A Bibliometric Analysis on Satisfaction and Loyalty in Homestay
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.57126Kata Kunci:
Analisis Bibliometric; Kepuasan; Loyalitas; Homestay; VoS ViewerAbstrak
Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan pada Homestay yang dipublikasikan pada jurnal open aceess dan dimuat dalam database yang memberikan akses gratis seperti Google Scholar perlu dilakukan evaluasi. Analisis Bibliometrik menjadi indikator pengevaluasian hasil penelitian untuk mengetahui interaksi antara ilmu pengetahuan dan teknologi, memetakan suatu bidang ilmu tertentu, serta melihat perkembangan pengetahuan baru dalam bidang tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan riset penelitian ke dalam beberapa ruang lingkup bidang pariwisata dengan membahas beberapa parameter topik mengenai satisfaction, loyalty, homestay yang terpublikasi selama 2017 – 2022 yang terindeks di Google Scholar, menganalisis topik yang berkaitan dengan Satisfaction and Loyalty in Homestay. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis tematik sebagai metode analisis data. Penelitian ini memanfaatkan aplikasi Publish or Perish (PoP) untuk mengumpulkan data penelitian dari hasil penelitian yang terindeks di Google Scholar dengan memasukkan kata kunci “Satisfaction and Loyalty in Homestay”. Penentuan sampel dilakukan dengan melakukan penyaringan pada publikasi berbentuk artikel jurnal, prosiding conference, book chapter dan buku yang terbit dari tahun 2017-2022. Data penelitian dianalisis menggunakan bantuan aplikasi VoS Viewer. Hasil pemetaan berdasarkan kata kunci menggambarkan adanya hubungan penelitan terkait topic Customer Loyalty dengan Effect, Guest Satisfaction, manajemen homestay, kemudian topic Effect erat hubunganya dengan customer loyalty, satisfaction, development, perceived value dan tourism. Selanjtunya penelitian dengan topic tourism erat hubunganya dengan Community, development, effect, attractiveness, destination loyalty, homestay facility, dan topic lainnya. Dari beberapa topic penelitian yang ada dapat dilakukan penelitian yang akan datang seperti topic manajemen risiko dikaitkan dengan kepuasan dan loyalitas wisatawan yang tinggal di homestay. Penelitian ini dilakukan hanya terbatas pada sumber data dari Google Scholar saja sehingga untuk penelitan yang akan datang dapat dikembangkan dengan sumber data yang berasal dari Scopus, Crossref, dan IEEEXplore.
Referensi
Agyeiwaah, E., Otoo, F. E., Suntikul, W., & Wei-JueHuang (2019). Understanding culinary tourist motivation, experience, satisfaction, and loyalty using a structural approach. Journal of Travel & Tourism Marketing, vol 36 no 3. https://doi.org/10.1080/10548408.2018.1541775
Al-Laymoun, M.R., Alsardia, K.M., & Albattat, A.R. (2020). Service quality and tourist satisfaction at homestays. Management Science Letters, 10, 209-216.
Basuki, S. (2002). Bibliometrika, Sainsmetrika dan Informetrika. Jurnal Dokumentasu dan Informasi, 2, 105– 122. https://doi.org/10.14203/j.baca.v34 i2.176
Carvache-Franco, M., Alvarez-Risco, A., & ... (2022). Perceived value and its influence on satisfaction and loyalty in a coastal city: a study from Lima, Peru. Journal of Policy …. https://doi.org/10.1080/19407963.2021.1883634
Chin, C. H., Law, F. Y., Lo, M. C., (2018). The impact of accessibility quality and accommodation quality on tourists' satisfaction and revisit intention to rural tourism destination in Sarawak: The moderating role of local communities’ attitude. Global Business and Management Research: An International Journal, 10 (2). http://ir.unimas.my/id/eprint/22428
Ismail, M. N. I., Hanafiah, M. H., Aminuddin, N., & Mustafa, N. (2016). Community-based Homestay Service Quality, Visitor Satisfaction, and Behavioral Intention. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 222, 398–405. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.192
Khaeril, K., Muis, M., Jusni, & Madris. (2020). Daya Saing Tujuan Wisata: Kajian Pustaka Sistematis. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 1(2), 82–91. https://doi.org/10.36256/ijtl.v1i2.105
Khoirunissa, N. R., & Winoto, Y. (2022). Pemetaan penelitian pemasaran perpustakaan di google scholar menggunakan vosviewer. Pustaka Karya: Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 10(1), 15-25.
