Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17555Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya minat baca siswa didunia pendidikan Indonesia. Minat baca peserta didik yang tergolong rendah menjadikan pemerintah mencanangkan program Gerakan Literasi Sekolah yang dimulai dari tahun 2016. Adanya program ini pemerintah mempunyai harapan besar terhadap peningkatan minat baca diIndonesia. Penelitian ini difokuskan pada dampak adanya program Gerakan Literasi Sekolah pada minat baca siswa Seekolah Dasar. Penelitian bertujuan untuk mengetahu bagaimana proses kegiatan Gerakan Literasi Sekolah dan mengetahui Dampak adanya Gerakan Literasi Sekolah pada minat baca siswa. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III dan V SDN Tlogosari Kulon 03 Semarang yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara guru kelas III dan V, kepala sekolah, observasi, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa ada dampak positif dari adanya program Gerakan Literasi Sekolah pada minat baca siswa, melalui perhitungan angket minat baca dari siswa kelas III dan V yang tergolong tinggi.
Kata kunci: analisis, gerakan literasi sekolah, minat baca
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)