Model Pembelajaran Listening Team Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS

Authors

  • I Gusti Ayu Sri Bintang Indrawati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Kadek Suranata Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Kadek Yudiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i1.63468

Keywords:

Model Listening Team, Hasil Belajar, IPS

Abstract

Permasalahan yang terjadi saat ini waktu masih banyak siswa yang kesulitan dalam belajar IPS. Hal ini berdampak pada pemahaman IPS yang kurang. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis model pembelajaran Listening Team terhadap hasil belajar muatan IPS Siswa Kelas V SD. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent post-test only control group design. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu berjumlah 159 siswa kelas V. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampling yaitu Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes. Instrumen pengumpulan data menngunakan tes objektif. Teknik analisis data penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Listening Team terhadap hasil belajar muatan IPS siswa kelas V. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Listening Team dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada muatan IPS. Implikasi penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Listening Team meningkatkan semangat dan suasana belajar sehingga berdampak pada hasil belajar IPS yang meningkat.

References

Aditya, I. K. D., Sumantri, M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle (5e) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Disiplin Belajar Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus V Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20792. DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20792

Ambussaidi, I., & Yang, Y.-F. (2019). The Impact of Mathematics Teacher Quality on Student Achievement in Oman and Taiwan. International Journal of Education and Learning, 1(2), 50–62. https://doi.org/10.31763/ijele.v1i2.39. DOI: https://doi.org/10.31763/ijele.v1i2.39

Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690

Budiyono, F. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam belajar pemecahan masalah pada mata pelajaran IPS di SDN gapura timur I sumenep. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), 60. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2516. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2516

Cahyaningsih, U. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 45–52. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i1.707. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1226

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.21009/pip.321.8. DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.321.8

Claudia, C., Prabawati, H., Malihah, M., Novrezi, M., Sahara, S., & Safitri, D. (2020). Pelatihan Pendidikan Karakter pada Anak Pekerja di Yayaysan Swara Peduli Indonesia Jakarta. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1). https://doi.org/10.29313/ethos.v8i1.4909. DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v8i1.4909

Darmiyanti, K. R., Astra, I. K. B., & Satyawan, I. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Sepak Sila Dalam Permainan Sepak Takraw. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 136. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.29826. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.29826

Dewi, A. C., Hapidin, H., & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136

Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2353. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2353

Handayani, P. (2017). Upaya Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Permainan Tradisional Congklak Pada Mata Pelajaran IPS. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 7(01), 39. https://doi.org/10.25273/pe.v7i01.1245. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v7i01.1245

Handayani, S. (2017). Listening Teams: Strategi Pemahaman Isi Teks Pada Siswa SMPN 1 Karangploso. Jurnal Cendekia, 11(2). https://doi.org/Http://cendekia.pusatbahasa.or.id. DOI: https://doi.org/10.30957/cendekia.v11i2.290

Hasanah, N. F., Nurtaman, M. E., & Hanik, U. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (Rte) Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn Pinggir Papas 1 Sumenep. Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 112. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v6i2.5195. DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v6i2.5195

Ilahi, B. R., Syafrial, S., & Hiasa, F. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Universitas Bengkulu. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 3(2), 207. https://doi.org/10.31851/hon.v3i2.4858. DOI: https://doi.org/10.31851/hon.v3i2.4858

Kebritchi, M., Lipschuetz, A., & Santiague, L. (2017). Issues and Challenges for Teaching Successful Online Courses in Higher Education. Journal of Educational Technology Systems, 46(1), 4–29. https://doi.org/10.1177/0047239516661713. DOI: https://doi.org/10.1177/0047239516661713

Khasana, I. N., Parmiti, D. P., & Sudatha, I. G. W. (2018). Pengembangan Media Monopoli Dengan Model Hannafin Dan Peck Mata Pelajaran IPS Di SD Mutiara Singaraja. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan, 6(2), 205–214. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20292.

Khoiri, A., Agussuryani, Q., & Hartini, P. (2017). Penumbuhan Karakter Islami melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Integrasi Sains-Islam. In Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah (Vol 2, Number 1, bl 19). https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1735. DOI: https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1735

Khotimah, H., Sumiyati, S., & Nurjannah, N. (2017). Pengaruh Teknik Pembelajaran Listening Team Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.36312/e-saintika.v1i1.1. DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v1i1.1

Konstantinidou, E., & Scherer, R. (2022). Teaching with technology: A large-scale, international, and multilevel study of the roles of teacher and school characteristics. Computers & Education, 179, 104424. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104424. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104424

Lase, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Listening Team Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Kelas Xi Di Smk Negeri 1 Gunungsitoli Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2). https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.656. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.656

Leniati, B., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tsts ( Two Stay Two Stray ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 149–157. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359

Lubis, M. I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Listening Team Terhadap Pemahaman Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kuantan Singingi. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2). https://doi.org/10.24014/kutubkhanah.v17i2.822.

