Metode Pembelajaran Dialogis dengan Gaya Belajar Auditory Terhadap Kemampuan Komunikasi Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v8i3.83847Keywords:
Metode Pembelajaran Dialogis, Gaya Belajar Auditory, Kemampuan KomunikasiAbstract
Anak belum menguasai cara berkomunikasi yang bisa membuat lawan bicaranya memahami maksud komunikasinya. Hal ini dapat ditunjukan dari perilaku memiliki keterbatasan dalam penggunaan dan pemahaman bahasa, termasuk kosa kata yang terbatas, kesulitan dalam memahami instruksi, dan terdapat masalah dalam mengungkapkan pikiran dan perasaan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran dialogis dengan gaya belajar auditory terhadap kemampuan komunikasi pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelompok B yang ada di TK yang dikelompokkan berdasarkan gaya belajar auditori dan model pembelajaran yang diterapkan (gamification dan konvensional). Sampel penelitian ini terdiri dari 60 anak dari kelompok B dan TK Eka Dharma. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Data kemampuan berkomunikasi siswa dikumpulkan melalui observasi yang terstruktur sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran dialogis. Teknik analisis data dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Temuan ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran dialogis terhadap kemampuan berkomunikasi anak, terdapat pengaruh gaya belajar auditori dengan keterampilan tinggi dan rendah terhadap kemampuan berkomunikasi anak, terdapat interaksi metode pembelajaran dialogis dengan gaya belajar auditori terhadap kemampuan berpikir kritis anak. Simpulan penelitian yaitu model pembelajaran dialogis dan gaya belajar auditori memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan berkomunikasi anak usia 5-6 tahun.
References
Alam, S. K., Wulansuci, G., & Rohmalina, R. (2019). Peningkatan Kecerdasan Intrapersonal Guru Pendidikan Anak Usia Dini melalui Penyuluhan Program Parenting. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3), 260–265. https://doi.org/10.23887/paud.v7i3.21945.
Anggraini, E. S. (2021). Pola Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Bermain. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 7(1), 27. https://doi.org/10.24114/jbrue.v7i1.25783.
Artanto, F., & Dhani, S. (2023). Pengaruh Penerapan Gaya Belajar Auditori Mendengarkan Lagu Anak Terhadap Hasil Belajar Siswa Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 180–195.
Aslan, A. (2021). Problem-based learning in live online classes: Learning achievement, problem-solving skill, communication skill, and interaction. Computers & Education, 171, 104237. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104237.
Astuti, L. P. W., & Wiyasa, K. N. (2020). Model Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Pop Up Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia. Mimbar Ilmu, 25(3), 346–357. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.25678.
Azizah, S. N., & Masub Bakhtiar, A. (2022). Gaya Belajar Audio Visual Dan Kinestetik Melalui Video Edukasi Terhadap Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 321(2), 321–332. http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/218.
Brantasari, M. (2022). Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 42–51. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.119.
Candrayani, N. M. W., & Sujana, I. W. (2023). Digital Comics: Character Value-Based Learning Media in the Ramayana Puppet Story Content Social Studies Elementary School. Indonesian Values and Character Education Journal, 6(1), 63–72. https://doi.org/10.23887/ivcej.v6i1.54657.
Dewi, A. C., Hapidin, H., & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18–29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136.
Ekaningtyas, N. L. D. (2020). Psikologi Komunikasi untuk Memaksimalkan Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi Pada Anak Usia Dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14–20.
Elya, M. H., Nadiroh, N., & Nurani, Y. (2019). Pengaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.326.
Evi Nur Khofifah, & Siti Mufarochah. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. AT-THUFULY : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 60–65. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.579.
Fauziddin, M. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun melalui Kegiatan Menceritakan Kembali Isi Cerita di Kelompok Bermain Aisyiyah Gobah Kecamatan Tambang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 42. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.30.
Fitri, R., & Pransiska, R. (2020). Keunggulan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1120–1131. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.575.
Friantary, H. (2020). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 127. https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2100.
Inten, D. N. (2017). Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 109–120. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2712.
