Strategi Pembelajaran Metakognitif Berbantuan Video Animasi Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematika Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Made Indhi Yani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Jampel Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.74788

Keywords:

Strategi Pembelajaran Metakognitif, Video Animasi, Berpikir Reflektif Matematika

Abstract

Penggunaan strategi dan media pembelajaran yang kurang tepat memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir reflektif matematika siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penggunaan strategi pembelajaran metakognitif berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir reflektif matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif (Quasi Experiment Desain) dengan rancangan penelitian Equivalent Post-test Only Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 10 kelas yang terdiri dari 286 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling diambil 2 kelas sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode pengumpulan data kemampuan berpikir reflektif matematika siswa adalah tes uraian. Data dianalisis menggunakan Uji-T. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil thitung = 7,186 dan harga ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 60 adalah 1,671. Hasil ini menunjukan bahwa thitung lebih besar dibandingkan ttabel (8,823 > 1,671) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.  Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran metakognitif berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir reflektif matematika siswa kelas V. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa dalam menemukan solusi penyelesain dari sebuah permasalahan dan meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.

References

& Zaki, M, A. R. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Mahasiswa Melalui Bahan Ajar Berbasis Proyek Pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Dimensi Matematika, 3(01), 172–181. https://doi.org/10.33059/jdm.v3i01.2454.

Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010.

Asmawati, A., Risnawati, R., & Muhandaz, R. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMP/MTs. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 273. https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7813.

Badri, Y., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Dengan Scaffolding Metakognitif Untuk Kemampuan Dan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4863.

Flavell, J. H. (1979). Metacognition and cognitive monitoring: A new area of cognitive-developmental inquiry. American Psychologist, 34(10), 906–911. https://doi.org/10.1037//0003-066x.34.10.906.

Handayani, D., & Septhiani, S. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Aspek Kesadaran Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1352–1358. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/585.

Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1237.

Hepsi, H. (2012). Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen Untuk Meningkatkan Berpikir Reflektif Matematis dan Kemandirian Belajar Berbasis Pendekatan Metakognitif. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 2 No. 1, 1–19. https://doi.org/10.23969/pjme.v2i1.2464.

Jaenudin, J., Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 69. https://doi.org/10.31000/prima.v1i1.256.

Junaedi, Y., Maryam, S., & Lutfi, M. K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Pada Pembelajaran Daring. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 49. https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i1.30228.

Kamelia, S., & Pujiastuti, H. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif-Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Regulated Learning Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), 385. https://doi.org/10.24014/juring.v3i4.9454.

Khoiriah, T. (2015). Strategi Pembelajaran Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Pencernaan Pada Manusia. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 177. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.581.

Lailah, W. N., Abidin, Z., & Khairunnisa, G. F. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Teori Bruner Pada Materi Teorema Pythagoras Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 1 Sukorejo. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 17(7), 1–11..

Los, U. M. D. E. C. D. E. (2018). Implementasi Berpikir Reflektif dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Penabur, 47–58. https://bpkpenabur.or.id/media/fwinenjy/jurnal-31.pdf#page=55.

Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750.

Maladerita, W., Septiana, V. W., Gistituati, N., Bentri, A., Doktor, P., Pendidikan, I., & Negeri, U. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Peran Guru dalam Menerapkan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. 3(6), 4771–4776.

Martias, L. D. (2021). Statistika Deskriptif Sebagai Kumpulan Informasi. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 40. https://doi.org/10.14421/fhrs.2021.161.40-59.

Melly Suciyati, R., & Vitoria, L. (2017). Pelaksanaan Penilaian Hasil belajar Siswa Pada Sub Tema Hidup Rukun Dengan Teman Bermain di Kelas II SDN 14 Banda Aceh. In Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah (Vol. 2, Issue 1). https://jim.usk.ac.id/pgsd/article/view/2532.

Muhali, M., Asy’ari, M., & Sukaisih, R. (2020). Upaya membelajarkan peserta didik menjadi pebelajar reflektif. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 58–70. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/3291/2252.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127.

Nainggolan, E. (2023). Pengaruh Metode TPS terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 4093–4096. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7853.

