Analisis Kualitas Produk, Brand Image dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Wanita di Toko Maezula Jember
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v7i1.58481Keywords:
Kualitas Produk, Citra Merek, Gaya Hidup, Keputusan PembelianAbstract
Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah pentingnya memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara kualitas produk, citra merek, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan 90 sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dirancang berdasarkan variabel kualitas produk, citra merek, gaya hidup, dan keputusan pembelian. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis diskriminan dengan SPSS sebagai alat untuk mengolah data. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kualitas produk, citra merek, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, demikian pula dengan citra merek dan gaya hidup. Dalam hasil Tests of Equality of Group Means, nilai Lambda Wilks adalah 0,990 pada variabel kualitas produk, variabel citra merek adalah 0,992, dan variabel gaya hidup adalah 1,000. Ini berarti bahwa kemampuan diskriminasi dari fungsi yang dihasilkan meningkat. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya perusahaan dalam memperhatikan dan meningkatkan kualitas produk, membangun citra merek yang positif, serta memahami gaya hidup konsumen sebagai faktor-faktor yang dapat memengaruhi keputusan pembelian.
References
Adam, D. M., Mandala, A. A., & Basri, M. B. H. (2021). Effect of Brand Awareness and Brand Loyalty on the Purchase Decision of Adidas Brand Sport Shoes by Bandung City Adidas Lovers. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(2), 605–614. https://doi.org/10.56457/jimk.v9i2.215.
Ajiwibawani, M. P. (2015). Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen D’Goda Coffee Pazkul Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v3n2.p%25p.
Alhakiki, A., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Quantum Teaching Kerangka TANDUR Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 4(3), 534–540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.395.
Amri, S., & Prihandono, D. (2019). Influence lifestyle, consumer ethnocentrism, product quality on purchase decision through purchase intention. Management Analysis Journal, 8(1), 25–38. https://doi.org/10.15294/MAJ.V8I1.26057.
Andriano, A., Arman, A., Azhari, A., & Putra, R. (2022). The Effect Of Product Quality, Price And Distribution On The Purchase Decision Of Aviator Brand Bike (Survey of Bike Shops in Bangkinang City). Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 4(1), 114–123. https://doi.org/10.55768/jrmi.v4i1.98.
Asnawi, A., & Huwae, J. (2021). Pengaruh gaya hidup dan citra merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor Kawasaki Ninja di Kota Ambon. Jurnal Masohi, 2(1), 1–22. https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.392.
Dayat, M. (2019). Strategi Pemasaran Dan Optimalisasi Bauran Pemasaran Dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan. Jurnal Mu’allim, 1(2), 299–218. https://doi.org/10.35891/muallim.v1i2.1629.
Dermawan, E., Baktiono, R. A., & Arif, M. (2021). Lifestyle, Brand Image, Product Attributes and How They Affect on Purchasing Decisions. IJIEEB International Journal of Integrated Education, Engineering and Business, 4(2), 119–127. https://doi.org/10.29138/ijieeb.v4i2.1631.
Firmansyah, M. F., & Maulana, H. Z. (2021). Empirical Study of E-Learning on Financial Literacy and Lifestyle: A Millenial Urban Generations Cased Study. International Journal of Engineering, Science and Information Technology, 1(3), 75–81. https://doi.org/10.52088/ijesty.v1i3.99.
Garib, W. B., Lapian, S. J., & Mananeke, L. (2019). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada Pt. Hasjrat Abadi Sentral Yamaha Malalayang. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1). https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22919.
Godey, B., Manthiou, A., Pederzoli, D., Rokka, J., Aiello, G., Donvito, R., & Singh, R. (2016). Social media marketing efforts of luxury brands: Influence on brand equity and consumer behavior. Journal of Business Research, 69(12), 5833–5841. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.04.181.
Hanafiah, H., Mulyani, A., & Kurniawanto, H. (2020). Strategi Pemasaran New Development Product (Ndp) Pada Perusahaan Jasa Pest Control (Pco) Dalam Menghadapi Wabah Covid-19. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 13(2), 201–207. https://doi.org/10.46306/jbbe.v13i2.44.
Herawati, H., Prajanti, S. D. W., & Kardoyo, K. (2019). Predicted purchasing decisions from lifestyle, product quality and price through purchase motivation. Journal of Economic Education, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.15294/JEEC.V8I1.29636.
Hernita, S. J., Sidik, W., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh E-Service dan Kualitas Sistem terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning dengan Moderasi Perceived Value. Target: Jurnal Manajemen Bisnis, 2(2), 257–264. https://doi.org/10.30812/target.v2i2.1001.
Hidayati, N. L. (2018). Pengaruh viral marketing, online consumer riviews dan harga terhadap keputusan pembelian shopee di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v6n2.p%25p.
Jamaludin, A. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan dan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rumah Makan Padang Sederhana Karawang. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 4(1). https://doi.org/10.36805/manajemen.v4i1.369.
Jasin, H., & Sriwahyuni, I. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Air Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PDAM Tirtanadi Cabang Tuasan Medan. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 14(1). https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v14i1.224.
