PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR E-LEARNING BERBANTU APLIKASI BENIME DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppii.v14i1`.73530Keywords:
Benime; E-Learning; Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar IPAS pada siswa yang cenderung masih rendah, dikarenakan pembelajaran IPAS kurang diminati oleh siswa. Hal ini mendorong peneliti untuk mengembangkan dan meningkatkan hasil belajar siswa. Media pembelajaran yang digunakan oleh peneliti adalah media belajar e-learning dengan menggunakan aplikasi benime. Media tersebut digunakan agar siswa dapat tertarik pada pembelajaran IPAS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dengan 31 siswa di kelas X Kuliner 1 SMKN 2 Bagor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dengan melakukan observasi dan tes. Hasil yang di peroleh dalam penelitian ini adalah dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari tahap pra siklus, 32,26% dari 10 siswa untuk tahap siklus I di peroleh 54,84% dari 17 siswa, dan pada tahap siklus II sebesar 80,65%. Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model belajar dengan menggunakan media e-learning berbantu aplikasi benime dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Agustine, M., Rohaeti, E. E., & Sudrajat, R. T. (2023). Use of Android-Based Media Benime Whiteboard Animation in Learning to Write Procedure Text in Vocational High School Students. JLER (Journal of Language Education Research), 6(3), 139–157. https://doi.org/10.22460/jler.v6i3.19270
Aini, U. N., Utami, T. W., Khalidiyah, T., & Huriyah, L. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Aplikasi Benime dalam Meningkatkan Pemahaman pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Siswa SMP. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 6(1), 57-65. https://doi.org/10.30762/ed.v6i1.117
Amri, K. (2021). Penerapan Media Video dengan Model E-Learning (Daring) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Globalisasi dan Nasionalisme pada Siswa Kelas IX MTs Negeri 9 Aceh Timur Tahun Pelajaran 2020/2021. Journal on Education, 4(1), 235–243. https://doi.org/10.31004/joe.v4i1.449
Amrina, A., Mudinillah, A., & Syurfa, Z. (2022). PEMANFAATAN APLIKASI BENIME SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN MUFRODAT KELAS VII MTsN PASIR LAWAS. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 98–110. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i1.5810
Arfandi, A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pai Di Sekolah. Edupedia, 5(1), 65–77. https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i1. 882
Barat, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Media Video Dengan Model E-Learning Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Ibnu Dwi Kustadiyono. 7(1), 171–180. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i1.1032
Efriani, E., Dewantara, J. A., & Afandi, A. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Discord Sebagai Media Pembelajaran Online. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 61–65. https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.283
Fatmawati, E., Karmin, K., & Sulistiyawati, R. S. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 12(24–31). https://doi.org/https://doi.org/10.24905/cakrawala.v12i1.128
Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Journal of Information System, Informatics and Computing, 4(2), 1. https://doi.org/10.52362/jisicom.v4i2.3 12
Haryadi, R., Nuraini, H., & Kansaa, A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. AtTàlim : Jurnal Pendidikan, 7(1), 2548–4419. https://doi.org/10.36835/attalim. v7i1.426
Heri. (2020, Juli 04). Media Pebelajaran: Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis Jenis & Contoh. diakses pada Desember 19, 2020, dari Salamadian: https://salamadian.com/pengertian-media-pembelajaran/
Holimi, M. (2019). PEMBELAJARAN MUFRODAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR. Muhadasah:Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 86–102. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/87
Kalsum, U. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Dengan Menerapkan Model E-Learning Menggunakan Media Video. PEJ: Primary Education Journal, 6(1), 17–25. http://dx.doi.org/10.30631/pej.v6i1.91
Kustadiyono, I. D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Media Video dengan Model E-learning pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(1), 171-180. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i1.1031
Muhajir, Musfikar, R., & Hazrullah. (2019). Efektivitas Penggunaan E-Learning Berbasis Edmood Terhadap Minat dan Hasil Belajar (Studi Kasus di SMK Negeri Al Mubarkeya). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, Vol 3, Nomor 1, hal 50-56. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cyberspace/article/view/4725
Rofifah, D. (2020). Pengembangan Media Interaktif “Mufrodat” Pada Mata Pelajaran Pendidikan Bahasa Arab Kelas 3 Sekolah Dasar Islam Miftahul Ulum Kediri. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.
Sebayang, F. A. A., Saragih, O., & Hestina, H. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Online untuk Meningkatkan Pembelajaran Mandiri Di Masa New Normal. Pelita Masyarakat, 2(1), 64–71. https://doi.org/10.31289/pelitamasyara kat.v2i1.4222
Shodiq, I. J. F., & Zainiyati, H. S. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran E-learning menggunakan Whastsapp sebagai solusi ditengah penyebaran Covid-19 di MI Nurulhuda Jelu. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 144-159.https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i 2.3946
Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan Media YouTube sebagai Media Pembelajaran pada Siswa Kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 15(1), 26–30. https://doi.org/10.26877/MPP.V15I1.7531
Ziliwu, D. (2022). Pembelajaran Aktif Melalui Penerapan Strategi Lightening The Learning Climate Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Belajar IPA. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 32-39. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3018