PENGEMBANGAN SIMULASI INTERAKTIF BERBASIS GEOGEBRA DALAM MENDUKUNG PELAKSANAAN PERKULIAHAN FISIKA MEKANIKA DASAR BERBASIS STEM

Authors

  • I.G. Arjana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.W. Suastra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppii.v12i3.54895

Keywords:

GeoGebra; Simulasi Interaktif; STEM

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran berbasis STEM dalam matakuliah Mekanika (Fisika) Dasar sangat perlu didukung dengan ketersediaan media pembelajaran yang dapat memfasilitasi keterlaksanaan proses belajar mengajar dengan lebih efektif dan efisien. Salah satu media yang dapat digunakan berupa simulasi interaktif berbasis GeoGebra. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototype berupa simulasi interaksi berbasis GeoGebra yang  dikembangkan dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk menelaah kelayakan media simulasi yang dikembangkan dari sisi validitas dan kepraktisannya dalam menunjang keterlaksanaan perkuliahan mekanika dasar. Hasil validasi yang diberikan oleh ahli isi serta ahli media dan desain pembelajaran menyatakan bahwa Simulasi Interaktif Berbasis GeoGebra yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid. Persentase skor rata-rata hasil penilaian dari ahli adalah sebesar 98% untuk validitas dari segi konten/isi, 84% untuk validitas dari ahli media dan 90% untuk validitas desain pembelajaran. Kelayakan simulasi ini juga didukung oleh hasil uji coba terbatas yang sudah dilakukan, dimana hasilnya menunjukkan bahwa Simulasi berbasis GeoGebra yang dibuat sudah memenuhi syarat kepraktisan baik dari sisi penyajian konten maupun dari sisi tampilan dan desain simulasi.

 

References

Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. In American International Journal of Contemporary Research (Vol. 5, Issue 6). www.aijcrnet.com

Allen, M. (2017). Designing Online Asynchronous Information Literacy Instruction Using the ADDIE Model. In Distributed Learning: Pedagogy and Technology in Online Information Literacy Instruction (pp. 69–91). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-100598-9.00004-0

Ardianto, D., Firman, H., Permanasari, A., & Ramalis, T. R. (2019). What is Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) Literacy? Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 381–384. https://doi.org/10.2991/aes-18.2019.86

DeCoito, I., & Richardson, T. (2016). Using Technology to Enhance Science Literacy, Mathematics Literacy, or Technology Literacy. In M. J. Urban & D. A. Falvo (Eds.), Improving K-12 STEM Education Outcomes through Technological Integration. IGI Global.

Guncaga, J., & Majherová, J. (2012). GeoGebra as a motivational tool for teaching and learning in Slovakia. North American GeoGebra Journal, 1(1).

Handayani, R. D. (2017). Analisis Motivasi Intrinsik Dan Ekstrinsik Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Kependidikan, 1(2), 320–333.

Hidayat, F. N., & Muh Tamimuddin. (2015). Suplemen TIK Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Untuk Pembelajaran Matematika (Dasar). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lawless, K. A., Brown, S. W., & Boyer, M. A. (2016). Educating students for STEM literacy: GlobalEd 2. In R. D. Lansiquot (Ed.), Technology, Theory, and Practice in Interdisciplinary STEM Programs: Connecting STEM and Non-STEM Approaches. Palsgrave Macmillan.

Lee, Y. F., Guo, Y., & Ho, H. (2008). Explore Effective Use of Computer Simulations for Physics Education. Journal of Computers in Mathematics and Science Teaching, 27(4), 443–466.

Linnenbrink-Garcia, L., Patall, E. A., & Pekrun, R. (2016). Adaptive Motivation and Emotion in Education: Research and Principles for Instructional Design. Policy Insights from the Behavioral and Brain Sciences, 3(2), 228–236. https://doi.org/10.1177/2372732216644450

Marciuc, D., Miron, C., & Barna, E. S. (2016). Using GeoGebra software in the teaching of oscillatory motions. Romanian Reports in Physics, 68(3), 1296-1311.

Muyassarah, A., Ratu, T., & Erfan, M. (2019). Pengaruh Pembelajaran Fisika Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Motorik Siswa. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya).

Schunk, D., Meece, J., & Pintrich, P. (2014). Motivation in Education Theory, Research and Applications (4th ed.). Pearson Education Limited.

Shadaan, P., & Kwan Eu, L. (2013). Effectiveness of Using Geogebra on Students’ Understanding in Learning Circles. The Malaysian Online Journal of Educational Technology, 1(4), 1–11. www.mojet.net

Solvang, L., & Haglund, J. (2021a). Learning with Friction—Students’ Gestures and Enactment in Relation to a GeoGebra Simulation. Research in Science Education. https://doi.org/10.1007/s11165-021-10017-7

Solvang, L., & Haglund, J. (2021b). Physics Education How can GeoGebra support physics education in upper-secondary school-a review How can GeoGebra support physics education in upper-secondary school-a review. Physics Education, 56. www.geogebra.org.

Sutri, N., & Nor, M. (2021). Use Of Phet (Physics Education Technology) Simulation Learning Media To Increase Student Motivation On Electromagnetic Induction Material For Class Xii Sma Negeri 1 Kampar Timur. JOM FKIP-UR, 8(1).

Wahyuni, N. P. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 5(1), 109–117. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

Walsh, T. (2017). Creating interactive physics simulations using the power of GeoGebra. The Physics Teacher, 55(5), 316–317. https://doi.org/10.1119/1.4981047

Downloads

Published

2022-12-31