Optimalisasi Promosi dan Manajerial di Kampung Wisata Pelangi Kota Semarang
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.78580Kata Kunci:
Optimalisasi Promosi, Manajemen Pariwisata, Kampung PelangiAbstrak
Kota Semarang yang memiliki banyak potensi pariwisata Namun dengan bertujuan untuk mengoptimalkan promosi dan manajemen di Kampung Wisata Pelangi Semarang, perlu adanya dukungan dari beberapa pihak guna memaksimalkan potensi wisata yang berkelanjutan. Terletak di Kota Lama, kampung ini telah menjadi destinasi menarik berkat inisiatif pemerintah dan partisipasi masyarakat lokal. Namun, masih terdapat tantangan dalam hal infrastruktur, pengelolaan limbah, dan kualitas layanan wisata. Melalui metode kualitatif dan studi pustaka, penelitian ini mengidentifikasi strategi promosi menggunakan media sosial dan pengembangan situs web resmi yang terintegrasi untuk meningkatkan visibilitas dan jumlah kunjungan wisatawan. Selain itu, pendekatan manajemen yang efektif diperlukan untuk mengatasi tantangan infrastruktur dan pengelolaan limbah, serta meningkatkan kualitas layanan. Diharapkan, hasil penelitian ini dapat memberikan panduan praktis bagi pengelola dan pemangku kepentingan dalam mengoptimalkan potensi Kampung Wisata Pelangi sebagai destinasi wisata yang unggul dan berkelanjutan.
Referensi
Adliya, N., dan Setiawan, Y. (2022). Analisis Penerapan Program 5M Pada Pelaksanaan PTM Terbatas di Masa Pandemi Covid-19 SDN 2 Nglangitan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8(13), 347-361.
Agustina, D., & Rahmawati, M. I. (2023). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 12(2461–0585), 1–15.
Amtu, Onisimus. (2011). Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah. Bandung :Alfabeta
Ardiansyah, I. (2019). Pengaruh Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta Dengan Metode Structural Equation Modeling. Media Bina Ilmiah, 14(3), 2235. https://doi.org/10.33758/mbi.v14i3.328
Dewi, I. E. B., & Purnomo, H. (2023). Pengaruh Fasilitas Wisata, Promosi, dan Harga Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan(Studi Destinasi Wisata Taman Ghanjaran Trawas). Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 2(4). https://doi.org/10.21107/jkim.v2i4.18416ModelRR SquareAdj.Std. Error 1.631a.310.3044.523
Dinas Pariwisata. 2019. Pariwisata Provinsi Jawa Tengah. Jawa Tengah: Open Data Pariwisata Jawa Tengah.
Gitosudarmo, I. (2012). Manajemen Pemasaran (Kedua). BPFE-YOGYAKARTA.
Huda, N. N., Suryoko, S., & Waloejo, H. D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Wisata terhadap Keputusan Berkunjung Kembali dengan Kepuasan Pengunjung sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Hortimart Agro Center Bawen). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis,11(2), 198–206. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.34405
Husaini, Usman. 2008. Manajemen, Teori, Praktek dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Kamus Besar Bahasa Indonesia Online (Depdikbud : 1995 : 628). Pengertian Optimalisasi.
Kotler, Philip & Keller, K. L. (2020). Manajemen Pemasaran (Y. S. Maulana, Adi & Hayati (ed.); 13 Jilid 2). Penerbit Erlangga PT. Gelora Aksara Pratama.
Marta, R. (2020). Peran Media Sosial Dalam Mempromosikan Pariwisata Sumatera Barat. Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 3(2), 102. https://doi.org/10.25077/rk.3.2.102-112.2019
Oktaviani, W. F., & Fatchiya, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi Wisata Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), 13–27. https://doi.org/10.46937/17201926586
Pratomo, A. (2020). Dinamika Atmosfer Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. In Modul Pembelajaran SMA Geografi.
Terry, G. R., 2016, Dasar-Dasar Manajemen. Cetakan kesebelas. Bumi Aksara,. Jakarta.
Tingginehe, A.M., Judy O. W. & Cynthia E.V. W., 2019, Perencanaan Pariwisata Hijau Di Distrik Roon Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, Jurnal Spasial, Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, Vol 6. No. 2, 2019, p. 511-520
Wenas, P. L. dan Seska M. H. M., 2021,Analisis Pengembangan Pariwisata Kota Manado Melalui Slogan “Manado Kota Cerdas”, Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata Edisi 4 Volume 1 (2021), 144-161
WTTC. (2019). Benchmarking Research Trends 2019. Retrieved from https://www.wttc.org/economic-impact/benchmark-reports/