Media Interactive Board Game Berbasis Phenomenon Based Learning Untuk Mengatasi Learning Loss Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.58309Kata Kunci:
Permainan Edukasi, Learning Loss, PhBLAbstrak
Pandemi Covid-19 telah berdampak terhadap sektor Pendidikan di Indonesia. Selama pandemi, pendidikan khususnya proses belajar mengajar dialihkan menjadi moda daring atau pembelajaran jarak juah. Namun, peralihan tersebut justru memaksa semua komponen pendidikan untuk beralih pada pembelajaran digital tanpa adanya persiapan dan kematangan baik secara fisik, mental, dan finansial. Dampaknya tidak adanya pemerataan pembelajaran yang diterima oleh peserta didik sehingga muncul fenomena Learning loss. Learning loss atau kehilangan pembelajaran berdampak pada aktivitas, psikis, dan intelektual peserta didik hingga saat ini. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis Phenomenon Based Learning yang dapat mengatasi permasalahan Learning loss pada siswa kelas IV sekolah dasar. Model pengembangan pada penelitian ini yaitu ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan subjek penelitian yaitu ahli, praktisi atau guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan tes. Hasil dari penelitian ini yaitu analisis validitas, kepraktisan, dan efektivitas media Interactive Board Game.
Referensi
Adywinata, I. K. S., & Wiyasa, I. K. N. (2022). Komik Digital Berbasis Pendidikan Karakter Muatan PPKn sebagai Media Variatif untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4172.
Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920
Ardianti, D., Lestari, R. Y., & Legiani, W. H. (2023). Development Digital Comic Using Pixton Based Of Model Problem Based Learning (PBL) On PPKn Material In Class VII Junior High School 10 At Serang City. Journal Civics and Social Studies, 7(1), 40–48. https://doi.org/10.31980/civicos.v7i1.2901 DOI: https://doi.org/10.31980/civicos.v7i1.2901
Darniyanti, Y., Efriani, N., & Susilawati, W. O. (2021). Pengembangan Media Komik Penerapan Sila Pancasila PPKn Kelas 3 Di Sekolah Dasar Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Pendidikan, 30(3), 455. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1789. DOI: https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1789
Dessiane, S. T., & Hardjono, N. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Cerita Bergambar Atau Komik Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1). https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.537. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.537
Fajri, L., Herianto, E., & Sawaludin, S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Media Komik terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII di SMP Negeri 2 Lingsar. Manazhim, 4(2), 371–382. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1875. DOI: https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1875
Fitri, A. S., Aeni, A. N., & Nugraha, R. G. (2023). Pengembangan Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 220. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1756. DOI: https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1756
Furroyda, A. F., Ibda, H., & Wijanarko, A. G. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbasis Tpack Terhadap Hasil Belajar Ppkn Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta. Sittah: Journal of Primary Education, 3(2), 145–160. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.522. DOI: https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.522
Hanifah, H., Aeni, A. N., & Jayadinata, A. K. (2023). Pengembangan Komik Digital Materi Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Asanka : Journal of Social Science and Education, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.21154/asanka.v4i1.5782. DOI: https://doi.org/10.21154/asanka.v4i1.5782
Juneli, J. A., Sujana, A., & Julia, J. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Penguasaan Konsep Peserta Didik SD Kelas V. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1093. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9070. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9070
Lubis, M. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Komik Untuk Meningkatkan Minat Baca PPKn Siswa MIN Ramba Padang Kabupaten Tapanuli Selatan. Jurnal Tarbiyah, 25(2). https://doi.org/10.30829/tar.v25i2.370. DOI: https://doi.org/10.30829/tar.v25i2.370
Mujahadah, I., Alman, A., & Triono, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III SD Muhammadiyah Malawili. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 8–15. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.758. DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.758
Nugraha, B. I. (2022). Pengembangan Media Komik Pengamalan Pancasila “ KOMPAS ” Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 214–223. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/45347.
Nurhayati, I. (2019). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran PPKn di SMA (The Development of Digital Comic Media on Learning of Civic Education in Senior High School). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 65–75. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/7413.
Payadnyaa, I. P. A. A., Atmajab, I. M. D., Puspadewic, K. R., Dewid, N. P. Y. T., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2022). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Menggunakan E-Book Komik Matematika Berbasis Edutainment. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 54–62. https://doi.org/10.5281/zenodo.7543532.
Pristiani, Y. D., & Lestari, S. N. (2019). Komik Digital Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran Anti Paham Radikalisme Untuk Siswa SMP Di Kediri. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/10.29407/pn.v5i1.13545.
Purbantari, F., & Ganda, N. (2022). Analisis Kebutuhan Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Daring Materi Nilai-Nilai Pancasila. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(4), 603–616. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i4.53980. DOI: https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i4.53980
Qoiruni, S., & Wicaksono, V. D. (2022). Pengembangan Komik Digital Untuk Materi Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Permainan Tradisional Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 792–803. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/46427.
Rachmadani, R., Sutarno, S., & Umayaroh, S. (2021). Pengembangan Media E-Comic Berbasis Budaya Lokal Kota Malang dalam Pembelajaran Keunikan Daerah Tempat Tinggalku untuk Muatan PPKn Kelas 4 SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(8), 676–681. https://doi.org/10.17977/um065v1i82021p676-681. DOI: https://doi.org/10.17977/um065v1i82021p676-681
Rosyida, A. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Ctl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(3), 789. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p789-799. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p789-799
Salahuddin, Syahnaz, E., Wijaya, V., & Wahyuni, S. (2020). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran Ips Siswa Sdn 02 Kelas Iii Kab. Sambas. Journal of Scientech Research and Development, 2(2), 061–070. https://doi.org/10.56670/jsrd.v2i2.15. DOI: https://doi.org/10.56670/jsrd.v2i2.15
Salsabila, I., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book Berbasis Kontekstual Muatan Pelajaran PPKN Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 9(4), 684. https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5665. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5665
Sekarjene, R. A., & Setyasto, N. (2023). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Karakter untuk Mengurangi Perilaku Perundungan (Bullying) pada Siswa Kelas V SD Islam Al-Azhar 29. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4376–4386. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2028. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2028
Sholihah, P., Iskandar, S., Rahayu, G. S., Putri, H. I., & Ulhaq, S. (2023). Kesiapan Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Kelas Rendah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 5245–5253. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.950.
Solihah, S. A. S., Suherman, S., & Fadlullah, F. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Bermuatan Pendidikan Karakter Materi Membangun Persatuan dan Kesatuan pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5186–5195. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3156. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3156
Suastika, I. N., & Lestari, P. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual PPKn Muatan Persatuan dalam Keberagaman. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 4(1), 34–42. https://doi.org/10.31960/ijolec.v4i1.1023. DOI: https://doi.org/10.31960/ijolec.v4i1.1023
Sulistyo, E. B., & Mediatati, N. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn melalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Game Tournaments). Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 233. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17913. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17913
Tamami, S. (2020). Pengembangan Modul PPKn Berbasis Masalah pada Materi Norma dan Keadilan Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 178. https://doi.org/10.17977/um019v5i1p178-186. DOI: https://doi.org/10.17977/um019v5i1p178-186
Wulandari, L. P. M., & Suniasih, N. W. (2022). Media Komik Literasi Berbasis Kontekstual Materi Hak dan Kewajiban Muatan PPKn Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 33–41. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.45286. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.45286
Yusuf, F., Anitra, R., & Setyowati, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2574. DOI: https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2574
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)