Kim, J. H. (2018). The impact of memorable tourism experiences on loyalty behaviors: The mediating effects of destination image and satisfaction. Journal of Travel Research. https://doi.org/10.1177/0047287517721369
Kim, K. H., & Park, D. B. (2017). Relationships among perceived value, satisfaction, and loyalty: Community-based ecotourism in Korea. Journal of Travel & Tourism Marketing. https://doi.org/10.1080/10548408.2016.1156609
Kontogeorgopoulos, N., Churyen, A., & Duangsaeng, V. 2015. Homestay tourism and the commercialization of the rural home in Thailand. Asia Pacific Journal of Tourism Research
Leydesdorff, L., & Rafols, I. 2012. Interactive Overlays: A New Method for Generating Global tbh Maps from Web-of-Science Data. Journal of Informetrics, 6, 318– 332
Le, H.B., & Le, T.B. (2020). Impact of Destination Image and Satisfaction on Tourist Loyalty: Mountain Destinations in Thanh Hoa Province, Vietnam. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7, 185-195.
Mangindaan, D. (2021). Pemetaan dan Analisis Bibliometrik dalam Pengembangan Potensi Perikanan, Pesisir dan Pariwisata di Indonesia. Logista: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2).
Maryono, & Surajiman. (2017). Kolaborasi Internal , Domestik Dan Internasional. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasii, 13(2), 166–177. https://journal.ugm.ac.id/bip/article/vie wFile/27492/18870
Mura, P. 2015. Perceptions of authenticity in a Malaysian homestay – A narrative analysis. Tourism Management
Nasir, M.N., Mohamad, M., Ghani, N.I., & Afthanorhan, A. (2020). Testing mediation roles of place attachment and tourist satisfaction on destination attractiveness and destination loyalty relationship using phantom approach. Management Science Letters, 10, 443-454.
N. J. V. Eck, Methodological Advances in Bibliometric Mapping of Science, Utrecht: Erasmus University Rotterdam, 2011.
Noor, S., Guo, Y., Shah, S. H. H., Saqib Nawaz, M., & Butt, A. S. (2020). Bibliometric analysis of social media as a platform for knowledge management. International Journal of Knowledge Management, 16(3), 33– 51. https://doi.org/10.4018/IJKM.2020070 103
Novianti, E., Larasati, A. R., Asy’ari, R., Pribadi, T. I., Sariadi, S., Hadian, M. S. D., & Wulung, S. R. P. (2020). Pariwisata Berbasis Alam: Memahami Perilaku Wisatawan. Jurnal Kepariwisataan Indonesia : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia, 14(1), 46– 52. https://doi.org/10.47608/jki.v14i12020 .46-52
Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Nomor 9 Tahun 2014.
Permatasari, Y. Y., Murwani, F. D., & ... (2017). Examining the Structural Relationships of Service Quality, Destination Image, Tourist Satisfaction, and Loyalty: An Integrated Approach. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, vol. 7(6), pages 367-378, June.
Rizal, H., Yussof, S., Amin, H., & ... (2018). EWOM towards homestays lodging: extending the information system success model. Journal of Hospitality and Tourism Technology, 9 (1). ISSN 1757-9880 https://doi.org/10.1108/JHTT-12-2016-0084
Teong-Jin, S. T., Ling, T. C., & Fern, Y. S. (2016). What are the attractive aspects that influence customer loyalty to homestays? A study in Taiwan. Jurnal Pengurusan, 48(2016), 201–218. https://doi.org/10.17576/pengurusan-2016-48-16
T. P. KPPRI, “Panduan Pembuatan Profil Google Scholar,” Universitas Indonesia, 2017
Tupan. (2016). Peta Perkembangan Penelitian Pemanfaatan Repositori Institusi Menuju Open Access: Studi Bibliometrik dengan VOSViewer. Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 4(2), 104–117. https://doi.org/10.24252/kah.v4i2a1
Van Eck, N. J., & Waltman, L. (2010). Software survey: VOSviewer, a computer program for bibliometric mapping. Scientometrics, 84(2), 523–538. http://doi.org/10.1007/s11192-009-0146-3
Voon, B. H., Jee, T. W., Joseph, C., Hamzah, M. I., Jussem, P. M., & Teo, A. K. (2022). Homestay Service Experience for Tourist Satisfaction and Sustainability Amidst Covid-19 Challenges. International Journal of Business and Society, 23(2), 1127–1146. https://doi.org/10.33736/IJBS.4861.2022
Wang, Y. 2007. Customized Authenticity Begins at Home. Annals of Tourism Research.
Zhang, X., & Tang, J. (2021). A study of emotional solidarity in the homestay industry between hosts and tourists in the post-pandemic era. Sustainability. https://www.mdpi.com/2071-1050/13/13/7458
Zhao, Y., Chau, K. Y., Shen, H., Duan, X., & Huang, S.-Z. (2020). The influence of tourists’ perceived value and demographic characteristics on the homestay industry: A study based on social stratification theory. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2020.10.012