Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Aini Salma Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Mudzanatun . Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17555

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya minat baca siswa didunia pendidikan Indonesia. Minat baca peserta didik yang tergolong rendah menjadikan pemerintah mencanangkan program Gerakan Literasi Sekolah yang dimulai dari tahun 2016. Adanya program ini pemerintah mempunyai harapan besar terhadap peningkatan minat baca diIndonesia. Penelitian ini difokuskan pada dampak adanya program Gerakan Literasi Sekolah pada minat baca siswa Seekolah Dasar. Penelitian bertujuan untuk mengetahu bagaimana proses kegiatan Gerakan Literasi Sekolah dan mengetahui Dampak adanya Gerakan Literasi Sekolah pada minat baca siswa. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III dan V SDN Tlogosari Kulon 03 Semarang yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara guru kelas III dan V, kepala sekolah, observasi, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa ada dampak positif dari adanya program Gerakan Literasi Sekolah pada minat baca siswa, melalui perhitungan angket minat baca dari siswa kelas III dan V yang tergolong tinggi.

 

Kata kunci: analisis, gerakan literasi sekolah, minat baca

Downloads

Published

2019-05-03

How to Cite

Salma, A., & ., M. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17555

Issue

Section

Articles