Model Inquiry-Based Virtual Lab terhadap Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Efikasi Diri Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.79818Keywords:
inquiry-based virtual lab model, direct instruction-based virtual lab model, learning outcomes, creative thinking abilities, self-efficacyAbstract
Kurangnya kreativitas dan inovasi guru dalam menerapkan model pembelajaran fisika yang terintegrasi dengan teknologi masih menjadi permasalahan dalam pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan hasil belajar, kemampuan berpikir kreatif, dan efikasi diri peserta didik pada pelajaran fisika antara dua kelompok model pembelajaran yaitu inquiry-based virtual lab (Inquiry-VL) sebagai kelompok eksperimen dan direct instruction-based virtual lab (DI-VL) sebagai kelompok kontrol. Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas XI, yang melibatkan 129 peserta didik. Metode pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda diperluas, kemampuan berpikir kreatif menggunakan tes uraian, dan efikasi diri menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan MANCOVA dengan batas signifikansi 5%. Hasil menunjukkan perbedaan signifikan secara keseluruhan antara kedua kelompok. Kelompok Inquiry-VL menunjukkan hasil belajar, kemampuan berpikir kreatif, dan efikasi diri yang lebih tinggi daripada kelompok DI-VL. Implikasinya, pembelajaran fisika dengan model Inquiry-VL lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif dan efikasi diri peserta didik.
References
Agustina, F. R., & Dwikoranto. (2021). Development of STEM model student worksheets with PhET simulation on Hooke’s law material to improve the ability students’ critical thinking. Journal of Physics: Conference Series, 2110(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2110/1/012023.
Al-Ahdal, A. A. M. H., & Abduh, M. Y. M. (2021). English Writing Proficiency and Apprehensions Among Saudi College Students: Facts and remedies. TESOL International Journal, 16(1), 34–56. https://www.researchgate.net/profile/Mariam-Abduh/publication/348327244.
Annisa, N. & Simbolon, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ipa Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry Pada Materi Gaya Di Kelas Iv Sd Negeri 101776 Sampali. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 8(2), 217–229. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.10199.
Asih, N., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435–446. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.534.
Astuti, L. I. N. S. (2017). Penguasaan Konsep IPA Ditinjau Dari Konsep Diri. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 40–48. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1293.
Birhan, W., Shiferaw, G., Amsalu, A., Tamiru, M., & Tiruye, H. (2021). Exploring the context of teaching character education to children in preprimary and primary schools. Social Sciences & Humanities Open, 4(1). https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100171.
Bosica, J., Pyper, J. S., & MacGregor, S. (2021). Incorporating problem-based learning in a secondary school mathematics preservice teacher education course. Teaching and Teacher Education, 102, 103335. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103335.
Cantú-Ortiz, F. J., Galeano Sánchez, N., Garrido, L., Terashima-Marin, H., & Brena, R. F. (2020). An artificial intelligence educational strategy for the digital transformation. International Journal on Interactive Design and Manufacturing, 14(4), 1195–1209. https://doi.org/10.1007/s12008-020-00702-8.
Destiansari, E., Amizera, S., Anggraini, N., & Arifin, Z. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Digital Berbantuan Virtual Laboratorium pada Materi Pencemaran Air. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 10(2), 736. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v10i2.6104.
Goeltz, J. C., & Cuevas, L. A. (2021). Guided inquiry activity for teaching titration through total titratable Acidity in a general chemistry laboratory course. Journal of Chemical Education, 98(3), 882–887. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.0c01198.
Hamdani, M. S., Wardani, M., & Widi, K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 5 untuk Peningkatan Keterampilan Kolaborasi. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 440. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21778.
Hasanah, V., & Supriansyah, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) Berbantu Media Audio Visual Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6893–6899. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3411.
Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39–53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482.
Kapilan, N., Vidhya, P., & Gao, X.-Z. (2021). Virtual laboratory: A boon to the mechanical engineering education during covid-19 pandemic. Higher Education for the Future, 8(1), 31–46. https://doi.org/10.1177/2347631120970757.
Khairunisa, D. (2020). Menumbuhkan Karakter Kreatif dan Peduli Melalui Project Based Learning Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 3(1), 85–101. https://doi.org/10.47239/jgdd.v3i1.188.
Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Doubleclick: Journal of Computer and Information Technology. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540.
Lin, K. Y., Hsiao, H. S., Williams, P. J., & Chen, Y. H. (2019). Effects of 6E-oriented STEM Practical Activities in Cultivating Middle School Students’ Attitudes toward Technology and Technological Inquiry Ability. Research in Science and Technological Education, 1–18. https://doi.org/10.1080/02635143.2018.1561432.
