Model Pembelajaran Listening Team Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i1.63468Keywords:
Model Listening Team, Hasil Belajar, IPSAbstract
Permasalahan yang terjadi saat ini waktu masih banyak siswa yang kesulitan dalam belajar IPS. Hal ini berdampak pada pemahaman IPS yang kurang. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis Model Pembelajaran Listening Team Terhadap Hasil Belajar Muatan IPS Siswa Kelas V SD. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent post-test only control group design. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Non-equivalent post-test only control group desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu berjumlah 159 siswa kelas V. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampling yaitu Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes. Instrumen pengumpulan data menngunakan tes objektif. Teknik analisis data penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan statistic inferensial. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Listening Team terhadap hasil belajar muatan IPS siswa kelas V. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Listening Team dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada muatan IPS. Implikasi penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Listening Team meningkatkan semangat dan suasana belajar sehingga berdampak pada hasil belajar IPS yang meningkat.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Gusti Ayu Sri Bintang Indrawati, Kadek Suranata, Kadek Yudiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)