PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK IPA BERBASIS MASALAH

Authors

  • S.P.S. Narayani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.N. Suardana Universitas Pendidikan Ganesha
  • K. Selamet Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppii.v11i2.60899

Keywords:

Berbasis Masalah, IPA, LKPD Elektronik

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis karakteristik, tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan tingkat keterbacaan lembar kerja peserta didik elektronik IPA berbasis masalah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas tahap Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate namun, dalam penelitian ini dibatasi sampai tahap develop. Subjek penelitian yaitu dua orang ahli Pendidikan IPA untuk uji kevalidan, lima orang guru di SMP Negeri 1 Tembuku untuk uji kepraktisan, dan 10 orang peserta didik kelas VIII semester II di SMP Negeri 1 Tembuku untuk uji keterbacaan. Metode dalam pengambilan data menggunakan teknik angket dengan instrumen yang terdiri atas angket kevalidan, angket kepraktisan, dan angket keterbacaan. Data hasil penelitian ini meliputi karakteristik, kevalidan, kepraktisan, dan keterbacaan LKPD elektronik IPA berbasis masalah. Jenis data yan diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Karakteristik LKPD elektronik IPA yang dikembangkan yaitu (1) LKPD elektronik IPA menyajikan fenomena sehari-hari, (2) disajikan dengan platform Quizizz, (3) dikembangkan dengan pembelajaran berbasis masalah. Tingkat kevalidan LKPD elektronik IPA termasuk dalam kategori kevalidan sangat tinggi dengan skor sebesar 0,90. Tingkat kepraktisan LKPD elektronik IPA tergolong dalam kategori sangat praktis dengan memperoleh rata-rata skor sebesar 4.7. Tingkat keterbacaan LKPD elektronik IPA tergolong sangat terbaca dengan memperoleh rata-rata skor sebesar 4,7. Berdasarkan data hasil penelitian, LKPD elektronik IPA berbasis masalah yang telah dikembangkan layak untuk diujikan ke tahap selanjutnya, yaitu tahap implementasi dan evaluasi. 

References

Ansyah, E. dkk, 2021. Pengembangan LKPD IPA Berbasis Problem Based Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa SMP Kelas VII. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik 2 (3), 283-288, 2021

Ashri, N dan Lilik H. 2015. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu pada Tema Energi dan Lingkungan. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, 469-472,2015

BSNP. 2006. Permendiknas RI Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta

BSNP. 2012. Standar Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : BSNP

Darwanti, A. 2013. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Creative Approach Berbasis Pictorial Riddle Approach pada Siswa Kelas V SD N 03 Karangsari Jatiyoso Tahun Pelajaran 2021/2013. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta :UMS.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar Direktorat Jendarl Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah: Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Hidayatussakinah, dkk. 2021. Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Biolearning Journal 8 (1), 20-21, 2021.

Katriani, L. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Skripsi. Fisika FMIPA, Universitas Negeri Yogyakara.

Kemendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Kompetensi Dasar Pembelajaran IPA pada Kurikulum 2013

Lase, K. N dan Lase, R. K. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Interkasi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Kelas VII SMP. Jurnal JRPP 3 (2), 450-461, 2021

Paat, M. dkk. 2020. Penerapan LKS Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi SMPN 5 Tondano. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 5(2), 469-476, 2021.

Rochman, A.K.J, 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Inkuiri pada Submateri Fotosintesis untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Peserta Didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 10 (3), 663-673, 2021

Sari, Y P. 2019. Pengembangan LKPD Elektronik dengan 3D Pageflip Profesional Berbasis Literasi Sains Pada Materi Gelmbong Bunyi. Skripsi. Lampung. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Setiani, A. dkk. 2019. Persepsi Peserta Didik Terhadap LKPD Terintegrasi STEM pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 5(1), pp.287-293, 2021.

Sukorini, P A. 2019. Kelayakan dan Kepraktisan lembar kegaiatan peserta didik (LKPD) berbasis pembelajaran berbasis masalah (PBL) untuk melatihkan keterampilan penyelesaian masalah pada submateri daur ulang limba peserta didik kelas X SMA. Bioedu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 8 (1),2019

Supiyati, H. dkk. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Guided Inquiry dengan Pendekatan keterampilan Proses Sains Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Natural Science Education Research 2 (1), 59-67, 2019

Suriani, N. K. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia. 9(3), 88-94, 2019

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara

Ulandari, A.., Mitarlis. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berwawasan Green Chemistry untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains pada Materi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 15 (1) 2764-2777, 2021

Widoyoko, S. Eko Putro. 2013. Teknik Penyusunan Instrumen Penilaian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yuliastiawati, A.F. dkk. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah IPA Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Watansoppeng. JURNAL IPA TERPADU. JIT 2(2) (2019)24-32

Downloads

Published

2023-04-26