PENGARUH PROMOSI MELALUI IKLAN DAN DISKON TERHADAP MINAT STAYCATION DENGAN DIMODERASI OLEH PERSEPSI RISIKO FINANSIAL DI MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Sofiani Universitas Bunda Mulia
  • Dessy Natalia Universitas Bunda Mulia
  • Sally Suwandi Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.58050

Kata Kunci:

Persepsi , Risiko Finansial , Minat Staycation

Abstrak

The global spread of the Co

Penyebaran secara global dari Coronavirus atau yang dikenal juga dengan nama SARS-CoV-2 membuat World Health Organization (WHO) menetapkan status pandemi untuk Covid-19. Situasi pandemi Covid-19 telah mendorong banyak negara di dunia melakukan berbagai langkah untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Ini termasuk memberlakukan jam malam, menutup perbatasan, dan membatasi pergerakan penduduk. Hal-hal tersebut mengakibatkan permasalahan yang mengarah ke resesi ekonomi (Oktavia & Sobari, 2021). Industri perhotelan beralih ke program Staycation Offers sebagai solusi untuk meningkatkan okupansi. Banyak hotel menawarkan penawaran khusus pada paket staycation untuk menarik  tamu lokal ke hotel. Kegiatan promosi seperti memasang iklan dan menawarkan potongan harga kamar adalah bagaimana industri perhotelan tetap beroperasi selama pandemi Covid-19, dengan meningkatnya risiko finansial, terutama akibat dampak ekonomi dari pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh promosi melalui iklan dan diskon terhadap minat staycation dengan dimoderasi oleh persepsi risiko finansial di masa Pandemi Covid-19. Tahapan metode pada penelitian ini yaitu dengan merancang konsep penelitian terlebih dulu, kemudian menentukan konsep penelitian, melaksanakan proses penelitian sesuai proposal peneliti, setelah data diperoleh lalu dilakukan pengecekan validitas dan reliabilitas data, selanjutnya mengolah data tersebut, dari hasilnya dilakukan analisa hasil penelitian, dan terakhir menyiapkan artikel publikasi penelitian. Hasil penenlitian menunjukan Promosi melalui Iklan memiliki pengaruh terhadap Minat Staycation tamu pada masa Pandemi Covid. Promosi melalui Iklan tidak berpengaruh terhadap Minat Staycation tamu pada masa Pandemi Covid-19 dengan dimoderasi oleh Persepsi Risiko Finansial. Dan Diskon Harga tidak berpengaruh terhadap Minat Staycation tamu pada masa Pandemi Covid-19 dengan dimoderasi oleh Persepsi Risiko Finansial.

Biografi Penulis

Sofiani, Universitas Bunda Mulia

 

 

Dessy Natalia, Universitas Bunda Mulia

 

 

Sally Suwandi, Universitas Bunda Mulia

 

 

Referensi

Abdillah, W. dan J. (2015). Structural, partial least square (PLS) alternatif bisnis, equation modeling (SEM) dalam penelitian (1st ed.). Yogyakarta: Andi Ofset.

Adisaputro, G. (2010). Manajemen pemasaran analisis untuk perencanaan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Cucinotta, D., & Vanelli, M. (2020). WHO declares covid-19 a pandemic. Acta Biomedica, 91(1), 157–160. https://doi.org/10.23750/abm.v91i1.9397

Cynthia Frida & Sofiani. (2021). Shirokuma cafe promotion strategy during pandemic. IJOSMAS, 7(2), 103-109. http://dx.doi.org/10.30813/jhp.v7i2.3024

Ardiansyah, Imam, and Stephanie Fortuna. 2020. Analysis of Visitor Attraction with the 4a Approach (Attractions, Accessibility, Amenities, Ancillary Service) in Snowbay Waterpark, TMII Jakarta. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 8, no. 2, 10 Nov. 2020, pp. 57-69

Kotler, P, & Armstrong, G. (2012). Manajemen pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga

Küpeli, T. Ş., & Özer, L. (2020). Assessing perceived risk and perceived value in the hotel industry: An integrated approach. Anatolia, 31(1), 111–130. https://doi.org/10.1080/13032917.2020.1711785

Oktavia, R., & Sobari, N. (2021). The influence of customer engagement in customers’ behavioral intention on staycation: The experiential marketing perspectives moderated by health risk and financial risk. Proceedings of the International Conference on Business and Engineering Management (ICONBEM 2021), 177, 244–251. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210522.03

Sundalangi, et al (2014). Kualitas produk, daya tarik iklan, dan potongan harga terhadap minat beli konsumen pada Pizza Hut Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 313–324. https://doi.org/10.35794/emba.v2i1.3829

Rachmadhania, Nabila, et al. Pengaruh Efektivitas Iklan Online Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung Wisatawan Mancanegara Ke DKI Jakarta. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, vol. 46, no. 1, 26 May. 2017, pp. 210-217.

Winata, A., & Nurcahya, I. (2017). Pengaruh iklan pada media televisi terhadap minat beli (Studi pada calon konsumen Bukalapak.Com di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana.

Yu, J., Lee, K., & Hyun, S. S. (2021). Understanding the influence of the perceived risk of the coronavirus disease (covid-19) on the post-traumatic stress disorder and revisit intention of hotel guests. Journal of Hospitality and Tourism Management, 46(January), 327–335. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2021.01.010

Yudhiet F. Dewantara. (2021). Pengaruh marketing mix terhadap pembelian konsumen di Restoran Saladbar Gading Serpong, 14 (1), 25-32.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-24

Terbitan

Bagian

Articles