani. 2022. “Strategi pemulihan pariwisata kota seribu klenteng, kota singkawang di masa pandemi covid-19” Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata 5(3): 393–99.
Rozy, Edwin Fahrur, And Arwi Yudhi Koswara. 2017. “Karakteristik infrastruktur pendukung wisata Pantai Sanggar Kabupaten Tulungagung.” Jurnal Teknik ITS 6(2). Http://Ejurnal.Its.Ac.Id/Index.Php/Teknik/Article/View/25197.
Sander, Ongky Alex, And Michael Christian. 2021. “Identifikasi faktor-faktor pembentuk intensi berkunjung kembali pada ‘10 New Bali.’” Journal Of Business & Applied Management 14(2): 163–76.
Sugiyono. 2018. “Metode penelitian kuantitatif kualitatif.” Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif.
Suryani, Ade Irma. 2017. “Strategi pengembangan pariwisata lokal.” Jurnal Spasial: Penelitian, Terapan Ilmu Geografi, Dan Pendidikan Geografi 3(1).
Susilo, Susilo, And Angelia Rantya Apriliawati Suryaningsih. 2015. “Monas sebagai simbol perjuangan bangsa Indonesia.” Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah 9(3): 55–78.
WAN, JESSI. 2015. “Analisis kelayakan infrastruktur di provinsi kalimantan timur berdasarkan penilaian praktisi dan akademisi teknik sipil.” Tugas Akhir: Universitas Atma Jaya