Aplikasi Pembelajaran Appsmart Berbasis Model PBL Berbantuan Articulate Storyline 3 pada Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya

Authors

  • Eliya Yunanti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.59617

Keywords:

Aplikasi Pembelajaran Appsmart, PBL, Pemahaman Konsep IPA

Abstract

Dalam suatu pembelajaran hendaknya dapat dikaitkan dengan konsep yang relevan dan menyenangkan agar siswa mudah memahami pembelajaran. Jika siswa merasa bosan di dalam kelas, maka siswa kurang fokus dalam menerima materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru.  Melihat hal tersebut, maka tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan Aplikasi Pembelajaran Appsmart berbasis model PBL pada materi Cahaya dan Sifat-sifatnya kelas V sekolah dasar yang layak, praktis dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA pada materi Cahaya dan Sifat-sifatnya. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan model ADDIE.  Subjek penelitian ini adalah 4 ahli, 3 guru, dan 20 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner serta soal pilihan ganda. Instrument pengumpulan data menggunakan angket dan lembar soal. Penelitian ini menggunakan desain pre eksperimen, one shot case study.  Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif, kualitatif, dan statistic inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa   aplikasi Pembelajaran Appsmart berbasis model PBL berbantuan Articulate Storyline 3 dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA.

References

Abdurrochim, P. L., Khairunnisa, Y., Nurani, M., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Aplikasi BEAT (Belajar Asyik Tentang) Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3972–3981. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2749. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2749

Adrian, Q. J., & Apriyanti, A. (2019). Game Edukasi Pembelajaran Matematika Untuk Anak Sd Kelas 1 Dan 2 Berbasis Android. Jurnal Teknoinfo, 13(1), 51. https://doi.org/10.33365/jti.v13i1.159. DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v13i1.159

Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173. DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Agustika, G. N. S., Putri, N. M. C. D., & Ardana, I. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. International Journal of Elementary Education, 2(3), 211. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960

Anggraeni, P. (2018). Analisis Keterkaitan Antar Komponen Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Kota Sumedang. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 1(1), 64. https://doi.org/10.24014/ejpe.v1i1.5069. DOI: https://doi.org/10.24014/ejpe.v1i1.5069

Annisa, V., Fajrie, N., & Ahsin, M. N. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Gambar Ilustrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Wasis : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.4951. DOI: https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.4951

Antasari, N. (2017). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1–13. https://jurnal.usk.ac.id/JIPI/article/view/10727/0. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14871

Anwar, K., & Jurotun, J. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.19366. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.19366

Ardiani, K. E. (2022). Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Teori Belajar Ausubel pada Muatan IPA Materi Sumber Energi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 26–35. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45159. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45159

Ariani, R. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 422–432. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28165.

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam). Tarbawy : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569. DOI: https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA peserta didik di sekolah dasar. Educare, 17(2), 90–97. https://doi.org/10.36555/educare.v17i2.247.

Djunaedy, R. P. (2020). Penerapan Pembelajaran Online dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas XI MM 3 SMKN 5 Malang. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 95–108. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.376. DOI: https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.376

Elci, T. N., Bare, Y., & Mago, O. Y. T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Android Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Sistem Ekskresi Di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan MIPA, 11(2), 54–62. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.484. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.484

Hajar, S., & Fitria, Y. (2022). Efektifitas Penggunaan Modul Digital Berbasis Model PBL terhadap Penguasaan Konsep IPA Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4480–4488. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2808. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2808

Handayani, T. W. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Di SD. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 6(2), 130–153. https://doi.org/10.35438/e.v6i2.94. DOI: https://doi.org/10.35438/e.v6i2.94

Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587. DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587

Isti, L. A., & dkk. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 21–28. https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p21-28. DOI: https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p21-28

Jumaini, J., Hertin, H. H., Nisfiyati, M., & Ibrahim, M. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Hasil Belajar Siswa: Sebuah Meta - Analisis. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 48. https://doi.org/10.22373/jppm.v5i1.9805. DOI: https://doi.org/10.22373/jppm.v5i1.9805

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193. DOI: https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193

Khofiyah, H., Santoso, A., & Akbar, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 61. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11857. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11857

Mawardi, M. (2018). Designing the Implementation of Model and Instructional Media. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 26–40. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p26-40. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p26-40

Niki, M. R., Theodora Maasawet, E., & Susilo, S. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Kemampuan Menulis Laporan Ilmiah. BIODIK, 5(2), 96–108. https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.6881. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.6881

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Nurlaelah, N., & Sakkir, G. (2020). Model Pembelajaran Respons Verbal dalam Kemampuan Berbicara. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 113–122. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.230. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.230

Purba, J. T., Tambunan, L. O., & Purba, Y. O. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Cabri Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Kubus dan Balok di SMP Negeri 1 Jorlang Hataran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 668–680. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1851. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1851

Putra, W. B., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Berorientasi Teori Belajar Ausubel Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 174. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31841. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31841

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8. DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Rahayu, R., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Meningkatkan Keaksaraan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399–3409. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2409. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2409

Rahmadani, R., & Taufina, T. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 938–946. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.465. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.465

Sohibi, M., & Siswanto, J. (2012). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 3(2), 1459–1476. https://doi.org/10.26877/jp2f.v3i2/SEPTEMBE.349. DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v3i2/SEPTEMBE.349

Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jurnal Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208. DOI: https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208

Suryani, E. (2018). Profil Kesalahan Pemahaman Konsep Cahaya Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2803. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2803

Tarmidzi, T. (2019). Belajar Bermakna (Meaningful Learning) Ausubel Menggunakan Model Pembelajaran Dan Evaluasi Peta Konsep (Concept Mapping) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 1(2), 131. https://doi.org/10.33603/.v1i2.2504. DOI: https://doi.org/10.33603/.v1i2.2504

Winaya, I. M. A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Tematik Berbantu Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Dengan Konsep “Trihitakarana” Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas III SD Dwijendra Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Siswa. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 8. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.925. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.925

Woa, K. M., Utaya, S., & Susilo, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Geografi pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan, 3(3), 406–411. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i3.10709.

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Zuleni, E., & Marfilinda, R. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 244–250. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.34. DOI: https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.34

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Yunanti, E., I Gede Margunayasa, & Ni Wayan Rati. (2023). Aplikasi Pembelajaran Appsmart Berbasis Model PBL Berbantuan Articulate Storyline 3 pada Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 3(2), 102–110. https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.59617

Issue

Section

Articles