Analisis Kebutuhan Bahasa Inggris Pramusaji di Hotel Berbintang 5 di Bali
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v3i1.28990Kata Kunci:
analysis of needs, language skills, language functions and expressions, waitersAbstrak
This study aimed at analyzing the English language skills functions and expressions needed as a waiter/ss. This research was a qualitative descriptive. The method used in obtaining the required information were interviews and documentation, in which subjects in this research were Asst. F&B Service Manager, Restaurant Manager, Supervisor, and Restaurant Staff in 5-Star Hotel in Bali. The results of this study indicated that (1) Speaking & listening skills are the main poins that must be mastered by a waiter/ss, and the accuracy of grammar and fluency in communication also have an equally important role, (2) The expression of the language used adjusts to predetermined language functions based on the implementation of Sequence of Service (SOS) in restaurants. From the results of this study it may be necessary to further research on analyzing the needs of English Waiters in a broader scope.Referensi
Alfiriani, Adlia., dkk.2017.Analisis Kebutuhan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Strategi PembelajaranTI. Sumatera Barat : Program Studi Pendidikan Informatika, STKIP PGRI Sumatera Barat.
AS, Fitria Earlike dan Atalina, Tutut Mega Mukti. 2016. Pentingnya peranan skill dan menu knowledge waiter/waiters terhadap kepuasan pelanggan di food and beverage service department. Malang: Program Diploma Kepariwisataan Universitas Merdeka Malang.
Damayanti, Luh Sri. 2019. Peranan Keterampilan Berbahasa Inggris Dalam Industri Pariwisata. Bali: Politeknik Internasional Bali.
Fernandez, Inyo Yos. 2008. Kategori Dan Ekspresi Linguistik Dalam Bahasa Jawa Sebagai Cermin Kearifan Lokal Penuturnya: Kajian Etnolinguistik Pada Masyarakat Petani Dan Nelayan. Yogyakarta: UGM.
Guntur dan Yulianto. 2015. Upaya profesionalisme kerja waiter untuk peningkatan pelayanan tamu di the grand palace hotelyogyakarta. Yogyakarta: AKPAR BSI Yogyakarta.
Juita, Mentari Danny. 2017. Kualitas Pelayanan Pramusaji Di Cinnamon Poolside Restaurant Hotel D`Oxville Padang. Padang: UNP
Kusumawati, Tri Indah. 2016. Komunikasi Verbal Dan Nonverbal. Jurnal Pendidikan dan Konseling.Medan: UIN Sumatra Utara.
Mahardika. 2019. Analisis Kebutuhan Fungsi Dan Expresi Bahasa Untuk Resepsionis Di Hotel Berbintang Di Bali. Bali: UNDIKSHA.
Mahfud, Tuatul, dkk., 2017. Peta Kompetensi Soft Skill Program Pemagangan (Apprenticeship Programe) di Industri Perhotelan Balikpapan. Balikpapan: Universitas Negeri Balikpapan.
Manis, Si. 2019. Standar Operasional Prosedur (SOP). Pelajaran.co.id.
Puspitasari. 2013. English For Computer Science: Sebuah Analisis Kebutuhan Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Teknik Informatika. Jurnal Pro Bisnis.Purwokerto: STIMIK AMIKOM Purwokerto.
Redjasa, IK. 2014. Peranan Tata Hidangan Dalam Menumbuhkembangkan Industri Pariwisata Di Era Globalisasi. Bali: Politeknin Negeri Bali.
Rosandya, Rindy. 2017. Indonesia Masih Kekurangan Tenaga Kerja Terampil. Harian Ekonomi Neraca.
Prastya, Ilham. 2020. Pengertian Keterampilan Menurut Para Ahli dan Keterampilan Yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja Saat Ini. Ayoksinau.com.
Sulasmini dan Astina (2018). Identifikasi Fungsi Bahasa Yang Berbasiskan Kearifan Lokal Pada Materi Pembelajaran Bahasa Inggris Perhotelan Bidang Tata Hidang. Bali: STPBI.
Suardana dan Nurhayati. 2019. Kinerja Waiter/Waitress Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi Kasus Di Hotel Sahid Raya Yogyakarta). Yogyakarta: AKPARDA
Utama, Ida Bagus Rai. 2014. Pengantar Industri Pariwisata. Yogyakarta. Deeppublish.
Wahyuningsih, Sri. 2019. Pengaruh Tenaga Tata Hidang Pariwisata Terhadap Kualitas Pelayanan Di Hotel. Mataram: STP Mataram.
Wardhana dan Sigit (2019. English Language Needs Of Restaurant Waiters & Bars At Mama’s German Restaurant: Target Situation Analysis. Bali: Dyana Pura University.