Pelayanan, Harga, dan Trust dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Wom Barbershop di Grenden Puger

Authors

  • Erfina Putri Purnamasari Universitas Muhammadiyah Jember, Jember, Indonesia
  • Budi Santoso Universitas Muhammadiyah Jember, Jember, Indonesia
  • Tatit Diansari Reskiputri Universitas Muhammadiyah Jember, Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i3.54992

Keywords:

Pelayanan, Harga, Trust, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Banyak permasalahan yang terjadi dalam pelayanan yaitu pemberian sapaan ketika pelanggan masuk salon masih belum dilakukan. Harga yang dipatok relatif mahal menurut masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelayanan, harga dan trust  terhadap kepuasan pelanggan Wom Barbershop. Jenis penelitian ini kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pelanggan pengguna jasa potong rambut Wom Barbershop. Sampel yang digunakan sebanyak 90 responden. Alat analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian t hitung sebesar 1,837 dari variabel pelayanan memiliki nilai signifikan yang lebih besar sebesar 0,070 lebih dari 0,05. Sehingga dapat diartikan bahwa pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasaan pelanggan. Hasil dari uji t bahwa t hitung sebesar 6,939 dari variabel harga memiliki nilai signifikan sebesar 0,000 kurang dari 0,5, harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil hitung sebesar 2,271 dari variabel trust  memiliki nilai signifikan sebesar 0,026 kurang dari 0,05 maka trust  berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Disimpulkan bahwa pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Wom Barbershop. Sedangkan Harga dan Trust berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Wom Barbershop. Implikasi penelitian ini diharapkan pihak manajemen Barberman Wom Barbershop sebaiknya memperhatikan harapan dan penilaian pelanggan agar terciptanya kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa perusahaan.

References

Adam, M. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa: teori dan aplikasi.

Aulia, M., & Hidayat, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Amanda Brownies. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Bulan, T. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Agen Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 5(2), 592–602. http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jmk/article/view/73.

Diza, F, Moniharapon, S., & Imelda, W. J. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen (studi pada pt. fifgroup cabang manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1). https://doi.org/10.35794/emba.4.1.2016.11568.

Diza, Farah, Moniharapon, S., & Imelda, W. J. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen (studi pada pt. fifgroup cabang manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1).

ESA, M. P. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Elayanan, Persepsi Harga, dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Barberking Barbershop di Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Firdiyansyah, indra. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warung Gubrak Kepri Mall Kota Batam. Riset Ekonomi Bidang Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 1–9. https://www.neliti.com/publications/231639/pengaru.

Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240.

Haryoko, U. B., Delimah Pasaribu, V. L., & Ardiyansyah, A. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Firman Dekorasi (Wedding Organizer). Point, 2(1). https://doi.org/10.46918/point.v2i1.566.

Hendra, T., Djawahir, A. H., & Djazuli, A. (2017). Pengaruh Nilai, Kualitas Pelayanan, Pengalaman Pelanggan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan ( Studi Kasus pada Giant Supermarket Sawojajar , Kota Malang ). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 129–141. https://doi.org/https://doi.org/10.26905/jbm.v4i2.1694.

Hermawan, H. (2018). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria Di Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(2), 1–15. https://doi.org/10.17509/jaset.v3i2.8918.

Imansyah, I., & Irawan, H. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Kerta Gaya Pusaka Cabang Kandangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 3(3), 325–334. https://doi.org/10.35972/jieb.v3i3.133.

Ishak, A. M., & Yuniati, T. (2018). Pengaruh Kualitas Produk , Brand Trust , Harga Dan Word of Mouth Terhadap Pembelian Coffee Beer. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, ISSN : 2461-0593..

Jayanti, K. T., & Wati, L. N. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Karyawan. Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 9(1), 71–88. https://doi.org/10.35797/jab.9.3.2019.25518.93-100.

Kadir, A., Basri, M., & Rodi, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan, Nilai, Kepercayaan Dan Loyalitas Pelanggan Rumah Tangga Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Kendari. Journal Publicuho, 1(1), 28. https://doi.org/10.35817/jpu.v1i1.7297.

Leninkumar, V. (2017). The relationship between customer satisfaction and customer trust on customer loyalty. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(4), 450–465. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v7-i4/2821.

Lestari, I., & Hamid, R. S. (2020). Analisis Tingkat Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Untuk Menggunakan Kembali Layanan Transportasi Online Di Era Pandemi Covid-19. Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 9(1), 27–35. https://doi.org/10.35906/je001.v9i1.482.

Lubis, A. S., & Andayani, N. R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Sucofindo Batam. Journal of Applied Business Administration, 1(2), 232–243. https://doi.org/10.30871/jaba.v1i2.619.

Nazara, L., Sitorus, F., & Saputri, M. (2021). Pengaruh Debt To Equity Ratio,Return On Equity,Cash Ratio,Dan Total Asset Turn Over Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Jasa Periode 2017-2019. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(2), 33–49. https://doi.org/10.31955/mea.vol5.iss2.pp33-49.

Nuraeni, R., Eldine, A., & Muniroh, L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Harga Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 2(4), 487. https://doi.org/10.32832/manager.v2i4.3795.

Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung [The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at JNE Branch in Bandung]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265. https://doi.org/10.19166/derema.v11i2.197.

Priyambodo, L., Tjiptono, F. S., & Suyoto, M. (2012). M-Commerce in Indonesia: Problems and Prospects. International Journal of Computer Applications & Information Technology, 1(2), 71–76.

Putro, A. S. (2018). Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Bandeng Pak Elan 2 Gresik. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(10), 1–21. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/1772/1781.

Rialmi, Z., & Morsen, M. (2020). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Utama Metal Abadi. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 3(2), 221–227. https://doi.org/10.32493/JJSDM.v3i2.3940.

Sahanggamu, S., Mananeke, L., & Sepang, J. (2015). Analisis kualitas layanan, Servicescape dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Sinarmas Bitung. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1).

Sejati, B. S. A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(3), 1–19.

Sintya, L. I., Karuntu, M. M., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-Jek Online Pada Mahasiswa Feb Unsrat Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1778–1787. https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20462.

Stouthuysen, K. (2020). The building of online trust in e-business relationships. Electronic Commerce Research and Applications, 4(10). https://doi.org/10.1016/j.elerap.2020.100929.

Sulastri, T. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Mahasiswa Serta Implikasinya pada Citra Perguruan Tinggi. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 41. https://doi.org/10.33603/jibm.v1i1.491.

Sunaryo. (2016). Pengaruh Pendidikan Dan Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di PTPN III Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17(1), 88–100. https://doi.org/10.30596%2Fjimb.v17i1.980.

Yulianty, P. D., & Mauludy, A. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Varian Bedak ( Studi Penelitian Pelanggan Wardah Beauty Konter Majalengka). Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, XIV(2), 252–261.

Downloads

Published

2023-01-08

Issue

Section

Articles