PENERAPAN MODEL LIBRARY BASED LEARNING BERBASIS LITERASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • N.L. Muflikah STKIP PGRI NGANJUK
  • A.T. Widianasyah STKIP PGRI Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppii.v14i1`.73433

Keywords:

Hasil Belajar; Library Based Learning; Literasi

Abstract

Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa menggunakan model pembelajaran Library Based Learning siswa kelas X GEOMATIKA 1 SMK Negeri 1 Nganjuk Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Mahasiswa sebagai pelaksana pembelajaran sekaligus peneliti sebagai pengamat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X GEOMATIKA 1 dengan jumlah 35 siswa dimana terdapat 19 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, nilai test dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar  siswa, yaitu pada pra siklus 11,43% (kategori kurang), kemudian pada siklus I meningkat menjadi 82,86% (kategori baik). Penggunaan model pembelajaran Library Based Learning dalam mata pelajaran IPAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X GEOMATIKA 1 SMK Negeri 1 Nganjuk.

References

Aladim, R., & Hartutik, H. (2023). Meningkatkan Kemandirian dengan Metode Discovery Learning Berbantuan LKPD Materi Manusia sebagai Pribadi Fase E Kelas X SMA Negeri 1 Putussibau Kab Kapuas Hulu. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Agama, 4(1), 326-338.

Astuti, F. Y., Faishol, R., & Trianingsih, R. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Minat Baca Pada Mata Pelajaran Ski Kelas Xi Agama Di Man 2 Banyuwangi. Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 18(1), 054. https://doi.org/10.29062/arrisalah.v18i1.346

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Siswa. Jurnal Education, 7(1), 134–140, https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.889

Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015, https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493

Ginting, E. S. (2021). Penguatan literasi di era digital. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3, 35-38. FBS Unimed Press.

Hasibuan, Malayu S.P. (2002). Manajemen Sumber daya manusia. PT Bumi perkasa

Kartina, K., Missriani, M., & Fitriani, Y. (2022). Peningkatan kemampuan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) literasi siswa melalui pendekatan saintifik SMP Negeri 2 Payaraman. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 20(1), 128-139. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i1.7333

Mirnawati, L. B., & Fabriya, R. A. V. (2022). Penerapan Media Flipbook untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(1), 22-38. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i1.19837

Patriana, W. D., Wulandari, M. D., & Sutama. (2021). Pengelolaan Pembelajaran Berorientasi Literasi Numerasi di Sekolah Dasar dalam Kegiatan Kurikuler dan Ekstrakurikuler. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 9(2), 116-131. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/17906/9887

Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 397. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3211

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 9(1), 49-60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Purwati, P. D., Faiz, A., & Widiyatmoko, A. (2021). Asesmen Kompentensi Minimum (AKM) kelas jenjangsekolah dasar sarana pemacu peningkatan literasi peserta didik. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 19(1), 13-24. https://doi.org/10.17509/sosio%20religi.v19i1.39347

Sholeh, M., Murtono, & Masfuah, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom

Salma, A., & Mudzanatun, M. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 122. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/17555

Sukidin, D., & Suranto, D. (2002). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Insan Cendekia

Sundari Hanna. (2015). Model-Model Pembelajaran Dan Pemerolehanbahasa Kedua/Asing. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(2), 106-117. https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.321

Susanto, H. (2016). Membangun Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menghadapi Era MEA. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia),1(1), 12-16. https://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i1.70

Wibawa, B. (2003). Penelitian tindakan kelas. Dirjen Dikdasmen.

Widayati, Ani. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 4(1), 87-93. http://dx.doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793

Yaumi, M., & Damopolii, M. (2014). Action Research: Teori, Model, dan Aplikasi. Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2024-03-27