Komik Bergambar Pancasila sebagai Nilai Kehidupan: Upaya Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa

Authors

  • Ni Kadek Ayu Nanda Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Nyoman Ganing Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.58309

Keywords:

Komik Bergambar, PPKn, Kurikulum Merdeka

Abstract

Kurangnya bahan ajar menyebabkan tujuan pembelajaran tidak bisa tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik bergambar Pancasila sebagai nilai kehidupan. Penelitian pengembangan ini menerapkan model ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Instrument pengumpulan data menggunakan kuesioer dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitataif, kuantitatif, dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan validasi ahli rancang bangun 90,00% kualifikasi sangat baik. Validasi ahli isi pembelajaran 94,04% kualifikasi sangat baik. Validasi ahli desain instruksional 90,00% kualifikasi sangat baik. Validasi ahli media pembelajaran 89,58% kualifikasi baik. Uji coba perorangan 88,20% kualifikasi baik. Hasil uji coba kelompok kecil 88,98% kualifikasi baik. Hasil uji coba lapangan 90,10% kualifikasi sangat baik. Gain score ternormalisasi menunjukkan hasil 0,66 dengan klasifikasi sedang dan hasil uji-t menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn materi pancasila sebagai nilai kehidupan pada siswa kelas IV setelah diberikan pembelajaran menggunakan media komik bergambar. Disimpulkan bahwa media komik bergambar terbukti layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran PPKn kelas IV SD.

References

Adywinata, I. K. S., & Wiyasa, I. K. N. (2022). Komik Digital Berbasis Pendidikan Karakter Muatan PPKn sebagai Media Variatif untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4172.

Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920

Ardianti, D., Lestari, R. Y., & Legiani, W. H. (2023). Development Digital Comic Using Pixton Based Of Model Problem Based Learning (PBL) On PPKn Material In Class VII Junior High School 10 At Serang City. Journal Civics and Social Studies, 7(1), 40–48. https://doi.org/10.31980/civicos.v7i1.2901 DOI: https://doi.org/10.31980/civicos.v7i1.2901

Darniyanti, Y., Efriani, N., & Susilawati, W. O. (2021). Pengembangan Media Komik Penerapan Sila Pancasila PPKn Kelas 3 Di Sekolah Dasar Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Pendidikan, 30(3), 455. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1789. DOI: https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1789

Dessiane, S. T., & Hardjono, N. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Cerita Bergambar Atau Komik Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1). https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.537. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.537

Fajri, L., Herianto, E., & Sawaludin, S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Media Komik terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII di SMP Negeri 2 Lingsar. Manazhim, 4(2), 371–382. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1875. DOI: https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1875

Fitri, A. S., Aeni, A. N., & Nugraha, R. G. (2023). Pengembangan Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 220. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1756. DOI: https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1756

Furroyda, A. F., Ibda, H., & Wijanarko, A. G. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbasis Tpack Terhadap Hasil Belajar Ppkn Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta. Sittah: Journal of Primary Education, 3(2), 145–160. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.522. DOI: https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.522

Hanifah, H., Aeni, A. N., & Jayadinata, A. K. (2023). Pengembangan Komik Digital Materi Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Asanka : Journal of Social Science and Education, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.21154/asanka.v4i1.5782. DOI: https://doi.org/10.21154/asanka.v4i1.5782

Juneli, J. A., Sujana, A., & Julia, J. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Penguasaan Konsep Peserta Didik SD Kelas V. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1093. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9070. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9070

Lubis, M. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Komik Untuk Meningkatkan Minat Baca PPKn Siswa MIN Ramba Padang Kabupaten Tapanuli Selatan. Jurnal Tarbiyah, 25(2). https://doi.org/10.30829/tar.v25i2.370. DOI: https://doi.org/10.30829/tar.v25i2.370

Mujahadah, I., Alman, A., & Triono, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III SD Muhammadiyah Malawili. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 8–15. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.758. DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.758

Nugraha, B. I. (2022). Pengembangan Media Komik Pengamalan Pancasila “ KOMPAS ” Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 214–223. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/45347.