Luki, N., & Kustijono, R. (2017). Pengembangan Laboratorium Virtual Berbasis Algodoo Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pokok Bahasan Gerak Parabola. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 06(03), 27–35. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/19846/18158.
Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid – 19 : Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 90–98. https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.31311.
Nurfahzuni, D., & Budiyanto, M. (2023). Implementasi Guided Inquiry Learning Berbantuan Simulasi Interaktif Phet Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 11(1), 53–60. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/46672.
Prabowo, C. A., Ibrohim., & Saptasari, M. (2016). Pengembangan modul pembelajaran inkuiri berbasis laboratorium virtual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6), 1090–1097. https://doi.org/10.17977/jp.v1i6.6422.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). 21st Century Science Learning with Students’ Scientific Literacy. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34–42. https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612.
Prayogi, R. D. (2020). Kecakapan abad 21: Kompetensi digital pendidik masa depan. Manajemen Pendidikan, 14(2). https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.9486.
Pulkkinen, J., & Rautopuro, J. (2022). The correspondence between PISA performance and school achievement in Finland. International Journal of Educational Research, 114. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2022.102000.
Purnamawati, D., Ertikanto, C., & Suyatna, A. (2017). Keefektifan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 209–219. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.2070.
Putri, Y. A., Ekawati, E. Y., & Pujayanto, P. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis LCDS dengan Model Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Hukum Gravitasi Newton. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 11(1), 1. https://doi.org/10.20961/jmpf.v11i1.47235.
Ristina, K. dan A., & W. (2020). Desain Pembelajaran Virtual Laboratorium Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Indonesian Journal of Science Education, 8(1), 114–127. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15761.
Roebianto, A. (2020). The Effects of Student’s Attitudes and Self-Efficacy on Science Achievement. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 9(1), 1–10. https://doi.org/10.15408/jp3i.v9i1.14490.
Rohmantika, N., & Pratiwi, U. (2022). Pengaruh Metode Eksperimen Dengan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Lontar Physics Today, 1(1), 9 – 17. https://doi.org/10.26877/lpt.v1i1.10340.
Roosyanti, A. (2022). Interactive Simulations Sebagai Laboratorium Virtual Pada Pembelajaran Sains Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 121–135. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/26794.
Sari, N. F. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Pada Sub Bab Materi Pokok Sistem Respirasi Pada Manusia di Kelas XI SMA Swasta Medan Putri Tahun Pembelaja. Edu Science, 4(2), 18–24. https://doi.org/10.36987/jes.v4i2.935.
Simonton, K. L., Layne, T. E., & Irwin, C. C. (2021). Project-based learning and its potential in physical education: an instructional model inquiry. Curriculum Studies in Health and Physical Education, 12(1), 36–52. https://doi.org/10.1080/25742981.2020.1862683.
Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159–170. https://doi.org/10.47492/JIP.V1I3.63.
Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi Digital Abad 21 Bagi Mahasiswa PGSD: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Conference Series Journal, 1(1), 1–7. https://www.researchgate.net/profile/Dewi-Rachmatin-2/publication/341786748.
Sukmawijaya, Y., Suhendar, & Juhanda, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Stem-Pjbl Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. BioEdUIN, 9(9), 28–43. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v9i2.5893.
Sumaeni, B., Sutrio, & Gunada, I. W. (2022). Pengembangan E-Learning Fisika Berbasis Masalah Berbantuan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1913–1920. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.748.
Sumarni, R. A., Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., Sulisworo, D., & Toifur, M. (2020). Analisis Kebutuhan Guru Smp Mengenai Metode Pembelajaran Flipped Classroom. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 236–242. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.3168.
Sumarno. (2019). Pembelajaran kompetensi abad 21 menghadapi era Society 5.0. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 272–287. http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/28.
Susilaningsih, E., Drastisianti, a., Lastri, Kusumo, E., & Alighiri, D. (2019). The analysis of concept mastery using redox teaching materials with multiple representation and contextual teaching learning approach. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 475–481. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i4.18072.
Tanjung, R., & Aritonang, H. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatn Peserta Didik (LKPD) Berbasis Virtual Laboratorium pada Materi Optik. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 7(4), 1–13. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43853.
Tschand, M., Mayer, B., & Sorkoa, S. R. (2020). An interdisciplinary digital learning and research factory: The Smart Production Lab. Procedia Manufacturing, 45, 491–496. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.04.061.
Widyastono, H. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Sekolah Menengah pertama Negeri Akreditasi A di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Kwangsan, 5(1), 21–38. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v5i1.37.
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735.
Zubaidah, S. (2019). Pendidikan Karakter Terintegrasi Keterampilan Abad ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 1–24. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.125.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)