Digital Marketing sebagai Alat Sosialisasi Sajen Bistro and Bar untuk Membangun Brand Awareness

Authors

  • Wijaya Ibnu Kuncoro Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Zon Vanel Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v7i1.60725

Keywords:

Pemasaran Digital, Sajen Bistro and Bar, Kesadaran Merek

Abstract

Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menyebabkan aktivitas inti dalam kehidupan seperti pendidikan, niaga dan pariwisata berhambat, terutama Semarang PSBB dilaksanakan selama 2 tahun. Pelaksanaan PSBB menjadi faktor yang menyebabkan banyak bisnis terpaksa harus bangkrut dimasa pandemi, bisnis yang paling terdampak bergerak pada bidang akomodasi dan makanan, PSBB juga menghambat bisnis baru untuk memasarkan merek mereka seperti Sajen Bistro and Bar. Komunikasi pemasaran adalah cara untuk menyebarkan informasi yang dapat mempengaruhi, membujuk dan mengingatkan bahwa target pasar atas produk dan perusahaan supaya bersedia menerima, membeli loyal terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan. Penelitian dilaksanakan menggunaan metode kualitatif deskriptif untuk memahami semua yang terjadi dilapangan pada saat penelitian dilakukan seperti perilaku, persepsi, motivasi serta tindakan yang kemudian disusun dalam sebuah kata-kata dan dibahas secara detail. Pada masa PSBB Sajen Bistro and Bar membangun Brand awareness menggunakan strategi pemasaran melalui Digital marketing. Marketing yang dilakukan Sajen Bsitro and Bar yaitu dengan memanfaatkan popularitas platform-platform digital seperti sosial media, search engine, website, dan bentuk kerjasama daring lainya. Penelitian mendapatkan hasil bahwa strategi marketing yang dilakukan oleh Sajen Bistro and Bar untuk membangun brand awareness melalui penggunaan digital marketing belum dilakukan dengan maksimal. Namun usaha yang dilakukan pada ahkirnya yang menunjukan pertumbuhan brand awareness melalui media sosial Instagam, penggunaan SEO.

References

Afrilia, A. M. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21.

Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353–361. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331.

Anggraini, C. A., Perbawasari, S., & Budiana, H. R. (2018). Cyberbranding Sebagai Upaya Membangun Brand Awareness Shopee Indonesia. Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media, 2(2), 72–86. https://doi.org/10.33884/commed.v2i2.471.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Arviani, H., Claretta, D., Kusnarto, K., Delinda, N., & Izzaanti, S. (2021). Sosial Media Marketing : Peluang & Tantangan bagi UMKM Lokal Di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL SIMBOLIKA, 7(1). https://doi.org/10.31289/simbollika.v7i1.4356.

Chaffey, D. (2016). Digital Marketing (6th ed.). Pearson Education Limited.

Dawam, A., & Ruski. (2022). Optimalisasi Integrated Digital Marketing dalam Strategi Pemasaran Home Industry di Desa Bandang Daja Kecamatan Tanjung Bumi. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2). https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i2.403.

Durianto, Darmadi & Sugiarto & Sitinjak, T. (2001). Strategi Menaklukan Pasar (2nd ed.). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175.

Gunawan Wiradharma, Arisanty, M., Riady, Y., Anam, K., & Adamy, Z. (2022). Innovation of Marketing Media through the Creative Digital Brochure with Local Wisdom. Jurnal Komunikasi, 14(2). https://doi.org/10.24912/jk.v14i2.17589.

Himawan, A. F. I. (2019). Digital Marketing: Peningkatan Kapasitas Dan Brand Awareness Usaha Kecil Menengah. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 17(2). https://doi.org/10.31603/bisnisekonomi.v17i2.3030.

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi ( Tik ) Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Huda, Irkham Abdaul, 1(2), 143–149. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622.

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651–659.

K.W, N. I., Martha, I., & Majid, N. (2022). Formulating Strategy Of Small Medium Enterprises Through Digital Transformation Post-Pandemic Covid-19. November,Asian Journal of Management, Entrepreneurship and Social Science, 2(4). https://doi.org/10.98765/ajmesc.v2i04.200.

