Aplikasi Pembelajaran Appsmart Berbasis Model PBL Berbantuan Articulate Storyline 3 Pada Materi Cahaya dan SIfat-sifatnya Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.59617Kata Kunci:
pengembangan, aplikasi pembelajaran Appsmart, PBL, pemahaman konep IPA, Cahaya dan Sifat-sifatnyaAbstrak
Dalam suatu pembelajaran hendaknya dapat dikaitkan dengan konsep yang relevan dan menyenangkan agar siswa mudah memahami pembelajaran. Jika siswa merasa bosan di dalam kelas, maka siswa kurang fokus dalam menerima materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Melihat hal tersebut, maka dikembangkannya Aplikasi Pembelajaran Appsmart berbasis model PBL pada materi Cahaya dan Sifat-sifatnya kelas V sekolah dasar yang layak, praktis dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep ipa pada mater Cahaya dan Sifat-sifatnya. Subjek penelitian ini adalah 4 dosen ahli, 3 orang guru, dan 6 orang siswa serta satu rombel siswa kelas V SD N 2 Sulanyah. Objek penelitian ini adalah Aplikasi Pembelajaran Appsmart berbasis model PBL. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Penelitian ini menggunakan desain pre eksperimen, one shot case study. Hasil penelitian menunjukan (1) Aplikasi Pembelajaran Appsmart berbasis model PBL memperoleh indeks kelayakan media secara keseluruhan sebesar 4,6 dan kelayakan materi secara keseluruhan 4,7 termasuk ke dalam kelayakan sangat baik. (2) Hasil analisis oleh para ahli praktisi, rata-rata skor yang diperoleh yaitu untuk kepraktisan oleh guru dan siswa sebesar 4,87 dengan kualifikasi sangat baik. Dan (3) Aplikasi Pembelajaran Appsmart berbasis model PBL efektif digunakan untuk meingkatkan pemahaman konsep IPA pada materi Cahaya dan Sifat-sifatnya.
Referensi
Abdurrochim, P. L., Khairunnisa, Y., Nurani, M., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Aplikasi BEAT (Belajar Asyik Tentang) Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3972–3981. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2749. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2749
Adrian, Q. J., & Apriyanti, A. (2019). Game Edukasi Pembelajaran Matematika Untuk Anak Sd Kelas 1 Dan 2 Berbasis Android. Jurnal Teknoinfo, 13(1), 51. https://doi.org/10.33365/jti.v13i1.159. DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v13i1.159
Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173. DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173
Agustika, G. N. S., Putri, N. M. C. D., & Ardana, I. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. International Journal of Elementary Education, 2(3), 211. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960
Anggraeni, P. (2018). Analisis Keterkaitan Antar Komponen Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Kota Sumedang. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 1(1), 64. https://doi.org/10.24014/ejpe.v1i1.5069. DOI: https://doi.org/10.24014/ejpe.v1i1.5069
Annisa, V., Fajrie, N., & Ahsin, M. N. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Gambar Ilustrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Wasis : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.4951. DOI: https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.4951
Antasari, N. (2017). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1–13. https://jurnal.usk.ac.id/JIPI/article/view/10727/0. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14871
Anwar, K., & Jurotun, J. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.19366. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.19366
Ardiani, K. E. (2022). Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Teori Belajar Ausubel pada Muatan IPA Materi Sumber Energi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 26–35. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45159. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45159
Ariani, R. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 422–432. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28165.
Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam). Tarbawy : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569. DOI: https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569
Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA peserta didik di sekolah dasar. Educare, 17(2), 90–97. https://doi.org/10.36555/educare.v17i2.247.
Djunaedy, R. P. (2020). Penerapan Pembelajaran Online dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas XI MM 3 SMKN 5 Malang. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 95–108. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.376. DOI: https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.376
Elci, T. N., Bare, Y., & Mago, O. Y. T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Android Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Sistem Ekskresi Di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan MIPA, 11(2), 54–62. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.484. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.484
Hajar, S., & Fitria, Y. (2022). Efektifitas Penggunaan Modul Digital Berbasis Model PBL terhadap Penguasaan Konsep IPA Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4480–4488. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2808. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2808
Handayani, T. W. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Di SD. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 6(2), 130–153. https://doi.org/10.35438/e.v6i2.94. DOI: https://doi.org/10.35438/e.v6i2.94
Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587. DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587
Isti, L. A., & dkk. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 21–28. https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p21-28. DOI: https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p21-28
Jumaini, J., Hertin, H. H., Nisfiyati, M., & Ibrahim, M. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Hasil Belajar Siswa: Sebuah Meta - Analisis. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 48. https://doi.org/10.22373/jppm.v5i1.9805. DOI: https://doi.org/10.22373/jppm.v5i1.9805
Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193. DOI: https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193
Khofiyah, H., Santoso, A., & Akbar, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 61. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11857. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11857
Mawardi, M. (2018). Designing the Implementation of Model and Instructional Media. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 26–40. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p26-40. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p26-40
Niki, M. R., Theodora Maasawet, E., & Susilo, S. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Kemampuan Menulis Laporan Ilmiah. BIODIK, 5(2), 96–108. https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.6881. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.6881
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Nurlaelah, N., & Sakkir, G. (2020). Model Pembelajaran Respons Verbal dalam Kemampuan Berbicara. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 113–122. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.230. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.230
Purba, J. T., Tambunan, L. O., & Purba, Y. O. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Cabri Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Kubus dan Balok di SMP Negeri 1 Jorlang Hataran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 668–680. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1851. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1851
Putra, W. B., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Berorientasi Teori Belajar Ausubel Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 174. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31841. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31841
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8. DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Rahayu, R., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Meningkatkan Keaksaraan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399–3409. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2409. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2409
Rahmadani, R., & Taufina, T. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 938–946. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.465. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.465
Sohibi, M., & Siswanto, J. (2012). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 3(2), 1459–1476. https://doi.org/10.26877/jp2f.v3i2/SEPTEMBE.349. DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v3i2/SEPTEMBE.349
Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jurnal Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208. DOI: https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208
Suryani, E. (2018). Profil Kesalahan Pemahaman Konsep Cahaya Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2803. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2803
Tarmidzi, T. (2019). Belajar Bermakna (Meaningful Learning) Ausubel Menggunakan Model Pembelajaran Dan Evaluasi Peta Konsep (Concept Mapping) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 1(2), 131. https://doi.org/10.33603/.v1i2.2504. DOI: https://doi.org/10.33603/.v1i2.2504
Winaya, I. M. A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Tematik Berbantu Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Dengan Konsep “Trihitakarana” Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas III SD Dwijendra Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Siswa. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 8. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.925. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.925
Woa, K. M., Utaya, S., & Susilo, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Geografi pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan, 3(3), 406–411. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i3.10709.
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Zuleni, E., & Marfilinda, R. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 244–250. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.34. DOI: https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.34
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)