Magelo, C., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2593. DOI: https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2593

Maloring, B. D. C., Sandu, A., Soesanto, H., & Seleky, J. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Matematika [Implementation Of The Cooperative Learning Model Type Teams Games Tournament To Improve Students’ Learning Activities In Mathem. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2). https://doi.org/10.19166/pji.v16i2.2441. DOI: https://doi.org/10.19166/pji.v16i2.2441

Matondang, Z. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Listening Team pada Mata Pelajaran IPS. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 3(1). https://doi.org/10.24114/antro.v3i1.7492. DOI: https://doi.org/10.24114/antro.v3i1.7492

Mukhlasin, A. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Kunci Keberhasilan dalam Pencapaian Kualitas Pendidikan. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 4(2), 193–199. https://doi.org/10.31539/alignment.v4i2.2566. DOI: https://doi.org/10.31539/alignment.v4i2.2566

Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Ayu, S., & Umar, M. (2020). Kurikulum Dan Metode Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 the Implementation of Character Education Integrated To Curriculum and Learning Methods During Covid-19 Pandemic. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154–164. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a5.2020. DOI: https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a5.2020

Nugraha, R., Purnamasari, I., & Baedowi, S. (2017). Evaluasi Penerapan Standar Penilaian Kurikulum 2013 Pada Kelas 4 Sekolah Dasar Di Kecamatan Jambu. Jurnal Sekolah, 2(1), 94. https://doi.org/10.24114/js.v2i1.9925. DOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i1.9925

Nugraha, Y. A., & Manggalastawa, M. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Sd. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 7(1), 31–37. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n1.p31-37. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n1.p31-37

Paramita, N. M. A. S., Rati, N. W., & Tristiantari, N. K. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berorientasi Pendidikan Karakter terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa kelas V. Journal of Education Technology, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17957. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17957

Permana, Dantes, & Parmiti. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Pada Gugus IV Kerinci Kecamatan Melaya Tahun Ajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11029.

Ramadania, F. (2016). Konsep Bahasa Berbasis Teks pada Buku Ajar Kurikulum 2013. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2). https://doi.org/10.33654/sti.v1i2.372. DOI: https://doi.org/10.33654/sti.v1i2.372

Rangkuti, D., & Rangkuti, D. E. S. (2019). Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan 1-10. Journal of Islamic Education, 2(2). https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i2.972. DOI: https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i2.972

Riadi, F. S., Yahya, R. N., Dewi, S. L., & Prihantini, P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Daya Berpikir Kritis Siswa. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1). https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.315. DOI: https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.315

Riyanto, M., Jamaluddin, U., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Video Scribe Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Madrasah, 11(2), 53–63. https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i2.6419. DOI: https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i2.6419

Rustantiningsih. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Masa Penjajahan Belanda dan Jepang dengan Menggunakan Metode Questions Flag pada Siswa Kelas V SDN Tawangmas 01 Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas, 1(1). https://doi.org/10.31942/pgrs.v1i1.1425. DOI: https://doi.org/10.31942/pgrs.v1i1.1425

Safarah, A. A., & Wibowo, U. B. (2018). Program Zonasi Di Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pemerataan Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21(2), 206. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n2i6. DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n2i6

Sari, D. A., Tegeh, I. M., & Pudjawan, K. (2020). Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Microsoft Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Edutech Undiksha. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.29071. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.29071

Seika Ayuni, I. G. a. P. A., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V. Journal of Education Technology, 1(3), 183. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503

Setiadewi, N. P. L., Sujana, I. W., & Suniasih, N. W. (2019). Kontribusi Konsep Diri Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. Mimbar Ilmu, 24(3), 287. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21421. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21421

Sukitman, T., & Ridwan, M. (2016). Implementasi Pendidikan Nilai (Living Values Education) Dalam Pembelajaran Ips (Studi Terhadap Pembentukan Karakter Anak Di Tingkat Sekolah Dasar). Profesi Pendidikan Dasar, 3(1), 30–41. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i1.2717. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v3i1.2717

Sumitro, A. H., Setyosari, P., & Sumarmi. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9936.

Upik, Y., & Sore, A. D. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Listening Team Pada Pokok Bahasan Kelangkaan Sumber Daya Dan Kebutuhan Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Silat Hilir. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 2(1). https://doi.org/10.31932/jpe.v2i1.463. DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v2i1.463

Widayanti, Sutama, & Wisudariani. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Menulis Cerita Fabel Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sawan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i1.20268.

Wulandari, S., Marhadi, H., & Antosa, Z. (2017). Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus III Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Joyful Learning Journal, 6(3), 1–11. https://doi.org/10.15294/jlj.v6i3.15207.

Zhao Yong, & Watterston, J. (2021). The changes we need: Education post COVID-19. Journal of Educational Change, 22(1), 3–12. https://doi.org/10.1007/s10833-021-09417-3. DOI: https://doi.org/10.1007/s10833-021-09417-3

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Indrawati, I. G. A. S. B. ., Suranata, K. ., & Yudiana, K. . (2024). Model Pembelajaran Listening Team Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(1), 20–27. https://doi.org/10.23887/jmt.v4i1.63468

Issue

Section

Articles