PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI

Authors

  • D. Ramadhanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • P.P. Juniartina Universitas Pendidikan Ganesha
  • K. Selamet Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppii.v11i1.60845

Keywords:

Abstrak, ADDIE, Augmented Reality, Modul

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul IPA berbantuan Augmented Reality pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi yang valid, praktis dan terbaca. Jenis penelitian ini adalah Research dan Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan ADDIE. Prosedur penelitian ini meliputi (1) tahap analisis (analysis), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (development). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket kebutuhan, angket validasi ahli materi dan media, angket kepraktisan guru, dan angket keterbacaan siswa. Subjek dalam penelitian ini meliputi subjek uji validasi yang terdiri atas 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli media, uji kepraktisan terdiri atas 5 orang guru IPA dan uji keterbacaan melibatkan 16 orang siswa. Pelaksanaan uji kepraktisan dan uji keterbacaan dilaksanakan di SMP Negeri 6 Singaraja Tahun Ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1)  berdasarkan hasil uji validasi oleh ahli materi memperoleh skor penilaian 4,7 dengan kualifikasi sangat valid, (2) berdasarkan hasil uji validasi oleh ahli media memperoleh skor penilaian 4,2 dengan kualifikasi sangat valid, (3) berdasarkan hasil uji kepraktisan oleh praktisi/guru memperoleh skor rata-rata 4,74 dengan kualifikasi sangat praktis, (4) berdasarkan hasil uji keterbacaan oleh siswa memperoleh skor rata-rata 4,5 dengan kualifikasi sangat terbaca. Berdasarkan hasil uji validasi, kepraktisan dan keterbacaan maka Modul IPA berbantuan Augmented Reality pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi dinyatakan valid, praktis dan terbaca untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.

References

Albertus, A. (2020). 12 Aplikasi Pembelajaran daring Kerjasama Kemendikbud, Gratis!.Artikel.https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/22/123204571/12-aplikasi-pembelajaran-daring-kerjasama-kemendikbud-gratis?page=all (diakses pada 31 januari 2022)

Bahtiar, E. T. (2015). Penulisan bahan ajar. In Artikel disajikan dalam kegiatan Conference Paper di Bogor.

Hamalik, O. (2011). Curriculum and learning. Jakarta: Earth script.

Izzati, N. (2015). Pengembangan modul pembelajaran matematika bermuatan emotion quotient pada pokok bahasan himpunan. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 4(2).

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 1(1), 28-43.

Lilisari, L., Supriyanti, S., & Hana, M. N (2016) Students Creative Thinking Enhancement Using Interactive Multimedia of Redox Reaction. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), 30-34

Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru (2007). Republik Indonesia.

Saputro, R. E., & Saputra, D. I. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Buana Informatika, 6(2).

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian PendidikanPendekatan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutopo, A. H. (2003). Multimedia Interaktif dengan Flash. Jakarta: Graha Ilmu

Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM guru dalam pengembangan bahan ajar kreatif inovatif berbasis potensi lokal. Jurnal Dedikasi, 13.

Downloads

Published

2023-04-22