ETHNO-AUGMENTED REALITY SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN IPA DIGITAL

Authors

  • N.W.S. Pusparani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.N. Selamat Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppii.v11i2.60898

Keywords:

Media Pembelajaran IPA Digital, Etnosains, Virtual Laboratory

Abstract

Kurangnya media pembelajaran IPA menjadi salah satu faktor kesulitan belajar siswa. Media pembelajaran diperlukan untuk membantu memahami beberapa konsep IPA yang abstrak. Media pembelajaran IPA digital yang memadukan etnosains dengan teknologi augmented reality diperlukan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP kelas VII. Model ADDIE digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis ethno-augmanted reality ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri atas observasi, wawancara, angket, dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan mengkonversi data validitas dan kepraktisan menggunakan skala Likert. Hasil penelitian pengembangan ini mengungkapkan validitas dan kepraktisan produk  yang diuji oleh dosen ahli materi dan ahli media, sebesar 4,58 dan 4,60. Sedangkan, hasil evaluasi kepraktisan dan evaluasi keefektifan dengan pengisian angket respons serta angket pemahaman mendapatkan skor sebesar 4,33 dan 4,17. Berdasarkan penilaian, media ethno-augmented reality pada materi interaksi makhluk hidup yang dikembangkan termasuk ke dalam klasifikasi sangat valid, praktis, dan efektif untuk digunakan siswa sebagai media pembelajaran alternatif IPA digital. 

References

Amaliyah, M., Suardana, I N., & Selamet, K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 4(1), 90-101. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33868

Darmastuti, R., Purnomo, J. T., Utami, B.S., & Yulia, H. (2019). Literasi Media Berbasis Kearifan Lokal pada Masyarakat Bali. Jurnal Studi Komunikasi, 3(3), 402-423. DOI:10.25139/jsk.v3i3.1538

Gjelaj, M., Buza, K., Shatri, K., & Zabeli, N. (2020). Digital Technologies in Early Childhood: Attitudes and Practices of Parents and Teachers in Kosovo. International Journal of Instruction, 13(1), 165-184. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13111a

Hadi, W. P., & Ahied, M. (2017). Kajian Ilmiah Proses Produksi Garam di Madura sebagai Sumber Belajaran Kimia. Jurnal Pembelajaran Kimia. 2(2), 1-8. http://dx.doi.org/10.17977/um026v2i22017p001

Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (2021). Manfaat Media Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 1-5. https://doi.org/10.36928/jlpd.v2i2

Jyoti, K. (2021). Virtual Augmented Reality Application and Research in Police Station Management System with Security Aspects. International Journal of Science and Research (IJSR), 10(1), 700-705, https://www.ijsr.net/getabstract.php?paperid=SR21106153844

Muderawan, I W., Wiratma, I G. L., & Nabila, M.Z. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 17-23. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i1.20944

Mustaqim, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elekktro, 1(1), 36-48. https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13267

Rizqi, M., Sukamto, A. S., & Muhardi, H. (2017). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam mata Pelajaran Biologi. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika. 3 (2), 117-118. http://dx.doi.org/10.26418/jp.v3i2.22676

Sintamiati, N N. D., Rati, N W., & Yudiana, K. (2021). Integrasi Kebudayaan Lokal Bali dalam Modul Peduli terhadap Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 4(1), 1-12. http://dx.doi.org/10.23887/jpmu.v4i1

Wenno, I. H., Esomar, K., & Sopacua, V. (2016). Analisis Kesulitan Belajar dan Pencapaian Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri. Cakrawala Pendidikan, 35(3), 378-385. https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.10706

Yoga, A., Astuti, B., & Linuwih, S. (2019). Bahan Ajar IPA Berbasis Etnosains Tema Pemanasan Global untuk siswa SMP Kelas VII. Unnes Physics Education Journal. 8 (1), 54-55. https://doi.org/10.15294/upej.v8i1.29512

Downloads

Published

2023-04-26