Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Tiket Terhadap Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Air Terjun Sekumpul

Penulis

  • Ni Luh Responi Artini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Yulianthini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i3.63449

Kata Kunci:

Harga Tiket, Kepuasan Pengunjung, Kualitas Pelayanan

Abstrak

Riset ini bertujuan untuk melaksanakan hasil uji mengenai implikasi (1) kualitas pelayanan dan harga tiket kepada kepuasan pengunjung (2) kualitas pelayanan kepada kepuasan pengunjung (3) harga tiket terhadap kepuasan pengunjung. Subjek dari riset ini yakni pengunjung objek wisata air terjun Sekumpul, sedangkan objek pada riset ini yakni kualitas pelayanan, harga tiket dan kepuasan pengunjung. Rancangan riset yang dipakai yakni riset kuantitatif kausal. Teknik untuk mengumpulkan data pada riset yakni melalui kuesioner, yang selanjutnya data dianalisis melalui analisis regresi linier berganda. Output riset menampilkan bahwa (1) kualitas pelayanan dan harga tiket berimplikasi positif dan signifikan kepada kepuasan pengunjung (2) kualitas pelayanan berimplikasi positif dan signifikan kepada kepuasan pengunjung (3) harga tiket berimplikasi positif dan signifikan kepada kepuasan pengunjung objek wisata air terjun Sekumpul

Referensi

Ahror, U. Al, & Soekotjo, H. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan Cafe Milkmoo. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(3).

Anggriana, R., Qomariah, N., & Santoso, B. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online “OM-JEK”Jember. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 7(2), 137–156.

Budiyanto, A. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan dan Brand Image terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen di PT. Yerry Primatama Hosindo. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(3).

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: Deepublish. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=txyPDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=Pemasaran+Jasa+(Strategi,+mengukur+kepuasan+dan+loyalitas+pelanggan&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwiS9u3ZrvHoAhVh63MBHcuQC28Q6AEIKDAA#v=onepage&q=Pemasaran Jasa (Strategi%2C mengukur kepuasan

Ghozali, I. (2009). Aplikasi SPSS Cetakan IV. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44.

Gulla, R., Oroh, S. G., & Roring, F. (2015). Analysis of Price, Promotion, and Service Quality To Consumer Satisfaction on Manado Grace Inn Hotel. Jurnal EMBA, 3(1), 1313–1322.

Handoko, B. (2016). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17(1), 61–72.

Juniantara, I. M. A., & Sukawati, T. G. R. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Dampaknya terhadap Loyalitas Konsumen. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(11), 5955–5982.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Marketing: An Introduction (2012, Paperback, Revised). Jakarta: Erlangga.

Kurniawati, T., Irawan, B., & Prasodjo, A. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Pizza Hut Cabang Jember. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 6(2), 147–151.

Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasaan pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi Volume, 7(2), 113–125.

Montung, P., Sepang, J., & Adare, D. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Kawan Baru. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5), 678–689.

Ngadino, S., Suharno, P., & Farida, L. (2017). The Effect of Products, Price And Service Quality on Customer Satisfaction in “Rice For The Poors” Program. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 72(12).

Oktarini, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Aplikasi Gojek di Kota Tanggerang. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 6(2), 52–58.

Punamasari, Y. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pproduk M2 Fashion Online Di Singaraja Tahun 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJP), 5(1), 1–12.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono, & Susanto, A. (2017). Cara Mudah Belajar SPSS dan LISREL Teori dan Aplikasi untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfation. Yogyakarta: Andi Ofset.

Yulianto, A. R. (2018). Tinjauan Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi, 20(2), 241–258.

Diterbitkan

2023-03-24

Terbitan

Bagian

Articles