Strategi Pembelajaran Metakognitif Berbantuan Video Animasi Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematika Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.74788Keywords:
Strategi Pembelajaran Metakognitif, Video Animasi, Berpikir Reflektif MatematikaAbstract
Penggunaan strategi dan media pembelajaran yang kurang tepat memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir reflektif matematika siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penggunaan strategi pembelajaran metakognitif berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir reflektif matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif (Quasi Experiment Desain) dengan rancangan penelitian Equivalent Post-test Only Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 10 kelas yang terdiri dari 286 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling diambil 2 kelas sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode pengumpulan data kemampuan berpikir reflektif matematika siswa adalah tes uraian. Data dianalisis menggunakan Uji-T. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil thitung = 7,186 dan harga ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 60 adalah 1,671. Hasil ini menunjukan bahwa thitung lebih besar dibandingkan ttabel (8,823 > 1,671) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran metakognitif berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir reflektif matematika siswa kelas V. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa dalam menemukan solusi penyelesain dari sebuah permasalahan dan meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Made Indhi Yani, I Nyoman Jampel, I Wayan Widiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)