Nancy Angelia Purba, C. L. S. A. A. S. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Metakognitif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Subtema Pekerjaan Orangtuaku di SD Negeri 122350 Pematang Siantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1349–1358. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8834

Nisa, K., Akib, I., & Nasrun. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar pada Siswa SMA. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(2), 212–224. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/15850.

Nisak, Q. (2013). the Relevancy of English in Context for Sma/Ma Student Year One Textbook To the Curriculum Used. Englisia Journal, 1(1), 49–79. https://doi.org/10.22373/ej.v1i1.139.

Nurfitriyanti, M., & Vitalaya, M. (2019). Strategi Pembelajaran Metakognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Diskusi Panel NasionalPendidikan Matematika, 0812(80), 377–384. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/604/187

Pamungkas, A. S., Mentari, N., & Nindiasari, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Berdasarkan Gaya Belajar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 69. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.209.

Parwata, I. G. A. L., Jayanta, I. N. L., & Widiana, I. W. (2023). Improving Metacognitive Ability and Learning Outcomes with Problem-Based Revised Bloom’s Taxonomy Oriented Learning Activities. Emerging Science Journal, 7(2), 569–577. https://doi.org/10.28991/ESJ-2023-07-02-019.

Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898

Prayudi, L. M. E., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA Di SMAN 1 Gerung Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 55–60. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.324.

Putri, windha A., Prasetyo, A. P. B., & Supriyanto. (2012). Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif Dlam Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar. Journal Og Biology Education, 1(3), 266–271. https://doi.org/10.15294/jbe.v1i3.1538.

Putri, F., Muin, A., & Khairunnisa, K. (2020). Pengaruh Pendekatan Metakognitif Dan Kemampuan Awal Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 1(2), 134–145. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i2.14074.

Ramadhani, N. F., & Aini, I. N. (2019). Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 754–761. https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2835.

Ridho, S., Ruwiyatun, R., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 10–15. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.194.

Rositawati, D. N. (2019). Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 3, 74. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28514.

Rotul Aini, Q. (2019). Profil Metakognisi Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, III. https://doi.org/10.23969/jp.v3i2.1129.

Roza, M. (2017). Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Talamau. 2(1), 39–48. https://core.ac.uk/download/pdf/230524827.pdf.

Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Karangroto 04 Semarang. Mimbar Ilmu, 23(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494.

Siti Zubaidah. (2010). Berfikir Kritis : Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Yang dapat Dikembangkan Melalui Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Sains 2010 Dengan Tema “Optimalisasi Sains Untuk Memberdayakan Manusia,” 16(January 2010), 1–14. https://www.researchgate.net/profile/Siti-Zubaidah-7/publication/318040409_Berpikir_Kritis_Kemampuan_Berpikir_Tingkat_Tinggi_yang_Dapat_Dikembangkan_melalui_Pembelajaran_Sains/links/59564c650f7e9b591cda994b.

Soinbala, H., & Mulyatna, F. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 46–56. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.39.

Tina, Budiman, & Hasanah, U. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Metakognitif Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Lingkungan Dalam Pembelajaran Sains. Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan Berkelanjut, XXI(1), 9–17. https://doi.org/http://doi.org/10.21009/PLPB.211.02.

Umami, M. R. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. 3(2), 63–74. https://doi.org/10.55171/geomath.v3i2.880.

Wahyu Lestari, Fatinatus Selvia, & Rohmatul Layliyyah. (2019). Pendekatan Open-ended Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 5(2), 184–197. https://doi.org/10.36835/attalim.v5i2.263.

Zahra Latifa, A., Tariska, D. P., & Sabrina, I. (2024). Implementasi Model PBL Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika SD Gisikdrono 02 Semarang. Jurnal Inovasi Penelitian, 15(1), 37–48. https://doi.org/10.47492/jip.v4i8.3051.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Yani, N. M. I., Jampel, I. N. ., & Widiana, I. W. . (2024). Strategi Pembelajaran Metakognitif Berbantuan Video Animasi Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(3), 391–401. https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.74788

Issue

Section

Articles