Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.63116Kata Kunci:
Kooperatif Tipe Jigsaw, Powerpoint, Kemampuan Kolaborasi, Hasil Belajar IPAAbstrak
Penggunaan model pembelajaran yang belum menciptakan suasana belajar yang inovatif dan kreatif sehingga mengakibatkan siswa menjadi pasif dalam proses pembelajaran dan berdampak pada kemampuan kolaborasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media powerpoint terhadap kemampuan kolaborasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas V Sekolah Dasar. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling. Data kemampuan kolaborasi dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar IPA dengan tes pilihan ganda. Data dianalisis secara deskriptif dan Multivariate Analysis of Variance dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini berimplikasi pada proses pembelajaran yang dapat digunakan untuk bahan umpan balik guru serta model pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa.
Referensi
Agusta, E. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Algoritma: Journal of Mathematics Education, 2(2), 145–165. https://doi.org/10.15408/ajme.v2i2.17819. DOI: https://doi.org/10.15408/ajme.v2i2.17819
Aji, T. P., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Office Administration : Education and Practice, 1(3), 340–350. https://doi.org/10.26740/joaep.v1n3.p340-350. DOI: https://doi.org/10.26740/joaep.v1n3.p340-350
Alfaeni, D., Nurkanti, M., & Halimah, M. (2022). Kemampuan Kolaborasi Siswa Melalui Model Project Based Learning Menggunakan Zoom Pada Materi Ekosistem. Bioedukasi (Jurnal Pendidikan Biologi), 13(2), 143. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v13i2.6330. DOI: https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v13i2.6330
Alfazr, A. S., Gusrayani, D., & Sunarya, D. T. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menemukan Kalimat Utama Pada Tiap Paragraf. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 111–120. https://doi.org/10.17509/jpi.v1i1.2937.
Anitra, R. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 8. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2311. DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2311
Ariyanto, S. R., & Muslim, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMK Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Vokasi Teknik Otomotif, 1(1), 25–33. https://www.researchgate.net/publication/340844202.
Aryana, S., Subyantoro, S., & Pristiwati, R. (2022). Tuntutan Kompetensi Guru Profesional Bahasa Indonesia dalam Menghadapi Abad 21. Semantik, 11(1), 71–86. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p71-86. DOI: https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p71-86
Asmara, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(1), 36–45. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1286. DOI: https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1286
Atikasari, Y., & Desstya, A. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Literasi Sains Materi Sistem Pencernaan Manusia bagi Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6638–6645. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3336. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3336
Atminingsih, D., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17560.
Chan, E. Y. M. (2019). Blended Learning Dilemma: Teacher Education in the Confucian Heritage Culture. Australian Journal of Teacher Education (Online), 44(1), 36–51. https://doi.org/10.14221/ajte.2018v44n1.3. DOI: https://doi.org/10.14221/ajte.2018v44n1.3
Chang, W.-L., & Benson, V. (2022). Jigsaw Teaching Method for Collaboration on Cloud Platforms. Innovations in Education and Teaching International, 59(1), 24–36. https://doi.org/10.1080/14703297.2020.1792332. DOI: https://doi.org/10.1080/14703297.2020.1792332
Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis RME Materi Aljabar Kelas VII SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217. https://doi.org/ 10.31941/delta.v8i2.1039. DOI: https://doi.org/10.31941/delta.v8i2.1039
Djamani, W., & Maruti, E. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw disertai Media Power Point Tema Makanan Sehat Kelas V SDN 01 Pandean. Jurnal Pendidikan & Pengajaran (JUPE2), 1(1), 49–54. https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i1.88. DOI: https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i1.88
Fratiwi, E., Syah, H., & Muhsan, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Roll Depan. Sportify Journal, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.36312/sfj.v1i1.3. DOI: https://doi.org/10.36312/sfj.v1i1.3
Gustientiedina, G., & Jalinus, Ni. (2020). Mengembangkan Ketrampilan Berpikir Kritis melalui Kolaborasi Model Jigsaw dengan Model Problem-Based Learning. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(3), 43–52. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i3.745. DOI: https://doi.org/10.24036/invotek.v20i3.745
Handayani, T. W. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Di SD. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 6(2), 130–153. https://doi.org/10.35438/e.v6i2.94. DOI: https://doi.org/10.35438/e.v6i2.94
Hapsari, E. E., Sumantri, M. S., & Astra, I. M. (2020). Strategi Guru Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan Saintifik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 850–860. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.171. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.171
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236. DOI: https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Hasibuan, D. T., & Diahningsih, R. H. (2020). Pengemasan Pembelajaran Tatak Tintoa Ser-Ser dalam Media Pembelajaran Powerpoint Stand Alone Untuk Siswa Kelas X SMA di Medan. Gesture: Jurnal Seni Tari, 9(2), 240–249. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gesture/article/view/20452/14357. DOI: https://doi.org/10.24114/senitari.v9i2.20452
Hikmat, A. S., Darmawan, D., Asy’ari, L., & Tetep, T. (2020). Penggunaan Multimedia Presentasi Powerpoint 2016 untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Prosedur Bahasa Inggris. Teknologi Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/10.31980/tp.v5i1.810.
