PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GAMES BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA

Authors

  • W. Wulandari STKIP PGRI Nganjuk
  • A.T. Widiansyah STKIP PGRI Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppii.v13i3.73462

Keywords:

Games Based Learning; Literasi; Numerasi

Abstract

Kemampuan literasi dan numerasi wajib untuk dimiliki peserta didik sekolah dasar. Kemampuan ini bagian dari kemampuan seseorang dalam menggunakan penalaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik di SD Negeri 2 Buduran melalui penerapan model pembelajaran Games Based Learning. Metode yang digunakan pada penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian model Stephen Kemmis dan Mc. Taggart melalui 1 siklus pembelajaran. Hasil penerapan penelitian ini pada numerasi pre-test masih belum ada yang lulus dan pada post-test sudah mencapai 60%. Sedangkan literasi menujukan pre-test masih belum ada yang lulus dan pada post-test mencapai 67%. Simpulan pada penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Game based learning mampu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di SD Negeri 2 Buduran.

References

Ayulia, E., & Perdana, P. I. (2022). Penguatan Literasi Digital Pada Siswa SD Melalui Implementsi Game Based Learning (GBL). Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(3), 226-230. https://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia/article/view/89

Candra, A. M., & Rahayu, T. S. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Tematik di Sekolah Dasar. 5(4): 11-17. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1212

Daroin, A. D., Santoso, O. V. K., Pranidia, D. M. A., & Halimah, L. L. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di SDN 2 Gombang Tulungagung. D'edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 38-49. http://doi.org/10.25273/dedukasi.v2i1.12670

Fajriyah, et. al., 2019. Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal On Education. 5. (2): 12-20. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.66

Ginting, E. S. (2021). Penguatan literasi di era digital. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3 (pp. 35-38). FBS Unimed Press. http://digilib.unimed.ac.id/41217/1/Fulltext.pdf

Hartatik, S. (2020). Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education And Human Development Journal (EHDJ), 5(1), 32-42. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1456

Khairani, P., Khadavi, M., & Salsyabillah, M. (2023). Pembelajaran Berbasis Game: Manfaat, Tantangan, dan Strategi Implementasi dalam Konteks Pendidikan Tinggi Pada Akademi Keuangan Perbankan Nusantara (AKUBANK). Jurnal Pendidikan Penggerak, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.35870/jpp.v1i1.1335

Legowo, Y. A. S. (2022). "Gamifikasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar." JISPE Journal of Islamic Primary Education, 3(1),13-30. https://doi.org/10.51875/jispe.v3i1.43

Maulidina, M. A., Susilaningsih, S., & Abidin, Z. (2018). Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 113-118. http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i22018p113

Rahayu, D. A., & Hadi, F. R. (2023). Peningkatan Keterampilan Literasi Dan Numerasi Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Game Based Learning. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5603-5616. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9420

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 9(1), 49-60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Sueca, I. N., & Dewi, I. A. 2021. Pengembangan Klinik Literasi Berbasis Permainan Bahasa Dalam Kegiatan Literasi Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan. 12 (2):252-257. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4964

Winatha, K. R., & Setiawan, I. M. D. (2020). Pengaruh game-based learning terhadap motivasi dan prestasi belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 198-206. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p198-206

Downloads

Published

2023-12-30