Jannah, M., & Reinita, R. (2023). Validitas Penggunaan Media Komik Digital dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Berbasis Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1095–1104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4870.
Kivunja, C. (2019). A Pedagogy to Embed into Curricula the Super 4C Skill Sets Essential for Success in Sub-Saharan Africa of the 21st Century. In Global trends in Africa’s development.
Lestari, R. E., & Handayani, R. (2023). Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal At-Tabayyun, 6(2), 113–126. https://doi.org/10.62214/jat.v6i2.158.
Lestari, S., & Djuhan, M. W. (2021). Analisis Gaya Belajar Visual, Audiotori dan Kinestetik dalam Pengembangan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1), 79–90. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i2.250.
Mudiartana, I. M., Margunayasa, I. G., & Divayana, D. G. H. (2021). How is The Development of Valid and Practical Android-Based Local Wisdom Teaching Materials? Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 403. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.38176.
Mujib & Mardiyah. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Kecerdasan Multiple Intelligences. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 187–196. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2024.
Nafi’ah, Q. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar. Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid 19, September, 15–22.
Nisa, K., & Sujarwo, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.534.
Niswariyana, A. K., & Muhdar, S. (2021). Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Berbasis Multiple Intelligences pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Ilmiah Telaah, 6(1), 106–112. https://doi.org/10.31764/telaah.v6i1.3872.
Rahmawati, H., & Muhroji, M. (2022). Gaya Belajar Peserta Didik Usia Dini Berprestasi Akademik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6384–6394. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3176.
Sanjaya, M. S., Farantika, D., & Candra, D. (2023). Identifikasi Gaya Belajar Anak Usia Dini. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 52–62. https://doi.org/10.33367/piaud.v3i1.3641.
Saputri, I. A., & Afifah, D. R. (2019). Gaya Belajar Anak Usia Dini Kelompok B Tk Margobhakti Kota Madiun. Jurnal CARE (Children Advisory Researsh and Education), 6(2), 30–34. https://doi.org/10.25273/jcare.v6i2.3943.
Sari, A. M. S., Fakhriyah, F., & Pratiwi, I. A. (2021). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Anak Usia 10-12 Tahun. Jurnal Basicedu, 5(4), 2513–2520. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1222.
Setiawan, A., Zebua, R., & Sunarti, S. (2021). Strategi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Menggunakan Perangkat kepribadian Genetik STIFIn. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1859–1872. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1860.
Setyawan, M. D., Hakim, L. El, & Aziz, T. A. (2023). Kajian Peran Virtual Reality (VR) untuk Membangun Kemampuan Dialogis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 122–131. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i02.1592.
Siregar, Z., & Marpaung, T. B. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 61–69. https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2437.
Siswanto, S., Zaelansyah, Z., Susanti, E., & Fransiska, J. (2019). Metode Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Generasi Unggul Dan Sukses. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 35–44. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i2.1295
Taufiqurrahman, M. (2023). Pembelajaran Abad-21 Berbasis Kompetenci 4C Di Perguruan Tinggi. Progressa: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(1), 77–89. https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.441.77-89.
Wagu, E. Y., & Riko, R. (2020). Kemampuan Menggunakan Metode Debat Aktif Sebagai Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 30 Surabaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(2), 69–76. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i2.7828
Wahyuni, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5840–5849. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3202
Warisyah, Y. (2015). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Pentingnya “Pendampingan Dialogis” Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Proseding Seminar Nasional Pendidikan, 2016(November 2015), 130–138.
Wibowo, A., Rahman, A., Ishaq, M., Yu, A., & Simaremare, A. (2022). Analisis Efektifitas Media Pembelajaran Pkn Terhadap Gaya Belajar Kelas III SD. Journal of Educational Analytics, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.55927/jeda.v1i1.417
Yetti, E., & Juniasih, I. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Tari Pendidikan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Aktif. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 385–400. https://doi.org/10.21009/jpud.102.11.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Luh Ery Ratmawati, Maria Goreti Rini Kristiantari, I Ketut Supir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)