Strategi Pembelajaran Metakognitif Berbantuan Video Animasi Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematika Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Made Indhi Yani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Jampel Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.74788

Keywords:

Strategi Pembelajaran Metakognitif, Video Animasi, Berpikir Reflektif Matematika

Abstract

Penggunaan strategi dan media pembelajaran yang kurang tepat memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir reflektif matematika siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penggunaan strategi pembelajaran metakognitif berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir reflektif matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif (Quasi Experiment Desain) dengan rancangan penelitian Equivalent Post-test Only Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 10 kelas yang terdiri dari 286 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling diambil 2 kelas sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode pengumpulan data kemampuan berpikir reflektif matematika siswa adalah tes uraian. Data dianalisis menggunakan Uji-T. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil thitung = 7,186 dan harga ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 60 adalah 1,671. Hasil ini menunjukan bahwa thitung lebih besar dibandingkan ttabel (8,823 > 1,671) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.  Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran metakognitif berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir reflektif matematika siswa kelas V. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa dalam menemukan solusi penyelesain dari sebuah permasalahan dan meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.

Published

2024-11-23

How to Cite

Yani, N. M. I., Jampel, I. N. ., & Widiana, I. W. . (2024). Strategi Pembelajaran Metakognitif Berbantuan Video Animasi Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(3). https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.74788