Video Pembelajaran Berbasis Microlearning pada Muatan IPAS

Authors

  • Rido Aritonang Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Desak Putu Parmiti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Komang Sudarma Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.63538

Keywords:

Video Pembelajaran, ADDIE, Microlearning, IPAS

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh minimnya media pembelajaran khususnya dalam muatan IPAS, yang menyebabkan siswa sulit untuk memahami materi. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan video pembelajaran berbasis microlearning. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur model ADDIE. Subek uji coba penelitian ini yaitu 1 orang ahli isi pembelajaran, 1 orang ahli desain pembelajaran, 1 orang ahli media pembelajaran, 3 orang uji coba perorangan, 6 orang uji coba kelompok kecil, dan 30 orang uji coba lapangan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, pencatatan dokumen dan kuesioner. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu hasil review ahli isi pembelajaran memperoleh skor 90% (berkualifikasi sangat baik), hasil review ahli desain pembelajaran memperoleh skor 93,3% (berkualifikasi baik), hasil review ahli media pembelajaran memperoleh skor 94% (berkualifikasi sangat baik), hasil uji coba perorangan memperoleh persentase skor 96,6% (berkualifikasi sangat baik), hasil uji kelompok kecil memperoleh persentase skor 95,5% (berkualifikasi sangat baik), dan hasil uji lapangan memperoleh persentase skor 94,6%  Jadi media video pembelajaran berbasis microlearning pada muatan IPAS layak untuk digunakan. Implikasi penelitian ini yaitu media yang dikembangkan dapat digunakan oleh guru dalam meningkatkan pemahaman siswa pada muatan IPAS.

References

Adnas, D. A. (2022). Perancangan dan Pengembangan Jalur Pembelajaran pada E-Learning Menggunakan Micro-Learning. Journal of Information System and Technology, 3(3), 20. https://doi.org/10.37253/joint.v3i3.7293. DOI: https://doi.org/10.37253/joint.v3i3.7293

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(4), 62–78. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403.

Almelhi, A. M. (2021). Effectiveness of the ADDIE Model within an E-Learning Environment in Developing Creative Writing in EFL Students. English Language Teaching, 14(2), 20. https://doi.org/10.5539/elt.v14n2p20. DOI: https://doi.org/10.5539/elt.v14n2p20

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636

Ariantini, I. P. D., Sudatha, I. G. W., & Tegeh, I. M. (2019). Berbasis Microlearning Pada Kelas IIISekolah Dasar Mutiara Singaraja Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 7(1), 23–32. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/19973/11956.

Astuti, E. P. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 671–680. http://www.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/ article/view/177.

Atmojo, I. R. W., & Rahmawati, F. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534

Aziz, Z. (2019). Fluxus Animasi Dan Komunikasi Di Era Media Baru Digital. Channel: Jurnal Komunikasi, 7(1), 49. https://doi.org/10.12928/channel.v7i1.13017. DOI: https://doi.org/10.12928/channel.v7i1.13017

Azzahra, I., Nurhasanah, A., & Hermawati, E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS di SDN 4 Purwawinangun. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 6230–6238. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1270. DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1270

Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523–534. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Carolin, L. L., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Materi Teknik Dasar Tendangan Pencak Silat Kelas VII SMP Negeri 4 Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(2), 12–18. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.934. DOI: https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.934

Dewantara, P. A. K., & Abadi, I. B. G. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Problem Solving Masalah Sosial Yang Kontekstual Materi IPS Siswa Kelas IV. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32820. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32820

Elpina, N., & Haris, D. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Mobile Berbasis Microlearning dalam Flipbook pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas X di SMAN 1 Sorkam. Journal on Education, 5(2), 3261–3267. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.994. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.994

Fitria, S., & Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Materi Peluang Pada Siswa SMP. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 51–56. https://doi.org/10.31597/ja.v8i1.744.

Hulqi, R. H., & Arifin, M. B. U. B. (2022). Pengembangan Video Animasi Materi Tata Surya Kelas VI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Mi Muhammadiyah 2 Kedungbanteng. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(2), 237. https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i2.12873. DOI: https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i2.12873

Insani, S., & Widayati, W. (2023). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Pendekatan Etnomatematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP. Jurnal Mathematics Education Sigma, 4(1), 2720–9385. https://doi.org/10.30596/jmes.v4i1.11160. DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v4i1.11160

Jannah, I. K. J., & Suciptaningsih, O. A. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis CTL pada Kurikulum Merdeka Muatan IPAS. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6164–6172. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2584. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2584

Lawrence, J. E., & Tar, U. A. (2018). Factors that Influence Teachers’ adoption and Integration of ICT in Teaching/Learning Process. Educational Media International, 55(1), 79–105. https://doi.org/10.1080/09523987.2018.1439712. DOI: https://doi.org/10.1080/09523987.2018.1439712

Mubarok, R. (2021). Dinamika Lembaga Pendidikan Dasar Dalam Pengelolaan Pembelajaran Daring. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 10–20. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i1.1033. DOI: https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i1.1033

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Priantini, Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(2), 238–244. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/JPM. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386

Primadewi, A., & Agustika, S. (2022). Video Animasi Berorientasi Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 167–177. https://doi.org//10.23887/jeu.v10i1.46477.

Putra, I. P. D. P., Priantini, D. A. M. M. O., & Winaya, I. M. A. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 325–338. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.344. DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.344

Putri, D. P. S., & Wiarta, I. W. (2023). E-Book Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Sejarah Kerajaan di Nusantara pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 502–513. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.57747. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.57747

Rahmawati, R., Khaeruddin, & Amal, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.163. DOI: https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.163

Saparuddin, S., & Kaswar, A. B. (2022). Pelatihan Peningkatan Keterampilan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Microlearning menggunakan Aplikasi Bandicam dan Filmora. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(4), 638–647. https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i4.924. DOI: https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i4.924

Seviana, R., Suharto, Y., Rosyida, F., & Masitoh, F. (2023). Aplikasi Volcano Berbasis Android Pada Materi Vulkanisme Sebagai Media Microlearning Geografi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 196–208. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59506. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59506

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, B. H. (2020). Merdeka Belajar di Era Pendidikan 4.0. Merdeka Belajar: Kajian Literatur, 1(1), 184–187. http://proceeding.urbangreen.co.id/index.php/library/ article/view/33.

Siddiq, Y. I., Sudarma, I. K., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928

Styowati, E., & Utami, F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Sains Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2472–2482. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1970. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1970

Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599–603. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952. DOI: https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Widiarti, N. K., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Melalui Media Video Pembelajaran. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 195. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376

Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489

Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2). https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9597.

Yusnidar, Y., & Syahri, W. (2022). Implementasi Microlearning Berbasis Case Study Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Kimia. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 71–77. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1530. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1530

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Aritonang, R., Desak Putu Parmiti, & I Komang Sudarma. (2023). Video Pembelajaran Berbasis Microlearning pada Muatan IPAS. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 3(2), 75–83. https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.63538

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)