Kekuatan dan Kelemahan Obyek Wisata Vihara Banjar Dalam Upaya Mengembangkan Strategi Pemasaran

Penulis

  • Kadek Dana Putra Universias Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Dini Andiani Universias Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v1i2.22091

Abstrak

Abstrak

 

Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana kekuatan dan kelemahan
Obyek Wisata Vihara Banjar Dalam Upaya Meningkatkan Strategi Pemasaran. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development
atau R&D). Penelitian ini melibatkan wisatawan yang berkunjung dan juga beberapa narasumber.
Keseluruhan data yang ada diperoleh dengan melakukan metode wawancara yang mengggunakan
pedoman wawancara dan metode observasi menggunakan pedoman observasi (Checklist). Data
yang diperoleh tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil dari menganalisis data yang
diperoleh menunjukan bahwa kekuatan dari Obyek Wisata Vihara Banjar yaitu Obyek Wisata Vihara
Banjar memiliki produk yang dapat ditawarkan kepada wisatawan yang berkunjung seperti
pemandangan alam, tarian tradisional dan juga meditasi. Selain itu Obyek Wisata Vihara Banjar
menyediakan akomodasi berupa kamar dan juga makanan secara gratis, tidak menargetkan berapa
biaya yang harus dikeluarkan pengunjung untuk berkunjung obyek wisata ini dan dengan fasilitas
penunjang seperti kios cinderamata, dan restoran akan sangat bermanfaat bagi wisatawan saat
berkunjung sedangkan kelemahannya yaitu aksesibilitas menuju Obyek Wisata Vihara Banjar kurang
memadai sehingga menyebabkan transportasi yang dapat melalui jalan ini terbatas untuk itu perlu
perbaikan yang lebih maksimal. Selain itu kondisi fasilitas toilet umum di Vihara Banjar cukup
memprihatinkan dilihat dari segi kebersihan dan perawatan sehinggga perlu diberikan perawatan
yang lebih baik. Ditambah lagi dengan kurangnya promosi karena sejauh ini hanya promosi melalui
website untuk itu perlu juga dipromosikan melalui media cetak yaitu dibuatkan brosur dan juga
mengadakan kerjasama dengan pihak Travel Agent agar Obyek Wisata Vihara Banjar lebih dikenal
masyarakat luas.


Kata-kata kunci: pariwisata, kekuatan dan kelemahan Obyek Wisata Vihara Banjar, pengembangan
strategi pemasaran.

Referensi

http://madebayu.blogspot.com/2012/02/pengertian-potensi-wisata.html, (diakses tanggal 20 Agustus

http://reynanda50.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2013/08/12/marketing-mix-4p-extended-marketing-mix-

p/, (diakses tanggal 26 Agustus 2014)

http://www.manajemenperusahaan.com/bauran-pemasaran-4p/, (diakses tanggal 26 Agustus 2014)

http://sangikankecil.blogspot.com/2011/12/konsep-dasar-dan-penerapan-4a-di-dunia.html, (diakses

tanggal 26 Agustus 2014)

http://jejakwisata.com/tourism-studies/tourism-in-general/213-4a-yang-wajib-dimilki-oleh-sebuahdestinasi-

wisata.html, (diakses tanggal 27 Agustus 2014)

Dinas Pariwisata dan Budaya Buleleng. Jumlah Kunjungan Wisatawan di Obyek Wisata Buleleng

tahun 2009-2013 ( 12 November 2013 )

H. Oka A. Yoeti. 2005. Perencanaan Strategis Pemasaran Daerah Tujuan Wisata. Jakarta: Pradnya

Paramita

Philip Kotler (1985 : 45-48) dalam (http://reynanda50.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2013/08/12/marketingmix-

p-extended-marketing-mix-4p/)

Swastha (1985 : 94) dalam (http://reynanda50.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2013/08/12/marketing-mix-4pextended-

marketing-mix-4p/)

A.A. Ngrurah Dirgayusa. 2007. Analisis Potensi Air Terjun Sekumpul Di Kecamatan Sawan Menjadi

Daya Tarik Wisata Alam. Undiksha

Wayan Yoga Sastrawan. 2009. Dampak Pengembangan Potensi Agrowisata di Strawberry Stop

Candikuning Terhadap Daya Tarik Wisatawan. Undiksha

Terbitan

Bagian

Articles