PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENCEMARAN TANAH DAN SAMPAH BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE

Authors

  • I.N. Selamat Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppii.v11i1.60843

Keywords:

Bahan Ajar, Socio-Scientific Issues (SSI), Pencemaran Tanah dan Sampah

Abstract

Socio-Scientific Issues (SSI) merupakan pendekatan aktif untuk belajar, menempatkan konten sains dalam konteks sosial dengan cara memberikan motivasi dan cara belajar sepenuhnya kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pencemarin tanah dan sampah yang valid dan praktis. Produk bahan ajar dikembangkan menggunakan model ADDIE dengan tahapan analysis (analisis), design (desain atau perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Namun, pada penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap development yaitu uji validitas yang dilakukan kepada dua orang ahli, uji kepraktisan penggunaan bahan ajar yang dikembangkan melalui keterbacaan oleh 10 orang mahasiswa, dan uji keefektivan produk yang dihasilkan untuk meningkatkan literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan terkategori sangat valid (3.83) yang berarti produk ini layak digunakan di lapangan dengan melakukan revisi sesuai dengan masukan dan saran yang telah diberikan. Uji kepraktisan memperoleh rata-rata skor 3.58 yang berarti bahan ajar yang dikembangkan praktis digunakan oleh mahasiswa. Hasil bahan ajar yang valid dan praktis ini dilanjutkan pada tahap uji keefektivan produk yang mendapatkan hasil peningkatan literasi sains melalui gain score 0.71 yang berada pada kategori tinggi. 

References

Ahmad, K., & Lestari, I. (2010). Pengembangan Bahan Ajar Perkembangan Anak Usia SD Sebagai Sarana Belajar Mandiri Mahasiswa. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 22(1), 183-193. https://doi.org/10.21009/PIP.222.10

Anagun, S., & Ozden, M. (2010). Teacher Candidate Prespection Regarding Sosiocientific Issue and Their Competeins in Using Sosiocientific Issue in Science and Technology Instruction. Journal of Procedia Sosial and Behaviorial Science, 9(2), 981-983. doi:10.1016/j.sbspro.2010.12.271

Arohman, M., Saefudin, S., & Priyandoko, D. (2016). Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran Ekosistem. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 90-92.

Astari, A., Yuliati, L., & Suwono H. (2017). Tingkat Literasi Siswa SMP Melalui Pembelajaran Inquiry Lesson Berbantuan Peta Konsep. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(12), 1662-1668. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10325

Böttcher, F., & Meisert, A. (2013). Effects of Direct and Indirect Instruction on Fostering Decision-Making Competence in Socioscientific Issues. Research in Science Education, 43(2), 479–506. https://doi.org/10.1007/s11165-011-9271-0

Dick, W. C.L., & Carey, J.O. (1996). The Systematic Design of Instruction. Florida.

Genisa, M.U., Subali, B., Djukri, Agussalim, A., & Habibi, H. (2020). Socio-Scientific Issues Implementation as Science Learning Material. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(2), 311-317. http://doi.org/10.11591/ijere.v9i2.20530

Kartika, I. Kurniasih, S., & Pursitasari, I.D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Socio-Scientific Issues pada Materi Bioteknologi untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Journal of Science Education and Practice, 3(1), 1-12.

DOI: 10.33751/jsep.v3i1.1375

Khozin, M.H. Rahmawati, A., & Wibowo, T. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah Berpendekatan Socioscientific Issue Terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Phenomenon, 10(1), 51-61. DOI: 10.21580/phen.2020.10.1.6039

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D.A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 311-326. DOI: 10.36088/nusantara.v2i2.828

Marks, R. Stuckey, M. Belova, N., & Eilks, I. (2014). The Societal Dimension in German Science Education-From Tradition towards Selected Cases and Recent Developments. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 10(4), 285-296. https://doi.org/10.12973/eurasia.2014.1083a

Nazilah, N. Muharrami, L.K. Irsad, R., & Wulandari, A.Y.R. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Socio-Scientific Issues Pada Materi Pemanasan Global Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Natural Science Education Reseach, 2(1), 8-16. DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v2i1.4162

Isitiana, R., & Herawatia, D. (2019). Student Argumentation Skill Analysis of Socioscientific Issues in Solving Environmental Problems. Journal of Humanities and Social Studies, 3(1), 22–26. DOI: 10.33751/jhss.v3i1.1096

Rohmawati, E., Widodo, W., & Agustini, R. (2018). Membangun Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berkonteks Socio-Scientific Issues Berbantuan Media Weblog. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 8-14. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p8-14

Rostikawati, D.A., & Permanasari, A. (2016). Rekonstruksi Bahan Ajar dengan Konteks Socio-Scientific Issues pada Materi Zat Aditif Makanan untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 156-164. DOI: 10.21831/jipi.v2i2.8814

Sadler, T. D., & Zeidler, D. L. (2011). The Morality of Socioscientific Issues: Construal and Resolution of Genetic Engineering Dilemmas. Science Education, 88(1), 4-27. https://doi.org/10.1002/sce.10101

Sadler, T. D., Romine, W. L., & Topçu, M. S. (2016). Learning Science Content Through Socio-Scientificissues-Based: A Multi-Level Assessment Study. International Journal of Science Education, 38(10), 1622-1635. http://dx.doi.org/10.1080/09500693.2016.1204481

Sadler, T.D. Foulk, J.A., & Friedrichsen, P.J. (2017). Evolution of a model for socio-scientific issue teaching and learning. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 5(2), 75-87. DOI:10.18404/ijemst.55999

Siska, S., Triani, W., Yunita, Y., Maryuningsih, Y., & Ubaidillah, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Socio Scientific Issues. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 22-33. DOI: 10.23971/eds.v8i1.1490

Sudjana, N., & Rivai, A. (2003). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Syofyan, H., & Amir, T. L. (2019). Penerapan Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA untuk Calon Guru IPA SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 35-43. DOI: doi.org/10.21009/JPD.0102.04

Trisianawati, E., Dafrita, I.E., & Darmawan, H. (2019). A Development of Biodiversity Module Based on Socioscientific Issues and Local Potential for Department Students of IKIP PGRI Pontianak. Indonesian Journal of Biology Education, 2(2), 8-13. DOI: 10.31002/ijobe.v2i2.2005

Widodo, C.S., & Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Wongsri, P., & Nuangchalerm, P. (2010). Learning Outcomes between Socioscientific Issues-Based Learning and Conventional Learning Activities. Journal of Social Sciences, 6 (2), 240-243. https://doi.org/10.3844/jssp.2010.240.243

Yahaya, J. M., Nurulazam, A., & Karpudewan, M. (2016). College students’ attitudes towards sexually themed science content: a socioscientific issues approach to resolution. International Journal of Science Education, 38(7), 1174–1196. https://doi.org/10.1080/09500693.2016.1174349.

Zeidler, D.L., & Nicholas, B.H. 2009. Socioscientific issues: Theory and practice. Journal of Elementary Science Education, 21(2), 49-58.

Ziedler, D.L. Sadler, T.D. Simmons, M.L., & Howes, E.V. (2005). Beyond STS: A Research-Based Framework for Socio-scientific Issues Education. Journal of Science Education, 89(3), 357-377.

Downloads

Published

2023-04-22