Mansir, F., & Purnomo, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Abdimas Singkerru, 1(1), 39–50. Retrieved from http://jurnal.atidewantara.ac.id/index.php/singkerru/article/view/33.

Maria, S., Pusriadi, T., & Darma, D. (2020). The Effect of Social Media Marketing, Word of Mouth, and Effectiveness of Advertising on Brand Awareness and Intention to Buy. KnE Social Sciences, 19(2), 107–122. https://doi.org/10.18502/kss.v4i3.6373.

Marjukah, A., Prasetyo, J., & ... (2021). Peran Kolaborasi Bisnis Dan Digital Marketing Terhadap Kinerja Bisnis UMKM di Masa Pandemic Covid-19. … on Economics and …, (Wnceb), 780–789.

Marlinah, L. (2020). Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid 19. JURNAL EKONOMI, 22(2). https://doi.org/10.37721/je.v22i2.644.

Millenium, A. S., Suardana, I. W., & Negara, I. M. K. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Startup Bike Rental Bananaz Bali. Jurnal IPTA, 9(1). https://doi.org/10.24843/IPTA.2021.v09.i01.p17.

Nabilah, S., Nursan, M., & Suparyana, P. K. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm (Studi Kasus Umkm Zea Food Di Kota Mataram). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12). https://doi.org/10.47492/jip.v1i12.438.

Nursatyo, N., & Rosliani, D. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Situs Pembanding Harga Telunjuk.Com. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 46. https://doi.org/10.33021/exp.v1i2.430.

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 3. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878.

Osman, M. E. T. (2020). Global impact of COVID-19 on education systems: the emergency remote teaching at Sultan Qaboos University. Journal of Education for Teaching, 46(4), 463–471. https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1802583.

Pratama, O. S., Partama, I. G. N. E., Rai, A. A. G., Adrie, & Rimbawa, I. M. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Digital Marketing dalam Pengembangan Pemasaran Produk UMKM di Banjar Babakan Desa Sukawati Gianyar. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(1). https://doi.org/10.33379/icom.v3i1.2204.

Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 111–116. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6690.

Rifai, Z., & Meiliana, D. (2020). Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4). https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.540.

Saifuddin, M. (2021). Digital Marketing : Strategi Yang Harus Dilakukan Umkm Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Bisnis Terapan, 5(1). https://doi.org/10.24123/jbt.v5i1.3028.

Saladin, D. (2001). Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian. Bandung: Lindakarya.

Santoso, R. (2020). Review of Digital Marketing & Business Sustainability of E-Commerce During Pandemic Covid-19 In Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan (JIET), 5(2), 95–106. https://doi.org/10.20473/jiet.v5i2.23614.

Sumarni, T., Melinda, L. D., & Komalasari, R. (2020). Media Sosial dan E-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus : UMKM Warung Salapan). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2). https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.489.

Suni Astini, N. K. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452.

Susanti, S. (2021). Peluang dan Tantangan Bisnis Kriya saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2). https://doi.org/10.30653/002.202162.778.

Susilo, A. (2019). Membangun Brand Awareness Menggunakan Strategi Cyber Pr Pada Perusahaan Start-Up Di Indonesia. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 32–46. https://doi.org/10.21009/communicology.14.02.

Veranita, M., Susilowati, R., & Yusuf, R. (2021). Pemanfaatan Platform Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Saat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Akun @kolakcampurkolaku). JBK-Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 17(3), 279–290. https://doi.org/10.31940/jbk.v17i3.279-290.

Yunus, Raharjo, S., Handayani, M., Arifah, N., Rafli, Sitepu, N., Saleha, I. (2021). Peran Media Sosial Di Era Transformasi Digital Sebagai Sarana Komunikasi Karang Taruna Masyarakat Kampung Parung Serab Ciledug. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(2), 40–46. https://doi.org/10.53769/jai.v1i2.71.

Downloads

Published

2023-07-02

Issue

Section

Articles