Media Papan Pintar berbasis Profil Pelajar Pancasila untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Nengah Sukiyati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Kadek Yudiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Rahayu Ujianti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.64312

Keywords:

Papan Pintar, Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka

Abstract

Dalam pembelajaran masih ditemukan peserta didik yang memiliki sikap acuh untuk memperhatikan dan peduli akan lingkungan di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk papan pintar berbasis profil pelajar pancasila untuk kelas II SD yang teruji validitas, kepraktisan, serta efektivitasnya terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan, dengan berpedoman pada model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian diantaranya ahli materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, praktisi, dan siswa. Metode pengumpulan data ada kuesioner berupa rating scale dan tes. Instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar soal tes. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan persentase skor dari ahli materi sebesar 97,5% (sangat baik), ahli media sebesar 89,5% (sangat baik), respons praktisi sebesar 98,7% (sangat baik), dan respons siswa sebesar 96,1% (sangat baik). Hasil uji efektivitas dengan teknik uji-t berkolerasi diperoleh signifikansi (Sig. 2-tailed) kurang daripada 0,05 sehingga terjadi penerimaan terhadap Ha. Maka, dapat disimpulkan bahwa media papan pintar berbasis profil pelajar pancasila dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran serta efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

 

References

Afifah, H. N., & Fitrianawati, M. (2021). Pengembangan Media Panlintarmatika (Papan Perkalian Pintar Matematika) Materi Perkalian Untuk Siswa Sekolah Dasar. Wasis : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5785. DOI: https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5785

Fais, M. Z., Listyarini, I., & Nashir Tsalatsa, A. (2019). Pengembangan Media Papin dan Koja (Papan Pintar dan Kotak Ajaib) Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 26. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17097. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17097

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Ismail, T. (2020). Pengaruh Media Papan Pintar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Tunagrahita Ringan kelas IV di SLB-ACD Pertiwi Kota Mojokerto. Special : Special and Inclusive Education Journal, 1(2), 148–153. https://doi.org/10.36456/special.vol1.no2.a2849. DOI: https://doi.org/10.36456/special.vol1.no2.a2849

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349. DOI: https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Junia, N. M. I., & Sujana, I. W. (2023). E-Modul Interaktif Berbasis Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia Bagi Siswa Kelas IV SD. Mimbar PGSD Undiksha, 11(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.60243.

Kusumawardani, F., Akhwani, A., Nafiah, N., & Taufiq, M. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Pancasila melalui Keteladanan dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraaan, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.24269/jpk.v6.n1.2021.pp1-10. DOI: https://doi.org/10.24269/jpk.v6.n1.2021.pp1-10

Langka, F. R., & Setyadi, D. (2023). Pengembangan media pembelajaran papan pintar aljabar untuk materi persamaan linear satu variabel. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 335–347. https://doi.org/10.33654/math.v9i2.2146. DOI: https://doi.org/10.33654/math.v9i2.2146

Maghfi, U. N., & Suyadi. (2020). Meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui media papan pintar (Smart Board). Seling-Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 157–170. https://doi.org/10.29062/seling.v6i2.631.

Muslichah, M., Mahardhani, A. J., Azzahra, A. F. N., Safitri, D. E. C., Hardiansyah, H., Amala, I. A., & Nabila, S. N. (2021). Pemanfaatan Video Pembelajaran dengan Mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Jarak Jauh pada Program Kampus Mengajar di SD Negeri Jatimulyo 02 Kota Malang. Jurnal Kiprah, 9(2), 90–99. https://doi.org/10.31629/kiprah.v9i2.3516. DOI: https://doi.org/10.31629/kiprah.v9i2.3516

Mutiara, A., Wagiran, W., & Pristiwati, R. (2022). Pengembangan Buku Pengayaan Elektronik Cerita Fabel Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Elemen Gotong Royong Sebagai Media Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2419–2429. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2455. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2455

Nurhasanah, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sd Negeri Rejosari. LJSE: Linggau Journal Science Education, 2(3), 75–84. https://doi.org/10.55526/ljse.v2i3.333. DOI: https://doi.org/10.55526/ljse.v2i3.333

Pramitasari, I. (2021). Media Papan Pintar Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri 2 Payaman Nganjuk. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 68–76. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.47. DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.47

Prihantini, P., Hidayah, N., Rostika, D., & Abdurhman, O. (2022). Batik Cap Sederhana Berbasis Pewarna Alami sebagai Media Proyek Profil Pelajar Pancasila di Kabupaten Sukabumi. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(6), 1743–1750. https://doi.org/10.54082/jamsi.515. DOI: https://doi.org/10.54082/jamsi.515

Putri, R., & Kasriman. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Papan Pintar (Smart Board) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1181–1189. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2716. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2716

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Renawati, R., & Suyadi, S. (2021). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid 19 melalui Alat Permainan Edukatif Papan Pintar dari Kulit Kerang. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 22–27. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.92. DOI: https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.92

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613. DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Safitri, L., Susanti, M., Anggun, C., Wahyuni, S., Yusmar, F., & Nuha, U. (2023). Penguatan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Ipa Pada Kurikulum Merdeka Untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila: Studi Literatur. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 223–229. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1227. DOI: https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1227

Salahuddin, A., Saputra, A., & Gustina, R. (2023). Pengembangan Permainan Edukatif Papan Pintar Pada Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Di TK Aisyiyah 01 Koto Baru. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 13(1), 44. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3050. DOI: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3050

Sari, Z. A. A., Nurasiah, I., Lyesmaya, D., Nasihin, N., & Hasanudin, H. (2022). Wayang Sukuraga: Media Pengembangan Karakter Menuju Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3526–3535. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2698. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2698

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611. DOI: https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611

Sofyan, F. A. (2019). Implementasi HOTS Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803. DOI: https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803

Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1). https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374. DOI: https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374

Wahyuni, N. L. A. I. (2022). Media Papan Pintar Angka Berbasis Animasi Untuk Stimulus Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 120–128. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47134. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47134

Zulvira, R., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1). https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1187.

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Sukiyati, N., Yudiana, K., & Ujianti, P. R. (2023). Media Papan Pintar berbasis Profil Pelajar Pancasila untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 3(2), 129–136. https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.64312

Issue

Section

Articles