Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan serta Harga Berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan di Kedai Kebab Turkey, Telaga Mas, Karangasem

Penulis

  • Febriani Febriani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Wayan Cipta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.36896

Kata Kunci:

produk, pelayanan, harga, loyalitas pelanggan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji : (1) pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan serta harga terhadap loyalitas pelanggan di Kedai Kebab Turkey Telaga Mas, Karangaseem (2) pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan di Kedai Kebab Turkey Telaga Mas, Karangasem, (3) pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di Kedai Kebab Turkey Telaga Mas, Karangasem dan (4) pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan di Kedai Kebab Turkey Telaga Mas, Karangasem baik secara parsial maupun simultan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausal. Jumlah responden yang digunakan sebanyak 150 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Kualitas produk dan kualitas pelayanan serta harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan  . (2) Kualitas produk berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. (3) Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. (4) Harga berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan.

Referensi

Arumsari, D. (2012). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan merek aqua (Studi kasus pada konsumen Toko Bhakti Mart KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah). Skripsi. Universitas Diponegoro. Diambil dari http://eprints.undip.ac.id/35569/

Aryani, D., & Rosinta, F. (2010). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Bisnis & Birokrasi, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, 17(2), 114–126. Diambil dari http://www.ijil.ui.ac.id/index.php/jbb/article/download/632/617.

Bernard, W. T. (2009). Lifestyle marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Bulan, T. P. L. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas konsumen pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Agen Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 5(2), 592–602. Diambil dari http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jmk/article/view/73

Ferdinand, A. (2006). Metode penelitian manajemen: Pedoman penelitian untuk penulisan skripsi, tesis, dan disertasi ilmu manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2005). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS (4 ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hansen, & Mowen. (2005). Management accounting (Buku 2) (7 ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Hengestu, N., & Iskandar, D. A. (2017). Pengaruh citra merek dan harga terhadap loyalitas pelanggan air minum dalam kemasan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(3), 363–372. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i3.70

Hurriyati, R. (2005). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung: CV Alfabeta.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing management (13 ed.). Singapore: Pearsoan Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen pemasaran (12 ed.). Jakarta: Erlangga.

Normasari, S., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, citra perusahaan dan loyalitas pelanggan survei pada tamu pelanggan yang menginap di Hotel Pelangi Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2). Diambil dari http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/286

Nugroho, N. T. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan (Survey pada pelanggan Speedy Telkom di Kota Surakarta). Jurnal Paradigma Universitas Islam Batik Surakarta, 12(02), 115570. Diambil dari https://www.neliti.com/publications/115570/pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-kepuasan-dan-loyalitas-pelanggan-survey-pad#cite

Nurhayati, R. (2011). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan (Skripsi. Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta). Skripsi. Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta. Diambil dari http://repository.upnyk.ac.id/1217/2/SKRIPSI.pdf

Oliver, R. L. (1997). Satisfaction: A behavioral perspective on the consumer. New York: Irwin McGraw-Hill.

Pongoh, M. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan kartu AS Telkomsel di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4), 86–94. https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2576

Purnama, N. (2006). Manajemen kualitas (1 ed.). Yogyakarta: Ekonisia.

Rahmadi, R. (2017). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan Salbutamol Nebulus. Monex: Journal of Accounting Research-Politeknik Harapan Bersama Tegal, 6(2). https://doi.org/10.30591/monex.v6i2.601

Rambat, L., & Hamdani, A. (2006). Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Riyadi, S. (2004). Banking asset and liability management. Jakarta: Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Saladin, D. (2008). Manajemen pemasaran analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian. Bandung: Linda Karya.

Sembiring, I. J., Suharyono, & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan (Studi pada pelanggan McDonald’s MT. Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 15(1). Diambil dari http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/607

Siregar, N., & Hakim, F. (2018). Pengaruh pencitraan, kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. Jumant, 8(2), 87–96. Diambil dari http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/117

Sondakh, C. (2014). Kualitas layanan, citra merek dan pengaruhnya terhadap loyalitas nasabah (Studi pada nasabah Taplus BNI Cabang Manado). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sam Ratulangi., 3(1). Diambil dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jrbm/article/view/7525

Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwandi, Sularso, A., & Suroso, I. (2015). Pengaruh kualitas layanan ,harga dan citra merek terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Pos Ekspres di Kantor Pos Bondowoso dan Situbondo. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, 14(1). Diambil dari http://jurnal.unej.ac.id/index.php/jeam/article/view/1591

Swastha, B., & Irawan. (2002). Manajemen pemasaran modern (2 ed.). Jakarta: Liberty.

Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran (3 ed.). Yogyakarta: Andi.

Widiaswara, T., & Sutopo, S. (2017). Analisis pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Studi pada pelanggan air minum dalam kemasan Club di Semarang). Diponegoro Journal of Management, 6(4), 980–994. Diambil dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/18065

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-24

Terbitan

Bagian

Articles