Video Pembelajaran Pramuka Prasiaga untuk Meningkatkan Profil Pelajar Pancasila Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Nurul Indana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Rendy Setyowahyudi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v8i2.83080

Keywords:

Video Pembelajaran, Pramuka Prasiaga, Profil Pelajar Pancasila anak usia dini

Abstract

Dalam memenuhi pembelajaran yang baik hendaknya melibatkan hal-hal yang menarik dan menyenangkan seperti penyediaan media pembelajaran yang menyenangkan anak usia dini sehingga akan lebih mudah memahami pembelajaran yang disampaikan pendidik. Tujuan pnelitian ini yakni untuk membuktikan efektivitas video pembelajaran pramuka prasiaga untuk meningkatkan profil pelajar Pancasila anak kelompok B Taman Kanak-Kanak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 20 anak kelompok B, dengan objek penelitian yaitu kemampuan meningkatkan Profil pelajar Pancasila anak usia dini. Metode pengumpulan data dengan pedoman wawancara, observasi dan kuesioner.  Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan lembar kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil uji t untuk mengetahui efektivitas media diketahui bahwa tabel output Paired Sample T-Test, memperoleh ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pre-test dan post-test ada pengaruh penggunaan media. Disimpulkan bahwa media video pembelajaran pramuka prasiaga layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan Profil pelajar Pancasila anak kelompok B Taman Kanak-kanak. Implikasi penelitian ini yakni, diharapkan mampu menjadi pedoman bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pramuka yang menarik.

References

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(April 2020), 62–78. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403.

Aini, Z. Q., & Wahyuni, A. (2023). Pramuka Prasiaga Mengasah Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi, 7(2), 2148–2162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4390.

Aji, Y. T. (2022). Pemanfaatan Whatsapp Group Sebagai Media InformasiDan Komunikasi Pembelajaran Pendidikan AgamaIslam Di Kalangan Pelajar (Studi KasusDi Smp Negeri 2 Pulau Rimau). 28–58.

Ambarwati, S. T., & Rohmah, N. (2024). Systematic Literature Review: Implementasi Pramuka Prasiaga di PAUD. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(2), 713–720. https://doi.org/10.54082/jupin.392.

Andayani, S. (2021). Karakteristik Perkembangananak Usia Dini. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman, 7(2), 200–212.

Antara, P. A. (2019). Dengan Pendekatan Holistik Putu Aditya Antara The Implementation Of Early Childhood Character Education. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan Dikmas, 14(1), 17–26. https://doi.org/10.21009/JIV.1401.2.

Antara, P. A., Vina, M., Paramita, A., & Iju, A. S. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dalam Stimulasi Kemampuan Tarian Modern Untuk Anak Usia Dini Pendahuluan Metode. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 7(2), 1–8. https://doi.org/10.23887/jurnal_bk.v7i2.1435.

Febrianti, N., & Dewi, D. A. (2021). Pengembangan Nilai Moral Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 476–482. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1772.

Gusmayanti, E., & Dimyati, D. (2021). Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 903–917. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1062.

Hakim, A. (2020). Teori Pendidikan Seumur Hidup Dan Pendidikan Untuk Semua. Jurnal Pendidikan Kreatif, I(2), 61–72. https://doi.org/10.24252/jpk.v1i2.20018.

Handayani, R. (2021). Karakteristik Pola-pola Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Keluarga. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 159–168. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.4797.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Jurnal Edumaspu, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622.

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349.

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402.

Kemendikbud. (2020). Pedoman Program PHBS Pendidikan Anak Usia Dini. 4(1), 1–23.

Leonita, V. L. V., Pd, P. S., & Nila Kusumaningtyas, S. T. (2019). Analisis Rasa Percaya Diri Anak Usia 5–6 Tahun Melalui Kegiatan Pramuka di TK Tadika Puri Ngaliyan Semarang. Seminar Nasional PAUD 2019, 54–60.

Maisaroh, R., Putri, V., Islam, U., Sumatera, N., Pembina, P., Andalan, P., Kwartir, S., & Pramuka, A. (2024). INTERAKSI ANGGOTA PRAMUKA. 3(1), 83–92.

Marliani, L. P. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(2), 125–133. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v1i2.802.

Maulana, E. (2024). Manajemen Pembinaan Ekstrakurikuler Pramuka Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Kuripan Kidul Kota Pekalongan. Uin Kh Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617.

Nuroniyah, W. (2019). Perempuan Arabia Dalam Lingkaran Perkawinan Era Pra-Islam : Sebuah Kajian Untuk Memahami Posisi Perempuan Dalam Sistem Perkawinan Islam. Yinyang : Jurnal Studi Islam, Gender dan Anak, 14(2), 175–200. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i2.2019.pp.

Nurwana, Dwiyanti, T., & Mastang. (2020). Analisis Kebijakan Wajib Pramuka Terhadap Pengembangan Karakter Religius Peserta Didik. Jurnal Mappesona, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.30863/mappesona.v3i3.1803.

Safitri, N., Kuswanto, C. W., & Alamsyah, Y. A. (2019). Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 29–44. https://doi.org/10.15408/jece.v1i2.13312.

Sari, K., Marmawi, M., & Amalia, A. (2022). Aktualisasi Pendidikan Karakter Dalam Pramuka Anak 5-6 Tahun Di Tk Islamiyah Pontianak Tenggara. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(12), 3494–3501. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i12.60833.

Setiani, D. (2021). Ekstrakulikuler Pramuka Sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter Kedisiplinan Siswa. Jurnal Misool, x, 1–4.

Setyowahyudi, R. (2020). Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Maria Montessori tentang Pendidikan Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 17–35. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.5610.

Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385.

Supriyadi, S., Susanti, A., Elliza, E., Purwanti, E., Naif, M. M., Nureda, N., Syarifah, R. U., Handayani, D. H., Baby, I., & Tanjung, D. P. (2023). Evaluasi Program Pramuka Prasiaga. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(3), 1821–1846. https://doi.org/10.37905/aksara.9.3.1821-1846.2023.

Susanti, M. M. I. (2021). Implementasi Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1946–1957. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1134.

Uddin, S. (2022). Pengembangan Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Terapan, 3(1).

Zahrah Rifa Qonitah. (2020). Pengembangan Video Tutorial Dalam Materi Rias Fantasi Di Program Studi Tata Rias. Jurnal Tata Rias, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.21009/10.1.1.2009.

Downloads

Published

2024-08-03

Issue

Section

Articles