EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA INTERAKTIF BERBASIS GEOGEBRA DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI MAHASISWA PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR

Authors

  • I.G. Arjana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppii.v13i2.68520

Keywords:

Fisika Dasar; GeoGebra; LKM Interaktif

Abstract

Efikasi diri merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan peserta didik dalam mengikuti proses belajar di kelas, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan lembar kerja interaktif berbasis GeoGebra dalam meningkatkan efikasi diri mahasiswa pada mata kuliah fisika dasar. Efikasi diri yang dimaksud adalah keyakinan mahasiswa terhadap kemampuan dirinya dalam mencapai tujuan atau tugas tertentu yang dalam hal ini terfokus pada pemahaman konsep fisika yang dipelajari. Efikasi diri yang tinggi dapat meningkatkan motivasi dan kinerja mahasiswa dalam menyelesaikan tugas atau mencapai tujuan. Penelitian ini dilakukan menggunakan desain eksperimen one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari mahasiswa semester dua yang mengambil mata kuliah fisika dasar. Efikasi diri mahasiswa diukur menggunakan skala efikasi diri mahasiswa sebelum dan setelah perlakuan pada 4 kategori utama yakni (a) keyakinan mengatasi kesulitan dalam memahami konsep fisika dasar, (b) keyakinan dalam berkontribusi pada sesi diskusi kelas tentang fisika dasar, (c) keyakinan dalam menghadapi ujian atau evaluasi fisika dasar, dan (d) keyakinan dalam mengatasi rintangan umum dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam efikasi diri mahasiswa sebelum dan sesudah menggunakan lembar kerja interaktif berbasis GeoGebra (t(39) = 4,319, p < 0,005). Penggunaan lembar kerja interaktif berbasis GeoGebra dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran fisika dasar dan meningkatkan efikasi diri mahasiswa. Penelitian selanjutnya dapat memperluas cakupan dan melibatkan sampel yang lebih besar, serta memperdalam analisis efektivitas penggunaan lembar kerja interaktif berbasis GeoGebra pada pembelajaran fisika dasar.

References

Allwell, A., & Olajumoke, S. C. (2022). International Journal of Social Science and Education Research Studies Effect of Audio-visual Materials on Students’ Achievement in Biological Concepts in College of Education, Oyo. International Journal of Social Science and Education Research Studies , 2(5), 138–142. https://doi.org/10.55677/ijssers/V02I05Y2022-06

Arjana, I. G., & Suastra, I. W. (2022). Pengembangan Simulasi Interaktif Berbasis Geogebra Dalam Mendukung Pelaksanaan Perkuliahan Fisika Mekanika Dasar Berbasis Stem. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 12(3), 99–111. https://doi.org/10.23887/jppii.v12i3.54895

Erika, F., Arifin, Z., & Supardi, I. (2019). Development of Student Worksheet for Improving the Self-efficacy and Ability to Argue of Chemistry Teacher Candidates. Mathematics, Informatics, Science, and Education International Conference, 132–134. https://doi.org/10.2991/miseic-19.2019.31

Firdayati, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Discovery Learning Dengan Geogebra Pada Materi Transformasi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 833. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2899

Lindstrøm, C., & Sharma, M. D. (2011). Self-Efficacy of First Year University Physics Students: Do Gender and Prior Formal Instruction in Physics Matter? In International Journal of Innovation in Science and Mathematics Education, 19(2), 1-19. https://openjournals.library.sydney.edu.au/index.php/CAL/article/view/4770

Luszczynska, A., Scholz, U., & Schwarzer, R. (2005). The general self-efficacy scale: Multicultural validation studies. Journal of Psychology: Interdisciplinary and Applied, 139(5), 439–457. https://doi.org/10.3200/JRLP.139.5.439-457

Ngo, H., & Eichelberger, A. (2021). College Students’ Perceived Self-efficacy and Use of Information and Communication Technologies in EFL Learning. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology (IJEDICT), 17(1), 34–44. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1285493.pdf

Hidayat, F. N., & Tamimuddin, H. M., (2016). Suplemen Tik Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Untuk Pembelajaran Matematika (Dasar). https://pubhtml5.com/ttro/yxli/basic/

Putra, A. H., & Ahmad, R. (2020). Improving Academic Self Efficacy in Reducing First Year Student Academic Stress. Jurnal Neo Konseling, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.24036/00268kons2020

Schwarzer, R., & Jerusalem, M. (1995). General Self-Efficacy Scale. Measures in Health Psychology: A User’s Portfolio. Causal and Control Beliefs, 35–37.

https://www.researchgate.net/publication/284672098_Measures_in_Health_Psychology_A_User's_Portfolio_Causal_and_Control_Beliefs

Solvang, L., & Haglund, J. (2021a). Learning with Friction—Students’ Gestures and Enactment in Relation to a GeoGebra Simulation. Research in Science Education. https://doi.org/10.1007/s11165-021-10017-7

Solvang, L., & Haglund, J. (2021b). How can GeoGebra support physics education in upper-secondary school-a review How can GeoGebra support physics education in upper-secondary school-a review. Physics Education, 56(5), 1-13. https://doi.org/10.1088/1361-6552/ac03fb

Van Dinther, M., Dochy, F., & Segers, M. (2011). Factors affecting students’ self-efficacy in higher education. In Educational Research Review, 6(2), (95–108). https://doi.org/10.1016/j.edurev.2010.10.003

Wilde, N., & Hsu, A. (2019). The influence of general self-efficacy on the interpretation of vicarious experience information within online learning. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 1-20. https://doi.org/10.1186/s41239-019-0158-x

Zetriuslita, Nofriyandi, & Istikomah, E. (2020). The Increasing Self-Efficacy and Self-Regulated through GeoGebra Based Teaching reviewed from Initial Mathematical Ability (IMA) Level. International Journal of Instruction, 14(1), 587–598. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14135A

Downloads

Published

2023-10-13