Kanserina, D., Haris, I. A., & Nuridja, I. M. (2015). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1). https://doi.org/10.23887/jjpe.v5i1.5213.
Kodu, S. (2013). Harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian mobil Toyota avanza. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3). https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.2536.
Kumbara, V. B. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.568.
Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi strategi promosi produk dalam proses keputusan pembelian melalui digital marketing saat pandemi covid’19. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 23–31. https://doi.org/10.15642/manova.v3i2.301.
Maharani, N. (2015). Proses pengambilan keputusan pembelian konsumen terhadap produk iphone di bandung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Performa), 12(1), 59–75. https://doi.org/10.29313/performa.v0i1.3043.
Maupa, H. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse di Makassar. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 16(2), 135–168. https://doi.org/10.26487/jbmi.v16i2.7400.
Nasution, A. A., Harahap, B., & Ritonga, Z. (2022). The Influence of Product Quality, Promotion and Design on Purchase Decisions for Yamaha Nmax Motor Vehicles SPSS Application Based. International Journal of Economics (IJEC), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.55299/ijec.v1i1.67.
Nasution, M. A. (2019). Pengaruh harga dan kualitas produk alat kesehatan terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT. Dyza sejahtera medan. Warta Dharmawangsa, 13(1). https://doi.org/10.46576/wdw.v0i59.353.
Novianto, W., & Zebua, A. M. (2021). Factors Influencing Decisions to Purchase Counterfeit Fashion Products: Brand Image, Price and Lifestyle (Literature Review Customer Behavior). Journal of Law, Politic and Humanities, 1(4), 154–163. https://doi.org/10.38035/jlph.v1i4.73.
Pangestu, S. D., & Suryoko, S. (2016). Pengaruh Gaya Hidup (Lifestyle) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Pelanggan Peacockoffie Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 519–530. https://doi.org/10.14710/jiab.2016.13599.
Prabowo, F. I., Keke, Y., & Istidjab, B. (2021). Pengaruh strategi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen di pt sarana bandar logistik. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(2), 75–82. https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.2.75-82.
Puspa, R., Permana, A., & Karunia, E. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Berdasarkan Bauran Pemasaran pada Supermarket K-Store Krakatau Junction. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 13(2), 208–216. https://doi.org/10.46306/jbbe.v13i2.45.
Putri, S. M. S. S. (2018). Makna Gaya Hidup “Brand Minded” pada Konsumen Sosialita. Idea: Jurnal Humaniora, 1(1), 84–95. https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4176.
Rahmah, K., Sumarwan, U., & Najib, M. (2018). The Effect Of Brand Equity, Marketing Mix, And Lifestyle To Purchase Decision At Maxx Coffee, Bogor. Journal of Consumer Sciences, 3(2), 1–15. https://doi.org/10.29244/jcs.3.2.01-15.
Ranto, D. W. P. (2014). Pengaruh Harga, Desain Produk, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Ukm Di Yogyakarta. JBTI: Jurnal Bisnis: Teori Dan Implementasi, 5(2), 206–218. https://doi.org/10.18196/jbti.v5i2.1382.
Roisah, R., & Riana, D. (2016). Telaah hubungan citra merek, kualitas produk dan keputusan pembelian konsumen. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 100–107. https://doi.org/10.31294/jeco.v4i1.351.
Sanjaya, A. B. (2022). Pengaruh Mutu Pelayanan, Lokasi Dan Desain Interior Terhadap Keputusan Menginap Di Hotel Latansa Bengkulu. (JEMS) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 3(2), 213–223. https://doi.org/10.36085/jems.v3i2.3397.
Sari, Y. N., Gyatri, I. A. M. E., & Hidayah, N. R. (2021). Factors Affecting the Performance of State Civil Servants at the Education and Culture Services of Kaur District. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 2(4), 500–507. https://doi.org/10.53697/emak.v2i4.176.
Seroka-Stolka, O. (2014). The development of green logistics for implementation sustainable development strategy in companies. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 151, 302–309. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.10.028.
Siali, F., Jiayi, P., Shakur, M. M. A., & Ya’kob, S. A. (2016). Relationship between brand equity and consumer purchase decision. International Journal of Service Management and Sustainability, 1(1), 58–75. https://doi.org/10.24191/ijsms.v1i1.6033.
Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R D. CV Alfabeta.
Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis pengaruh citra merek dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian Tokopedia di Jakarta. Jurnal Manajemen, 9(2). https://doi.org/10.46806/jm.v9i2.663.
Timmerman, V. A., Mandey, S. L., & Van Rate, P. (2017). Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Texas Chicken Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2). https://doi.org/10.35794/emba.5.2.2017.16085.
Tranggono, D., Putri, A. N., & Juwito, J. (2020). Pengaruh Terpaan Iklan Nacific di Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nacific pada Followers Akun@ nacificofficial. id. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 141–155. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.2.141-155.
Voramontri, D., & Klieb, L. (2019). Impact of social media on consumer behaviour. International Journal of Information and Decision Sciences, 11(3), 209–233. https://doi.org/10.1504/IJIDS.2019.101994.
Weenas, J. R. (2013). Kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4). https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2741.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Winda Atika Dewi, Budi Santoso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)