Model Pembelajaran Listening Team Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS

Authors

  • I Gusti Ayu Sri Bintang Indrawati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Kadek Suranata Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Kadek Yudiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i1.63468

Keywords:

Model Listening Team, Hasil Belajar, IPS

Abstract

Permasalahan yang terjadi saat ini waktu masih banyak siswa yang kesulitan dalam belajar IPS. Hal ini berdampak pada pemahaman IPS yang kurang. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis Model Pembelajaran Listening Team Terhadap Hasil Belajar Muatan IPS Siswa Kelas V SD. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent post-test only control group design. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Non-equivalent post-test only control group desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu berjumlah 159 siswa kelas V. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampling yaitu Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes. Instrumen pengumpulan data menngunakan tes objektif. Teknik analisis data penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan statistic inferensial. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Listening Team terhadap hasil belajar muatan IPS siswa kelas V. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Listening Team dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada muatan IPS. Implikasi penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Listening Team meningkatkan semangat dan suasana belajar sehingga berdampak pada hasil belajar IPS yang meningkat.

Published

2024-01-31

How to Cite

Indrawati, I. G. A. S. B. ., Suranata, K. ., & Yudiana, K. . (2024). Model Pembelajaran Listening Team Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.23887/jmt.v4i1.63468

Issue

Section

Articles