Ichsan, I. Z., Dewi, A. K., Hermawati, F. M., & Iriani, E. (2018). Pembelajaran IPA dan Lingkungan: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran pada SD, SMP, SMA di Tambun Selatan, Bekasi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 131–140. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.682. DOI: https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.682
Iskandar, R., & Kusmayanti, I. (2018). Pendekatan Science Technology Society: IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(02). https://doi.org/10.31326/jipgsd.v2i02.129.
Jalmo, T., Fitriyani, D., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(3), 77–87. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/17480.
Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan penerapan model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103–111. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111
Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, D. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 279–295. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2704. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2704
Kusuma, A. W. (2018). Meningkatkan Kerjasama Siswa dengan Metode Jigsaw. Konselor, 7(1), 26–30. https://doi.org/10.24036/02018718458-0-00. DOI: https://doi.org/10.24036/02018718458-0-00
Maesaroh, S., & Mulyadiprana, A. (2020). Rancangan Multimedia Interaktif tentang Pantun untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 133–142. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i3.25338. DOI: https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i3.25338
Mawaddah, A., Wardah, A., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109–3116. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1288. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1288
Muliani, N. K. D., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107–114. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17664. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17664
Negara, I. P. A. S., Kristiantari, M. G. R., & Saputra, K. A. (2021). Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 403–413. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.38185
Ni Made Arini, N. M. A., & Sudatha, I. G. W. (2023). Bahan Ajar Muatan IPS Berpendekatan Heutagogy Berbasis Kearifan Lokal Bali Sistem Subak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 623–635. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.57798. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.57798
Noge, M. D., Tegu, Y. I., & Kaka, P. W. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle dalam Pembelajaran Bilingual terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 451–459. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2640. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2640
Nursyaida, N., & Hardiyanti, A. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD 128 Turungan Beru Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 71–76. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3092. DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3092
Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 811–819. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371. DOI: https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371
Portanata, L., Lisa, Y., & Awang, I. S. (2017). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1). https://doi.org/10.31932/jpdp.v3i1.53.
Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36–40. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111. DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111
Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185
Safrida, M., & Kistian, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway XVI. Bina Gogik, 7(1), 53–65. https://ojs.unm.ac.id/pjp/article/view/26464.
Sappe, I., Ernawati, E., & Irmawanty, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V sdn 231 Inpres Kapunrengan Kecamatan Mangarabombang Kabupaten takalar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(2), 530. https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i2.1419. DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i2.1419
Sari, R. I., Niswah, C., & Sofyan, F. A. (2022). Hubungan Pembelajaran Collaborative Learning Terhadap Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Muslimat NU 2 Palembang. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 1105–1113. https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/240.
Slam, Z. (2020). Implementasi Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Kolaborasi Peserta Didik Melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Civic Hukum, 5(2), 125–135. https://doi.org/10.22219/jch.v5i2.11117. DOI: https://doi.org/10.22219/jch.v5i2.11117
Starkey, L. (2020). A Review of Research Exploring Teacher Preparation For The Digital Age. Cambridge Journal of Education, 50(1), 37–56. https://doi.org/10.1080/0305764X.2019.1625867. DOI: https://doi.org/10.1080/0305764X.2019.1625867
Utami, L. P. S. D. P., Astawan, I. G., & Krisnaningsih, M. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik pada Muatan Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 363–372. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.35577. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.35577
Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, & Anar, A. P. (2020). Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21 : Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar dikuasai siswa dalam menghadapi abad 21 hanyalah kemampuan terhadap teknologi dan. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 186–198. https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3868. DOI: https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3868
Widura, I. D. G. S., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 190–199. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35695
Yudhanegara, F., Susilo, S. V., & Astuti, E. D. (2019). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1480. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1480
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)