PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MEMBACA CERITA BAHASA INGGRIS BAGI GURU SD DI KECAMATAN SERIRIT

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v7i2.15453

Abstrak

Terbatasnya media pembelajaran khusus untuk pelajaran bahasa Inggris serta kurangnya kemampuan guru dalam memaksimalkan penggunaan media menyisakan masalah di sekolah-sekolah dasar di Kecamatan Seririt. Selama ini proses pembelajaran di sekolah dasar di Seririt hanya menggunakan flash cards yang terbatas dan penggunaan media lain dalam proses pembelajaran belum dimaksimalkan oleh guru. Berdasarkan uraian tersebut, dipandang perlu untuk mengadakan pelatihan dan pendampingan terkait penggunaan media, seperti misalnya penggunaan buku cerita dalam pengajaran. Pengajaran bahasa Inggris dengan media buku cerita, baik bagi kemampuan bahasa Inggris maupun pendidikan karakter siswa bersangkutan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan yakni, metode pelatihan, diskusi dan pendampingan. Dalam pelaksanaan kegiatan, dilakukan pula observasi guna mengamati ketekunan, keseriusan, kejujuran, serta tanggung jawab peserta pelatihan. Penilaian dilakukan dengan melihat aspek-aspek sikap peserta yang mencirikan perilaku dan kemampuan peserta. Pada akhir pelatihan, diperoleh hasil bahwa kemampuan membacakan cerita bahasa inggris guru-guru pada saat pelatihan oleh kelompok peserta masuk dalam kriteria Baik. Untuk itu, pendampingan lebih lanjut guna meningkatkan kemampuan guru masih diperlukan.

Referensi

Amstrong, Thomas. 2002. Setiap Anak Cerdas: Panduan Membantu Anak Belajar dengan Memanfaatkan Multiple Intelligence-nya. (alih bahasa: Rina Buntaran). Jakarta: PT Gramedia.

Curtain, Helena & Pesola, Carol A.B. 1994. Languages and Children. New York: Longman Publishing Group

Departemen Pedidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 1992. Kebijakan Depdikbud RI No. 0487/4/1992, Bab VIII

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 1993. Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 060/U/1993 tanggal 25 Februari 1993

Moon, Jayne. 2000. Children Learning English. Oxford: Macmillan Publishers Limited.

Reilly, Vanessa & Ward, Sheila M. 1997. Very Young Learners. Oxford: Oxford University Press

Ur, Penny. 1996. A Course in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press

Diterbitkan

2018-12-31

Terbitan

Bagian

Articles