Pengembangan Komik Digital Matematika Bermuatan Multimedia Berbasis Kontekstual Pada Materi Pecahan Kelas IV SD No 3 Abianbase

Authors

  • Bhujangga Ayuningrat Pradnya Suari Undiksha
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika, S.Si., M.Pd., M.Sc.
  • Drs. I Wayan Sujana, S.Pd., M.Pd.

Keywords:

Pengembangan, komik digital, multimedia, kontekstual, Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi atas permasalahan belum mampunya guru dalam memfasilitasi media pembelajaran yang menarik dan inovatif sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa belum maksimal. Oleh karena itu, dibutuhkan media yang dapat mengkonkretkan materi yang bersifat abstrak serta mampu mengatasi permasalahan yang dialami siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan komik digital Matematika bermuatan multimedia berbasis kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek Penelitian ini meliputi 31 siswa kelas IV SD. Hasil uji ahli materi memperoleh skor sebesar 90,38%, uji ahli desain instruksional sebesar 92,85%, uji ahli desain media pembelajaran sebesar 90,78%, uji coba perorangan sebesar 93,18%, uji coba kelompok kecil sebesar 93,44%, dan uji coba kelompok besar sebesar 92,04% yang keseluruhan persentase skornya dikualifikasikan sangat baik. Hasil uji efektivitas mendapatkan nilai  sebesar 7,574. Dengan demikian, komik digital Matematika bermuatan multimedia berbasis kontekstual pada materi pecahan efektif diterapkan pada siswa kelas IV SD No 3 Abianbase.

References

Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan).

Apriyani, R., & Agustika, S. (2023). Komik Digital Berbasis Problem Based Learning Efektif Digunakan Dalam Pembelajaran Matematika di Kelas IV. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(1). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/65137.

Awe, E. Y., & Ende, M. I. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Elektronik Bermuatan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas IV SDI Rutosoro Di Kabupaten Ngada. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), (hlm.51). Tersedia pada https://doi.org/10.29408/didika.v5i2.1782.

Cahyaningrum, A. (2020). 27 Cara Asyik Belajar Matematika: Kumpulan Karya Ilmiah Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tidar. Penerbit Pustaka Rumah Cinta. (hlm.432). Tersedia pada https://books.google.co.id/books?id=HXsgEAAAQBAJ.

Chusniah, E. R., & Setianingsih, R. (2021). Pengembangan Komik Matematika Berbasis Kontekstual Untuk Materi Lingkaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(2), (hlm.56–57). Tersedia pada https://doi.org/10.26740/jppms.v3n2.p55-64.

Febriyandani, R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), (hlm.323). Tersedia pada https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37447.

Guntur, M., Sahronih, S., & Ismuwardani, Z. (2023). Pengembangan Komik Sebagai Media Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 8(1), (hlm.36–38).

Jojon, D., dkk. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia Pada Tema Benda Di Sekitarku Untuk Siswa Kelas Iii Di Sdi Malanuza. Jurnal Citra Pendidikan, 2(2), (hlm.307). Tersedia pada https://doi.org/10.38048/jcp.v2i2.625.

Mawanto, A., Siswono, T. Y. E., & Lukito, A. (2020). Pengembangan Media Cerita Bergambar untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pecahan Kelas II. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), (hlm.425–426). Tersedia pada https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.243.

Mutiaramses, M., dkk. (2021). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), (hlm.44–45). Tersedia pada https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4050.

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), (hlm.67–68). Tersedia pada https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223.

Rahmi, V., dkk. (2022). Qr-Code-Based Mathematics Contextual Comic Module for Elementary School Students. International Journal of Social Science And Human Research, 05(06), (hlm.2515–2519). Tersedia pada https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i6-79.

Safitri, I., dkk. (2023). Pengembangan BARCODI (Barcode Comic Digital) Berorientasi Penguasaan Konsep Siswa Sekolah Dasar pada Materi Fotosintesis. Lectura : Jurnal Pendidikan, 14(1), (hlm.114). Tersedia pada https://doi.org/10.31849/lectura.v14i1.12539.

Safitri, M., & Aziz, R. (2022). ADDIE, Sebuah Model Untuk Pengembangan Multimedia Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), (hlm.53–54). Tersedia pada http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2237.

Siagian, H., dkk. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. (Jurnal basicedu), 4(4), (hlm.1364–1365). Tersedia pada https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/528.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Syafitri, J., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Komik Berbasis Karakter Pada Pembelajaran Pecahan Di Kelas V SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), (hlm.1200).

Tegeh, I. M. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. Buku ajar. Jurusan Teknologi Pendidikan: Universitas Pendidikan Ganesha.

Tegeh, I. M. (2017). Model Penelitian Pengembangan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. (hlm. 82-84). Tersedia pada https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21311.

Triva. (2022). 11 Arti Warna dalam Psikologi dan Filosofinya. Gramedia Digital. Tersedia pada http: www.gramedia.com/best-seller/arti-warna-dalam%02psikologi-dan-filosofinya/amp/.

Utami, N., dkk. (2022). Improving Student Learning Outcomes Through E-Comic Learning Media Ecosystem Component Materials. Journal of Innovation, (hlm.10–11). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIL/article/view/44994.

Widyaiswara, G. P., dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual TeachingandLearningterhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(3), (hlm.394). Tersedia pada https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.462.

Published

2024-03-14

Issue

Section

Articles