Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Keywords:
Pengembangan, media pembelajaran, multimedia interaktifAbstract
Penelitian ini dilaksanakan karena kurangnya variasi media pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Multimedia Interaktif berbasis Problem Based Learning yang efektif digunakan khususnya muatan pelajaran Bahasa Indonesia materi Ide Pokok Paragraf kelas IV SD. (1) Berdasarkan rancang bangun, penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data digunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini adalah produk Multimedia Interaktif berbasis Problem Based Learning dengan kualitas produk sangat baik dan baik serta efektif digunakan dalam proses pembelajaran. (2) Berdasarkan hasil penilaian menurut ahli isi/materi pelajaran memperoleh skor 97,90% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain instruksional memperoleh skor 97,70% dengan kualifikasi baik, ahli media pembelajaran memperoleh skor 93,70% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan pada 3 siswa memperoleh skor 97,50% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji kelompok kecil pada 9 orang siswa memperoleh skor 92,20% dengan kualifikasi sangat baik sehingga produk yang dikembangkan dengan kualitas sangat baik. (3) Berdasarkan uji efektivitas menggunakan 28 siswa memperoleh thitung = 19,70 untuk ttabel = 1,67 dan taraf signifikan 5% = 1,67. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Dengan demikian disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning efektif digunakan pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD.
References
Agung, A. A. G. (2018a) Metodologi Penelitian Kuantitatif (hal. 118-123). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Agung, A. A. G. (2018b). Pengantar Pedadogi (hal: 131-134). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Agung. A. A. G. dan I. N. J. (2021). Statistika Inferensial untuk Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Cahyadi, E., Dwikurnaningsih, Y., & Hidayati, N. (2019). Peningkatan hasil belajar tematik terpadu melalui model PBL pada siswa sekolah dasar. 2(1), 205–218.
Cris Smaramanik Dwiqi, G., Gde Wawan Sudatha, I., & Studi, P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Siswa SD Kelas V Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana. In Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha (Vol. 8, Issue 2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU
Gunawan, B., Cristian Relmasira, S., Tyas, A., & Hardini, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas V Sd. In Jtiee (Vol. 2, Issue 1).
Hardiyanto, S., Kemampuan, P., Kritis, B., Smp, S., Hadiryanto, S., & Thaib, D. (2016). Jurnal Pendidikan Dasar. In Januari (Vol. 8, Issue 1).
Herawati, W., Wahyuni, S., Nurlatifah, M., & Fauziyah, M. U. (2022). Penerapan Model PBL (PBL) Berbantuan Multımedıa Interaktıf Untuk Menıngkatkan Hasıl Belajar Sıswa. Journal of Innovation in Primary Education, 1(2), 76–83.
Inawan, D. S., Sulthoni, S., & Ulfa, S. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Kelas IV Materi Makan dan Dimakan Antar Makhluk Hidup. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 151–161. https://doi.org/10.17977/um038v5i22022p151
Inayahtur Rahma, F. (2019). Media Pembelajaran (kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar). In Jurnal Studi Islam (Vol. 14, Issue 2).
Indah Sofiyani, W. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Meet Untuk Berpikir Sejarah Pada Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X Iis Man 5 Barito Kuala.
Indra Yani, L., Taufik, T., Negeri Padang, U., & Padang, K. (2020). Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar (Studi Literatur) (Vol. 8, Issue 7). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah. Aan, & Arifin, B. S. (2022). View of Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. EDUMASPUL JURNAL PENDIDIKAN, Vol.6, 1224–1238.
Kahar, L., & Ili, L. (2022). Implementasi PBL untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 127–134. https://doi.org/10.30998/ocim.v2i2.8129
Kahfi, A., Binamadani, S., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (n.d.). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah Implementation Of Pancasila Student Profile And Implications For Student Character At School.
Lestari, D. P., Fatchan, A., & Ruja, N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa.
Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. 2019. Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750.
Niswara, R., & Fita Asri Untari, M. (2019). Pengaruh Model PBL Terhadap High Order Thinking Skill. Mimbar PGSD Undiksha, Vol: 7 No: 2.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Vol. 03).
Ode, W., Arisanti, L., Sopandi, W., & Widodo, A. (2016). Analisis Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sd Melalui Project Based Learning oleh. In Januari (Vol. 8, Issue 1).
Oktafiani, D., Nulhakim, L., Pamungkas Alamsyah, T., & Guru Sekolah Dasar, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. 8(3), 527–540.
Pratama, I. P. A., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis PBL pada Materi Keanekaragaman Suku Bangsa di Indonesia. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 317–329. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.47377
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Sari, R. T., Angreni, S., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. 30(1), 79–83.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Addie Model. Jurnal IKA Undiksha, VOL. 11 NO. 1, 12–26.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Putu Sri Eka Yulianti, Maria Goreti Rini Kristiantari, I Komang Ngurah Wiyasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)