ETHNO-AUGMENTED REALITY SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN IPA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppii.v11i2.60898Keywords:
Media Pembelajaran IPA Digital, Etnosains, Virtual LaboratoryAbstract
Kurangnya media pembelajaran IPA menjadi salah satu faktor kesulitan belajar siswa. Media pembelajaran diperlukan untuk membantu memahami beberapa konsep IPA yang abstrak. Media pembelajaran IPA digital yang memadukan etnosains dengan teknologi augmented reality diperlukan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP kelas VII. Model ADDIE digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis ethno-augmanted reality ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri atas observasi, wawancara, angket, dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan mengkonversi data validitas dan kepraktisan menggunakan skala Likert. Hasil penelitian pengembangan ini mengungkapkan validitas dan kepraktisan produk yang diuji oleh dosen ahli materi dan ahli media, sebesar 4,58 dan 4,60. Sedangkan, hasil evaluasi kepraktisan dan evaluasi keefektifan dengan pengisian angket respons serta angket pemahaman mendapatkan skor sebesar 4,33 dan 4,17. Berdasarkan penilaian, media ethno-augmented reality pada materi interaksi makhluk hidup yang dikembangkan termasuk ke dalam klasifikasi sangat valid, praktis, dan efektif untuk digunakan siswa sebagai media pembelajaran alternatif IPA digital.
References
Amaliyah, M., Suardana, I N., & Selamet, K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 4(1), 90-101. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33868
Darmastuti, R., Purnomo, J. T., Utami, B.S., & Yulia, H. (2019). Literasi Media Berbasis Kearifan Lokal pada Masyarakat Bali. Jurnal Studi Komunikasi, 3(3), 402-423. DOI:10.25139/jsk.v3i3.1538
Gjelaj, M., Buza, K., Shatri, K., & Zabeli, N. (2020). Digital Technologies in Early Childhood: Attitudes and Practices of Parents and Teachers in Kosovo. International Journal of Instruction, 13(1), 165-184. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13111a
Hadi, W. P., & Ahied, M. (2017). Kajian Ilmiah Proses Produksi Garam di Madura sebagai Sumber Belajaran Kimia. Jurnal Pembelajaran Kimia. 2(2), 1-8. http://dx.doi.org/10.17977/um026v2i22017p001
Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (2021). Manfaat Media Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 1-5. https://doi.org/10.36928/jlpd.v2i2
Jyoti, K. (2021). Virtual Augmented Reality Application and Research in Police Station Management System with Security Aspects. International Journal of Science and Research (IJSR), 10(1), 700-705, https://www.ijsr.net/getabstract.php?paperid=SR21106153844
Muderawan, I W., Wiratma, I G. L., & Nabila, M.Z. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 17-23. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i1.20944
Mustaqim, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elekktro, 1(1), 36-48. https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13267
Rizqi, M., Sukamto, A. S., & Muhardi, H. (2017). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam mata Pelajaran Biologi. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika. 3 (2), 117-118. http://dx.doi.org/10.26418/jp.v3i2.22676
Sintamiati, N N. D., Rati, N W., & Yudiana, K. (2021). Integrasi Kebudayaan Lokal Bali dalam Modul Peduli terhadap Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 4(1), 1-12. http://dx.doi.org/10.23887/jpmu.v4i1
Wenno, I. H., Esomar, K., & Sopacua, V. (2016). Analisis Kesulitan Belajar dan Pencapaian Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri. Cakrawala Pendidikan, 35(3), 378-385. https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.10706
Yoga, A., Astuti, B., & Linuwih, S. (2019). Bahan Ajar IPA Berbasis Etnosains Tema Pemanasan Global untuk siswa SMP Kelas VII. Unnes Physics Education Journal. 8 (1), 54-55. https://doi.org/10.15294/upej.v8i1.29512