Buku Ensiklopedia Berbasis Augmented Reality Mengenai Materi Sistem Respirasi Manusia

Authors

  • Maesha Bramanda Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Buku Ensiklopedia, Augmented Reality, Sistem Respirasi

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPAS disebabkan kurangnya bahan ajar yang mampu memvisualisasikan secara konkret dalam pembelajaran.  Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan buku ensiklopedia berbasis AR. Jenis penelitian digunakan yaitu penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall. Subek yang terlibat dalam penelitian yakni ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan 35 orang siswa kelas V. Pengumpulam data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan penyebaran angket/kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan ada tiga yaitu analisis data deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan stastistik inferensial. Hasil penelitian yaitu validator ahli rancang bangun sebesar 93,18%, validator ahli isi materi memperoleh 95,83%, validator ahli desain instruksional memperoleh 93,18%, validator ahli media pembelajaran memperoleh 92,50%, uji coba perorangan memperoleh 99%, dan uji coba kelompok kecil memperoleh 97,5% yang bearti buku ensiklopedia berbasis AR sangat layak digunakan. Disimpulkan buku ensiklopedia berbasis augmented reality efektif diterapkan pada mata pelajaran IPAS.

References

Aida, Z. (2023). Pengaruh Desain Instruksional dan Metode Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa:(Studi Eksperimen pada Kelompok Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Man Pematangsiantar). Ability: Journal of Education and Social Analysis, 94–108.

Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto, T. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 2(1).

Dari, T. W., Harahap, F. A., br Sembiring, J., Kurniawan, R., Manik, D. Y., Khoiry, M., & Fitria, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Model Rme Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV SD. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 10438–10450.

Hermanto, H., Sudaryanto, S., & Febriana, C. (2020). Pengembangan Buku Berbasis Ensiklopedia Untuk Mata Kuliah Budaya Indonesia Program Darmasiswa. Pena Literasi, 3(1), 20–28.

Laili, I. (2019). Efektivitas pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315.

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Nusantara, 2(2), 180–187.

Mahendra, E. (2020). Pengembangan Buku Ensiklopedi Kingdom Plantae Berbasis Augmented Reality 3 Dimensi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Di SMA Negeri 1 Kuta. Jurnal Pendidikan Payan Mas, 4(3), 116–124.

Mahmudin, A. S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Oleh Guru Tingkat Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 2(2), 95–106.

Meriyati, H. (2023). Pengembangan Desain Instruksional. Uin Raden Intan Lampung.

Musthofa, M. N. A., Ramadhan, M. A. N., & Harchristanto, B. A. (2024). Aplikasi Mobile Augmented Reality Untuk Pembelajaran Bangun Ruang. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 284–292.

Noviyanti, E., Rini, C. P., & Amaliyah, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Ensiklopedia IPA Berbasis Saintifik Kelas V SDN Karawaci Baru 6 Kota. PANDAWA, 4(1), 111–121.

Putra, A. D., Susanto, M. R. D., & Fernando, Y. (2023). Penerapan MDLC Pada Pembelajaran Aksara Lampung Menggunakan Teknologi Augmented Reality. CHAIN: Journal of Computer Technology, Computer Engineering, and Informatics, 1(2), 32–34.

Putra, A. D., Yulianti, D., & Fitriawan, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook Digital Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2173–2177.

Ramadhan, A., Hermawati, M., & Irawan, A. (2023). Aplikasi Ensiklopedia Pengenalan Tata Surya Berbasis Android. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 4(01), 25–31.

Rustamana, A., Mutiara, A., Aprilia, N., Aini, A. Q., & Yuda, H. (2023). Peran Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Sejarah. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 1(7), 81–90.

Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda, J. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41.

Sari, P. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale Dan Keragaman Gaya Belajar Untuk Memilih Media yang Tepat Dalam Pembelajaran. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 42–57.

Sari, R. K., & Avianty, D. (2023). Pengembangan Media Ajar Berbasis Artificial Intelegence pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 6(1), 31–42.

Sriwijayanti, R. P., Hasanah, U., Munawarah, M., Ridho, A., & Sejatu, B. S. (2022). Pengembangan Media Buku Lift The Flap Ensiklopedia Anak Mengatasi Lerning Obstacles Mengenai Tema 6 Hewan yang Dilestarikan dan Berhitung (Siswa Kelas IV di SDN Kedungcaluk II Tahun 2020). Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1(1), 130–142.

Utomo, S., Budiarto, S., Iswanto, I., Abdillah, S. I., & Ilhamdi, W. (2023). Implementasi Augmented Reality Pada Pembelajaran IPA Siswa SMP. Bulletin of Information Technology (BIT), 4(4), 419–424.

Wijaya, S., & Kartini, A. (2023). Perancangan Buku Ensiklopedia Anak 4D Klasifikasi Makhluk Hidup Mamalia Laut. IMATYPE: Journal of Graphic Design Studies, 2(2), 107–117.

Published

2024-03-14

Issue

Section

Articles