PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MEMBACA CERITA BAHASA INGGRIS BAGI GURU SD DI KECAMATAN SERIRIT
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v7i2.15453Abstract
Terbatasnya media pembelajaran khusus untuk pelajaran bahasa Inggris serta kurangnya kemampuan guru dalam memaksimalkan penggunaan media menyisakan masalah di sekolah-sekolah dasar di Kecamatan Seririt. Selama ini proses pembelajaran di sekolah dasar di Seririt hanya menggunakan flash cards yang terbatas dan penggunaan media lain dalam proses pembelajaran belum dimaksimalkan oleh guru. Berdasarkan uraian tersebut, dipandang perlu untuk mengadakan pelatihan dan pendampingan terkait penggunaan media, seperti misalnya penggunaan buku cerita dalam pengajaran. Pengajaran bahasa Inggris dengan media buku cerita, baik bagi kemampuan bahasa Inggris maupun pendidikan karakter siswa bersangkutan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan yakni, metode pelatihan, diskusi dan pendampingan. Dalam pelaksanaan kegiatan, dilakukan pula observasi guna mengamati ketekunan, keseriusan, kejujuran, serta tanggung jawab peserta pelatihan. Penilaian dilakukan dengan melihat aspek-aspek sikap peserta yang mencirikan perilaku dan kemampuan peserta. Pada akhir pelatihan, diperoleh hasil bahwa kemampuan membacakan cerita bahasa inggris guru-guru pada saat pelatihan oleh kelompok peserta masuk dalam kriteria Baik. Untuk itu, pendampingan lebih lanjut guna meningkatkan kemampuan guru masih diperlukan.References
Amstrong, Thomas. 2002. Setiap Anak Cerdas: Panduan Membantu Anak Belajar dengan Memanfaatkan Multiple Intelligence-nya. (alih bahasa: Rina Buntaran). Jakarta: PT Gramedia.
Curtain, Helena & Pesola, Carol A.B. 1994. Languages and Children. New York: Longman Publishing Group
Departemen Pedidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 1992. Kebijakan Depdikbud RI No. 0487/4/1992, Bab VIII
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 1993. Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 060/U/1993 tanggal 25 Februari 1993
Moon, Jayne. 2000. Children Learning English. Oxford: Macmillan Publishers Limited.
Reilly, Vanessa & Ward, Sheila M. 1997. Very Young Learners. Oxford: Oxford University Press
Ur, Penny. 1996. A Course in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)