Nurhayati, I. (2019). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran PPKn di SMA (The Development of Digital Comic Media on Learning of Civic Education in Senior High School). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 65–75. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/7413.

Payadnyaa, I. P. A. A., Atmajab, I. M. D., Puspadewic, K. R., Dewid, N. P. Y. T., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2022). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Menggunakan E-Book Komik Matematika Berbasis Edutainment. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 54–62. https://doi.org/10.5281/zenodo.7543532.

Pristiani, Y. D., & Lestari, S. N. (2019). Komik Digital Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran Anti Paham Radikalisme Untuk Siswa SMP Di Kediri. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/10.29407/pn.v5i1.13545.

Purbantari, F., & Ganda, N. (2022). Analisis Kebutuhan Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Daring Materi Nilai-Nilai Pancasila. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(4), 603–616. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i4.53980. DOI: https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i4.53980

Qoiruni, S., & Wicaksono, V. D. (2022). Pengembangan Komik Digital Untuk Materi Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Permainan Tradisional Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 792–803. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/46427.

Rachmadani, R., Sutarno, S., & Umayaroh, S. (2021). Pengembangan Media E-Comic Berbasis Budaya Lokal Kota Malang dalam Pembelajaran Keunikan Daerah Tempat Tinggalku untuk Muatan PPKn Kelas 4 SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(8), 676–681. https://doi.org/10.17977/um065v1i82021p676-681. DOI: https://doi.org/10.17977/um065v1i82021p676-681

Rosyida, A. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Ctl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(3), 789. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p789-799. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p789-799

Salahuddin, Syahnaz, E., Wijaya, V., & Wahyuni, S. (2020). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran Ips Siswa Sdn 02 Kelas Iii Kab. Sambas. Journal of Scientech Research and Development, 2(2), 061–070. https://doi.org/10.56670/jsrd.v2i2.15. DOI: https://doi.org/10.56670/jsrd.v2i2.15

Salsabila, I., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book Berbasis Kontekstual Muatan Pelajaran PPKN Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 9(4), 684. https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5665. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5665

Sekarjene, R. A., & Setyasto, N. (2023). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Karakter untuk Mengurangi Perilaku Perundungan (Bullying) pada Siswa Kelas V SD Islam Al-Azhar 29. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4376–4386. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2028. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2028

Sholihah, P., Iskandar, S., Rahayu, G. S., Putri, H. I., & Ulhaq, S. (2023). Kesiapan Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Kelas Rendah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 5245–5253. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.950.

Solihah, S. A. S., Suherman, S., & Fadlullah, F. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Bermuatan Pendidikan Karakter Materi Membangun Persatuan dan Kesatuan pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5186–5195. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3156. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3156

Suastika, I. N., & Lestari, P. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual PPKn Muatan Persatuan dalam Keberagaman. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 4(1), 34–42. https://doi.org/10.31960/ijolec.v4i1.1023. DOI: https://doi.org/10.31960/ijolec.v4i1.1023

Sulistyo, E. B., & Mediatati, N. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn melalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Game Tournaments). Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 233. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17913. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17913

Tamami, S. (2020). Pengembangan Modul PPKn Berbasis Masalah pada Materi Norma dan Keadilan Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 178. https://doi.org/10.17977/um019v5i1p178-186. DOI: https://doi.org/10.17977/um019v5i1p178-186

Wulandari, L. P. M., & Suniasih, N. W. (2022). Media Komik Literasi Berbasis Kontekstual Materi Hak dan Kewajiban Muatan PPKn Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 33–41. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.45286. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.45286

Yusuf, F., Anitra, R., & Setyowati, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2574. DOI: https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2574

Downloads

Published

2023-02-09

How to Cite

Ni Kadek Ayu Nanda Wulandari, Ni Nyoman Ganing, & I Komang Ngurah Wiyasa. (2023). Komik Bergambar Pancasila sebagai Nilai Kehidupan: Upaya Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 3(2), 111–118. https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.58309

Issue

Section

Articles