Analisis Menu Engineering dengan Pendekatan Matriks untuk Menentukan Strategi Bauran Pemasaran Bisnis Kuliner

Penulis

  • Eva Yovita Safitri Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Aprilia Divi Yustita Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Jemi Cahya Adi Wijaya Politeknik Negeri Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.59634

Kata Kunci:

menu engineering, bauran pemasaran

Abstrak

Bisnis kuliner adalah salah satu industri yang berkaitan dengan pariwisata karena merupakan fasilitas penunjang utama wisatawan selain akomodasi. Jumlah bisnis kuliner seperti rumah makan/ restoran, di Kabupaten Banyuwangi cukup banyak. Salah satunya berada di Genteng yaitu Outlet XYZ. Permasalahan yang terjadi di Outlet XYZ adalah kesulitan dalam mengontrol keuangan dan pemasaran menu yang dimiliki. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimanakah keadaan menu yang dimiliki Outlet XYZ, dalam tingkat popularitas yang tinggi dan keuntungan yang tinggi pula atau sebaliknya. Metode yang digunakan adalah menu engineering. Hasil analisis menunjukkan bahwa diantara 12 jenis makanan yang diteliti, 25% dalam kategori star, 25% yang lain dalam kategori plowhorse, 8,3% dalam kategori puzzle, dan 41,6% dalam kategori dog. Rekomendasi yang diberikan berkaitan dengan strategi bauran pemasaran yaitu pada menu kategori star patut dipertahankan, plowhorse harga jual ditinjau kembali, puzzle makanan dipertahankan dan perlu disusun kembali, dan dog menu makanan diganti.

Biografi Penulis

Eva Yovita Safitri, Politeknik Negeri Banyuwangi

 

 

 

Jemi Cahya Adi Wijaya, Politeknik Negeri Banyuwangi

 

 

Referensi

Hartomo, D. D., dan Cahyadin, M. 2013. Pemeringkatan faktor keberlangsungan usaha industri kreatif di kota Surakarta. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, Vol. 4 (2). Hal: 225-236.

Kotler, P., & Armstrong, G. 2012. Principles of marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Keller. 2007. Manajemen pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas. Jakarta: PT. Indeks.

Mertayasa dan Komalawati. 2019. Analisis menu dalam meningkatkan penjualan makanan pada Coffee Shop Restoran Puri Saron Denpasar-Bali. Jurnal Ekonomi Pariwisata. Vol. 14 (2). Hal: 155-167.

Nurdin, I., & Hartati, S. 2019. Metodelogi penelitian sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.

Sudiara, B. P. 2000. Menu costing and analisis. Bandung: Management Pariwisata Indonesia.

Suryawati, D., & Osin, R. 2019. Analisis menu untuk menentuan strategi bauran pemasaran pada Bunut Cafe di Hotel White Rose Legian. Jurnal Manajemen, Vol. 3. No. 1. Hal: 29-35.

Tjiptono, F. 2019. Strategi pemasaran prinsip & penerapan. Yogyakarta: Andi.

Wiyasha, I. 2007. Akuntansi manajemen untuk hotel dan restoran. Yogyakarta: Andi.

Wiysha, I. 2010. Akuntansi perhotelan. Yogyakarta: Andi Offset.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-24

Terbitan

Bagian

Articles