PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK IPA BERBASIS INKUIRI TEBIMBING UNTUK SISWA SMP PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK

Authors

  • R.M.R. Waruwu Universitas Pendidikan Ganesha
  • K. Selamet Universitas Pendidikan Ganesha
  • P.P. Juniartina Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppii.v12i1.56547

Keywords:

Cahaya dan Alat Optik; Inkuiri Terbimbing; LKPD Elektronik IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, kavalidan, kepraktisan, dan keterbacaan LKPD elektronik berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa SMP pada materi cahaya dan alat optik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahapan pengembangan yaitu (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementations), dan (5) evaluasi (evaluation). Penelitian pengembangan ini hanya dilakukan sampai tahap develop dikarenakan waktu penelitian hanya sampai satu semester. Subjek penelitian melibatkan dua orang ahli pendidikan IPA untuk uji kevalidan, dua orang guru IPA untuk uji kepraktisan, dan 10 orang peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 6 Singaraja untuk uji keterbacaan. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data hasil penelitian yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Karakteristik LKPD elektronik yang dikembangkan, yaitu (1) memiliki lima judul kegiatan praktikum, (2) menggunakan langkah-langkah model pembelajaran inkuiri terbimbing (3) berisikan petunjuk penggunaan LKPD, (4) Setiap sub materi terdiri atas fitur judul, indikator, tujuan, fenomena, merumuskan masalah hingga menarik kesimpulan. Hasil pengembangan LKPD elektronik diperoleh hasil uji validasi oleh ahli rata-rata 4,3 dengan kriteria sangat valid. Hasil uji kepraktisan oleh guru IPA rata-rata skor 3,9 dengan kriteria praktis. Hasil uji keterbacaan oleh 10 orang peserta didik rata-rata 4,6 dengan kriteria sangat terbaca. Berdasarkan temuan hasil penelitian LKPD elektronik berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa SMP pada materi cahaya dan alat optik dapat diuji ke tahap berikutnya yaitu tahap implementasi dan evaluasi produk.

References

Andrian Y. & Rusman, 2019. Implementasi Pembelajaran Abad 21 Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Volume 12, Nomor 1.

Arihi, L.O.S. & La I., 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Solusindo.

Cahyadi Hari, A.R. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Journal Education. Volume 3.

Kemendikbud, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tersedia dalam: http://lppks.kemdikbud.go.id/uploads/pengumuman/uu no 20 tahun 2003.pdf.

Lovisia, E., 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar. SPEJ (Science and Physics Education Journal). Volume 2. No. 2

Nurdin, S. & Andriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembalajaran. Depok: Rajagrafindo Perseda.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press

Prihastari, B.E. & Ratna, W., 2014. Pelatihan Pembuatan Lember Kerja Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Surakarta di Kecamatan Banjarsari. FKIP, Universitas Slamet Riyadi.

Slemeto, 2010. Belajar dan Faktor-Fakto yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono, 2013. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D Penerbit : Alfabeta Bandung.

Suastra, I.W, 2013. Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Tegeh, I Made, I Nyoman Jampel, Ketut Pudjawan, 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wiyoko, 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zubaidah Siti, dkk, 2014. Ilmu Pengetahuan Alam. Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Balitbang, Kemdikbud.

Downloads

Published

2022-12-31