Pengaruh Customer Experience dan Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Beli Ulang Studi pada Samma Coffee and Eatery

Penulis

  • I Dewa Putu Priambada Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Endrawan Sumadi Putra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i3.75595

Kata Kunci:

customer experience, kualitas pelayanan, niat beli ulang

Abstrak

Penelitian ini menguji pengaruh customer experience dan kualitas layanan, baik secara bersamaan ataupun parsial, terhadap niat beli ulang, studi pada Samma Coffee and Eatery. Metode yaang diterapkan dalam kajian ini adalah kuantitatif kausal. Peneliti melakukan penarikan sampel metode non probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang menghasilkan jumlah responden sebanyak 150 orang. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan sebuah data adalah kuesioner, dan analisis dilakukan dengan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini diantaranya (1) customer experience dan kualitas pelayanan berpengaruh secara bersamaan terhadap niat beli ulang, (2) kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat beli ulang, dan (3) customer experience memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang.

Referensi

Ayaumi, R. S., & Komariah, N. S. (2021). Pengaruh Customer Experience Dan Trust Terhadap Minat Beli Ulang Layanan Pesan Antar Gofood Saat Pandemi Covid-19 Pada Generasi Z. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(2), 182–192.

Ayu, M., Mustika, C., Suwarni, E., & Anggarini, D. R. (2023). Pengaruh Customer Experience Dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Ulang Produk Mixue Ice Cream And Tea Di Kota Bandar Lampung. Smart: Strategy Of Management & Accounting Through Research & Technology, 2(2), 35–46.

Fariz, 2021. Pengaruh Sikap, Variasi Produk, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Indomaret Point Pelabuhan Tanjung Priok). Diss. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Feriska, 2023. Pengaruh Customer Experience dan Variasi Menu Breakfast Terhadap Repurchase Intention Truntum Hotel Padang. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, Volume 6 Nomor 2. (hlm.83-691).

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro

Hartadi, Reza Tri. “Pengaruh Peran Lokasi Usaha, Kualitas Layanan, dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Niat Membeli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi” (Studi pada Pelanggan Takoyaki Secret di Purwokerto). Diss. Universitas Jenderal Soedirman, 2023.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manoppajemen Pemasaran. Jakarta: PT Macana Jaya Cemerlang.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc

Lewis, R. C., & Booms, B. H. (2012). The Marketing Aspects of Service Quality. Chicago

Mahmudan, A. 2022. Berapa Konsumsi Kopi Indonesia Pada 2020/2021. Didapat dari https://dataindonesia.id/agribisnis-kehutanan/detail/berapa-konsumsi-kopi-indonesia-pada-20202021

Monita, dkk. 2021. Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Persepsi Harga Terhadap Niat Beli Ulang. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, Volume 11. Nomor 2: (hlm.230-243).

Mulyani, F., & Wulansari, N. (2023). Pengaruh Customer Experience Dan Variasi Menu Breakfast Terhadap Repurchase Intention Tamu Di Truntum Hotel Padang. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(2), 683–691.

Munwaroh, U. L., & Riptiono, S. (2021). Analisis Pengaruh Cafe Atsmosphere, Kualitas Pelayanan Dan Customer Experience Terhadap Repurchase Intention Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Customer Malindo Corner). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 3(5), 1030–1046. Http://Journal.Stieputrabangsa.Ac.Id/Index.Php/Jimmba/Index

Nugrahaeni, M., Guspul, A., & Hermawan, H. (2021). Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 11(2), 230–243. Https://Doi.Org/10.12928/Fokus.V11i2.4651

Pramono dkk. 2012. Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Jakarta: Intidayu Press. Quality”. Journal of Retailing. Vol 64 Nomor 1.

Ratnasari, 2021. Pengaruh Customer experience, Promosi Penjualan, Dan Kualitas Layanan Terhadap Niat Beli Ulang Pelanggan Pada Milkbar Cafe Gombong Kebumen. Jurusan Manajemen STIE Putra Bangsa Kebumen: (hlm.1-9).

Ratnasari, I. (2018). Pengaruh Customer Experience, Promosi Penjualan, dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Milkbar Cafe Gombong Kebumen. Management Of Journal, 1–12.

Rendhy, dkk. 2021. Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap Niat beli ulang pelanggan (Studi pada Portobello Café Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Volume 8 Nomor 3: (hlm.231-240).

Reza Sri, dkk. 2021. Pengaruh Customer experience Dan Trust Terhadap Niat Beli Ulang Layanan Pesan Antar Gofood Saat Pandemi Covid-19 Pada Generasi Z. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara. Volume 3, Nomor 2: (hlm.181-192).

Ridhwan Mustajab, 2023. Kinerja Industri Makanan dan Minuman Naik 4,90% pada 2022. Didapat pada https://dataindonesia.id/industri-perdagangan/detail/kinerja-industri-makanan-dan-minuman-naik-490-pada-2022.

Schmitt, B. H., 2013. Experiential marketing: How to get customers to sense, feel, think, act, and relate to your brand. New York: The Free Press.

Sinambela, R. Y. P. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Pada Portobello Café Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(3), 231–240.

Sudrajad. 2014. Analisis Pengaruh Citra Merek, harga dan Kualitas ProdukTerhadap Niat Beli Ulang. Tesis (tidak diterbitkan). Semarang: Universitas Diponegoro.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta

Thamrin, A., & Tantri, F., 2012. Manajemen Pemasaran. PT. Rajagrafindo Persada.

Umul, dkk. 2021. Analisis Pengaruh Cafe Atsmosphere, Kualitas Pelayanan dan Customer experience Terhadap Repurchase Intention Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA). Volume 3. Nomor 5: (hlm.1030-1046).

Viani Subastian., 2023. Pengaruh Customer experience Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Moderasi Dalam Perspektif Islam.

Viani, S. D. (2023). Pengaruh Customer Experience Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Moderasi Dalam Perspektif Islam (Studi Pada Dikromoshop Sukarame Bandar Lampung). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Wahyu, Arumdani Nur, et al. "Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Repurchase Intention Pelanggan pada Kedai Kopi Lokal." Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan-JBMK 1.1 (2020): 110-125.

Walden, S., 2017. Customer experience: The difference that makes the difference. John Wiley & Sons

Wibisono, A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Pengalaman Pelanggan Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Ulang Kopi Janji Jiwa (Studi Pada Konsumen Kopi Janji Jiwa Di Purwokerto). Universitas Jenderal Soedirman.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-30

Terbitan

Bagian

Articles