Media Pembelajaran Literasi Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i4.57857Keywords:
Media Pembelajaran, HOTS, Literasi, Kearifan LokalAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik di tingkat sekolah dasar, serta kurangnya pengintegrasian nilai-nilai kearifan lokal Bali dalam media pembelajaran, serta kegiatan literasi yang belum terlaksana dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis kearifan lokal guna meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan tahapan ADDIE. Subjek penelitian adalah media pembelajaran berupa video animasi PowToon, sedangkan objek penelitian meliputi validitas isi, kepraktisan, dan efektivitas. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi dokumen, tes, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan berupa rating scale, dengan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis kearifan lokal berhasil dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik kelas IV SD; tingkat validitas media mencapai 94,44%, validitas isi 92,94%, dan validitas desain 92%, yang menunjukkan kategori sangat baik; respons praktisi (guru) mencapai 93,84%, dan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,00, yang lebih kecil dari 0,05, menunjukkan perbedaan signifikan dalam hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan HOTS peserta didik dan dapat dijadikan solusi efektif dalam mendukung proses pembelajaran di sekolah dasar.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Luh Sri Diana Wati, I Wayan Widiana, I Komang Sudarma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)