Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Putu Sri Eka Yulianti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Maria Goreti Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Pengembangan, media pembelajaran, multimedia interaktif

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena kurangnya variasi media pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Multimedia Interaktif berbasis Problem Based Learning yang efektif digunakan khususnya muatan pelajaran Bahasa Indonesia materi Ide Pokok Paragraf kelas IV SD. (1) Berdasarkan rancang bangun, penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data digunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini adalah produk Multimedia Interaktif berbasis Problem Based Learning dengan kualitas produk sangat baik dan baik serta efektif digunakan dalam proses pembelajaran. (2) Berdasarkan hasil penilaian menurut ahli isi/materi pelajaran memperoleh skor 97,90% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain instruksional memperoleh skor 97,70% dengan kualifikasi baik, ahli media pembelajaran memperoleh skor 93,70% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan pada 3 siswa memperoleh skor 97,50% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji kelompok kecil pada 9 orang siswa memperoleh skor 92,20% dengan kualifikasi sangat baik sehingga produk yang dikembangkan dengan kualitas sangat baik. (3) Berdasarkan uji efektivitas menggunakan 28 siswa memperoleh thitung = 19,70 untuk ttabel = 1,67 dan taraf signifikan 5% = 1,67. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Dengan demikian disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning efektif digunakan pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD.

References

Agung, A. A. G. (2018a) Metodologi Penelitian Kuantitatif (hal. 118-123). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G. (2018b). Pengantar Pedadogi (hal: 131-134). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung. A. A. G. dan I. N. J. (2021). Statistika Inferensial untuk Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Cahyadi, E., Dwikurnaningsih, Y., & Hidayati, N. (2019). Peningkatan hasil belajar tematik terpadu melalui model PBL pada siswa sekolah dasar. 2(1), 205–218.

Cris Smaramanik Dwiqi, G., Gde Wawan Sudatha, I., & Studi, P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Siswa SD Kelas V Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana. In Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha (Vol. 8, Issue 2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU

Gunawan, B., Cristian Relmasira, S., Tyas, A., & Hardini, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas V Sd. In Jtiee (Vol. 2, Issue 1).

Hardiyanto, S., Kemampuan, P., Kritis, B., Smp, S., Hadiryanto, S., & Thaib, D. (2016). Jurnal Pendidikan Dasar. In Januari (Vol. 8, Issue 1).

Herawati, W., Wahyuni, S., Nurlatifah, M., & Fauziyah, M. U. (2022). Penerapan Model PBL (PBL) Berbantuan Multımedıa Interaktıf Untuk Menıngkatkan Hasıl Belajar Sıswa. Journal of Innovation in Primary Education, 1(2), 76–83.

Inawan, D. S., Sulthoni, S., & Ulfa, S. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Kelas IV Materi Makan dan Dimakan Antar Makhluk Hidup. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 151–161. https://doi.org/10.17977/um038v5i22022p151

Inayahtur Rahma, F. (2019). Media Pembelajaran (kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar). In Jurnal Studi Islam (Vol. 14, Issue 2).

Indah Sofiyani, W. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Meet Untuk Berpikir Sejarah Pada Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X Iis Man 5 Barito Kuala.

Indra Yani, L., Taufik, T., Negeri Padang, U., & Padang, K. (2020). Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar (Studi Literatur) (Vol. 8, Issue 7). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah. Aan, & Arifin, B. S. (2022). View of Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. EDUMASPUL JURNAL PENDIDIKAN, Vol.6, 1224–1238.

Kahar, L., & Ili, L. (2022). Implementasi PBL untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 127–134. https://doi.org/10.30998/ocim.v2i2.8129

Kahfi, A., Binamadani, S., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (n.d.). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah Implementation Of Pancasila Student Profile And Implications For Student Character At School.

Lestari, D. P., Fatchan, A., & Ruja, N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa.

Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. 2019. Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750.

Niswara, R., & Fita Asri Untari, M. (2019). Pengaruh Model PBL Terhadap High Order Thinking Skill. Mimbar PGSD Undiksha, Vol: 7 No: 2.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Vol. 03).

Ode, W., Arisanti, L., Sopandi, W., & Widodo, A. (2016). Analisis Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sd Melalui Project Based Learning oleh. In Januari (Vol. 8, Issue 1).

Oktafiani, D., Nulhakim, L., Pamungkas Alamsyah, T., & Guru Sekolah Dasar, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. 8(3), 527–540.

Pratama, I. P. A., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis PBL pada Materi Keanekaragaman Suku Bangsa di Indonesia. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 317–329. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.47377

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Sari, R. T., Angreni, S., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. 30(1), 79–83.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Addie Model. Jurnal IKA Undiksha, VOL. 11 NO. 1, 12–26.

Published

2024-03-14

Issue

Section

Articles