Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Microlearning Pada Muatan IPAS Kelas IV SD Negeri 4 Panji
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.63538Kata Kunci:
Video Pembelajaran, ADDIE, Microlearning, IPASAbstrak
Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh minimnya media pembelajaran khususnya dalam muatan IPAS, yang menyebabkan siswa sulit untuk memahami materi. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan video pembelajaran berbasis microlearning. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur model ADDIE. Subek uji coba penelitian ini yaitu 1 orang ahli isi pembelajaran, 1 orang ahli desain pembelajaran, 1 orang ahli media pembelajaran, 3 orang uji coba perorangan, 6 orang uji coba kelompok kecil, dan 30 orang uji coba lapangan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, pencatatan dokumen dan kuesioner. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu hasil review ahli isi pembelajaran memperoleh skor 90% (berkualifikasi sangat baik), hasil review ahli desain pembelajaran memperoleh skor 93,3% (berkualifikasi baik), hasil review ahli media pembelajaran memperoleh skor 94% (berkualifikasi sangat baik), hasil uji coba perorangan memperoleh persentase skor 96,6% (berkualifikasi sangat baik), hasil uji kelompok kecil memperoleh persentase skor 95,5% (berkualifikasi sangat baik), dan hasil uji lapangan memperoleh persentase skor 94,6% Jadi media video pembelajaran berbasis microlearning pada muatan IPAS layak untuk digunakan. Implikasi penelitian ini yaitu media yang dikembangkan dapat digunakan oleh guru dalam meningkatkan pemahaman siswa pada muatan IPAS
Referensi
Adnas, D. A. (2022). Perancangan dan Pengembangan Jalur Pembelajaran pada E-Learning Menggunakan Micro-Learning. Journal of Information System and Technology, 3(3), 20. https://doi.org/10.37253/joint.v3i3.7293. DOI: https://doi.org/10.37253/joint.v3i3.7293
Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(4), 62–78. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403.
Almelhi, A. M. (2021). Effectiveness of the ADDIE Model within an E-Learning Environment in Developing Creative Writing in EFL Students. English Language Teaching, 14(2), 20. https://doi.org/10.5539/elt.v14n2p20. DOI: https://doi.org/10.5539/elt.v14n2p20
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636
Ariantini, I. P. D., Sudatha, I. G. W., & Tegeh, I. M. (2019). Berbasis Microlearning Pada Kelas IIISekolah Dasar Mutiara Singaraja Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 7(1), 23–32. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/19973/11956.
Astuti, E. P. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 671–680. http://www.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/ article/view/177.
Atmojo, I. R. W., & Rahmawati, F. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Aziz, Z. (2019). Fluxus Animasi Dan Komunikasi Di Era Media Baru Digital. Channel: Jurnal Komunikasi, 7(1), 49. https://doi.org/10.12928/channel.v7i1.13017. DOI: https://doi.org/10.12928/channel.v7i1.13017
Azzahra, I., Nurhasanah, A., & Hermawati, E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS di SDN 4 Purwawinangun. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 6230–6238. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1270. DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1270
Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523–534. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Carolin, L. L., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Materi Teknik Dasar Tendangan Pencak Silat Kelas VII SMP Negeri 4 Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(2), 12–18. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.934. DOI: https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.934
Dewantara, P. A. K., & Abadi, I. B. G. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Problem Solving Masalah Sosial Yang Kontekstual Materi IPS Siswa Kelas IV. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32820. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32820
Elpina, N., & Haris, D. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Mobile Berbasis Microlearning dalam Flipbook pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas X di SMAN 1 Sorkam. Journal on Education, 5(2), 3261–3267. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.994. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.994
Fitria, S., & Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Materi Peluang Pada Siswa SMP. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 51–56. https://doi.org/10.31597/ja.v8i1.744.
Hulqi, R. H., & Arifin, M. B. U. B. (2022). Pengembangan Video Animasi Materi Tata Surya Kelas VI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Mi Muhammadiyah 2 Kedungbanteng. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(2), 237. https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i2.12873. DOI: https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i2.12873
Insani, S., & Widayati, W. (2023). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Pendekatan Etnomatematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP. Jurnal Mathematics Education Sigma, 4(1), 2720–9385. https://doi.org/10.30596/jmes.v4i1.11160. DOI: https://doi.org/10.30596/jmes.v4i1.11160
Jannah, I. K. J., & Suciptaningsih, O. A. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis CTL pada Kurikulum Merdeka Muatan IPAS. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6164–6172. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2584. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2584
Lawrence, J. E., & Tar, U. A. (2018). Factors that Influence Teachers’ adoption and Integration of ICT in Teaching/Learning Process. Educational Media International, 55(1), 79–105. https://doi.org/10.1080/09523987.2018.1439712. DOI: https://doi.org/10.1080/09523987.2018.1439712
Mubarok, R. (2021). Dinamika Lembaga Pendidikan Dasar Dalam Pengelolaan Pembelajaran Daring. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 10–20. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i1.1033. DOI: https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i1.1033
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Priantini, Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(2), 238–244. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/JPM. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386
Primadewi, A., & Agustika, S. (2022). Video Animasi Berorientasi Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 167–177. https://doi.org//10.23887/jeu.v10i1.46477.
Putra, I. P. D. P., Priantini, D. A. M. M. O., & Winaya, I. M. A. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 325–338. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.344. DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.344
Putri, D. P. S., & Wiarta, I. W. (2023). E-Book Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Sejarah Kerajaan di Nusantara pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 502–513. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.57747. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.57747
Rahmawati, R., Khaeruddin, & Amal, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.163. DOI: https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.163
Saparuddin, S., & Kaswar, A. B. (2022). Pelatihan Peningkatan Keterampilan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Microlearning menggunakan Aplikasi Bandicam dan Filmora. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(4), 638–647. https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i4.924. DOI: https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i4.924
Seviana, R., Suharto, Y., Rosyida, F., & Masitoh, F. (2023). Aplikasi Volcano Berbasis Android Pada Materi Vulkanisme Sebagai Media Microlearning Geografi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 196–208. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59506. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59506
Sherly, Dharma, E., & Sihombing, B. H. (2020). Merdeka Belajar di Era Pendidikan 4.0. Merdeka Belajar: Kajian Literatur, 1(1), 184–187. http://proceeding.urbangreen.co.id/index.php/library/ article/view/33.
Siddiq, Y. I., Sudarma, I. K., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928
Styowati, E., & Utami, F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Sains Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2472–2482. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1970. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1970
Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599–603. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952. DOI: https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Widiarti, N. K., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Melalui Media Video Pembelajaran. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 195. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376
Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489
Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2). https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9597.
Yusnidar, Y., & Syahri, W. (2022). Implementasi Microlearning Berbasis Case Study Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Kimia. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 71–77. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1530. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1530
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)