Metode Pembelajaran Dialogis dengan Gaya Belajar Auditory Terhadap Kemampuan Komunikasi Pada Anak Usia Dini
Keywords:
Metode Pembelajaran Dialogis, Gaya Belajar Auditory, Kemampuan KomunikasiAbstract
Anak belum menguasai cara berkomunikasi yang bisa membuat lawan bicaranya memahami maksud komunikasinya. Hal ini dapat ditunjukan dari perilaku memiliki keterbatasan dalam penggunaan dan pemahaman bahasa, termasuk kosa kata yang terbatas, kesulitan dalam memahami instruksi, dan terdapat masalah dalam mengungkapkan pikiran dan perasaan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran dialogis dengan gaya belajar auditory terhadap kemampuan komunikasi pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelompok B yang ada di TK yang dikelompokkan berdasarkan gaya belajar auditori dan model pembelajaran yang diterapkan (gamification dan konvensional). Sampel penelitian ini terdiri dari 60 anak dari kelompok B dan TK Eka Dharma. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Data kemampuan berkomunikasi siswa dikumpulkan melalui observasi yang terstruktur sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran dialogis. Teknik analisis data dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Temuan ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran dialogis terhadap kemampuan berkomunikasi anak, terdapat pengaruh gaya belajar auditori dengan keterampilan tinggi dan rendah terhadap kemampuan berkomunikasi anak, terdapat interaksi metode pembelajaran dialogis dengan gaya belajar auditori terhadap kemampuan berpikir kritis anak. Simpulan penelitian yaitu model pembelajaran dialogis dan gaya belajar auditori memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan berkomunikasi anak usia 5-6 tahun.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Luh Ery Ratmawati, Maria Goreti Rini Kristiantari, I Ketut Supir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)