Pola Komunikasi Antara Orang Tua Dengan Pihak Sekolah Dalam Penyediaan Dukungan Motivasi Diri Pada Anak Autisme

Authors

  • Luh Putu Ayu Satriani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Nice Maylani Asril Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Rendy Setyowahyudi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v8i3.84988

Keywords:

Pola Komunikasi, Orang Tua, Motivasi Diri, Autisme

Abstract

Komunikasi yang terjadi antara guru dan orang tua pada anak berkebutuhan khusus belum dilaksanakan secara maksimal. Hal ini terjadi karena stigma anak berkebutuhan khusus dianggap rendah oleh beberapa Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi antara orang tua dengan pihak sekolah dalam penyediaan dukungan motivasi diri pada anak autisme. Adapun tempat penelitian merupakan sekolah untuk Anak Berkebutuhan Khusus yang mengajarkan calistung dan membuat kerajinan. Jenis penelitian ini yakni deskriptif kualitatif, dengan metode Narrative Inquiry. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua yang berjumlah 1 orang dan guru yang berjumlah 1 orang dari Yayasan hati yang kreatif. Penelitian ini menggunakan metode dan instrument pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data berupa triangulasi, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat  bentuk pola komunikasi seperti pola komunikasi antar pribadi dan komunikasi kelompok. Selain itu penyebab terjadinya kendala pola komunikasi anatara orang tua dan pihak sekolah karena adanya perbedaan prioritas,kurang komunikasi terbuka dan keterbatasan sumber daya . Dengan beberapa factor yang terjadi pihak sekolah  mempunyai solusi untuk mengatasi kendala pola komunikasi  antara orang tua dan pihak sekolah. Implikasi penelitian ini diharapkan menjadi bahan kajian bagi orang tua dan guru anak berkebutuhan khusus.

References

Ainu Ningrum, N. (2022). Strategi Pembelajaran pada Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusi. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 3(2), 181–196. https://doi.org/10.33367/ijhass.v3i2.3099.

Alfira, D., & Siregar, M. F. Z. (2024). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Memajukan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini melalui Komunikasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 15. https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.641.

Alifiani, H., Nurhayati, N., & Ningsih, Y. (2019). Analisis penggunaan gadget terhadap pola komunikasi keluarga. Faletehan Health Journal, 6(2), 51–55. https://doi.org/10.33746/fhj.v6i2.16.

Anggraini, R., Taqwa, R., & Idi, A. (2024). Pola Interaksi Guru dengan Peserta Didik dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi di Kota Palembang. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 174–185. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1.9721.

Ariani, A. (2020). Terapi keluarga untuk memperbaiki pola komunikasi orang tua dan anak. Procedia: Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 8(4), 161–169.

Astuti, T., Nurhafizah, N., & Yulsyofriend, Y. (2019). Hubungan pola komunikasi orangtua terhadap perkembangan berbicara anak di taman kanak-kanak kecamatan koto tangah. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(2), 88–95. https://doi.org/10.29210/3003254000.

Boham, A., Kawung, E. J. R., & Harilama, S. H. (2019). Pola Komunikasi Orang Tua pada Anak Berkebutuhan Khusus di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum (Ekonomi, Sosial, Budaya, Dan Hukum), 4(1), 1–13. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/lppmekososbudkum/article/view/24102.

Brebahama, A., Triman, A., & Kumalasari, D. (2020). Pelatihan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Instruktur, Konselor, dan Relawan Yayasan Mitra Netra dan Persatuan Tunanetra Indonesia. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 75. https://doi.org/10.30595/jppm.v0i0.4792.

Caesarani, S., Nasrullah, A., & Mubarika, M. P. (2022). Pengaruh Ketahanmalangan dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Pelajaran Matematika. Prisma, 11(2), 515. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2498

Cahyani, K. O. A., Agushybana, F., & Nugroho, R. D. (2021). Hubungan Pola Komunikasi Orang Tua Asuh dengan Pengetahuan dan Sikap Kesehatan Reproduksi Remaja Panti Asuhan Kabupaten Klaten Tahun 2020. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 12(1), 15–25. https://doi.org/10.58185/jkr.v12i1.4.

Calista, R., Yeni, I., & Pransiska, R. (2019). Hubungan pola komunikasi orang tua terhadap perkembangan berbicara anak di Raudhatul Athfal Ikhlas Gunung Pangilun Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1633–1639. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.412.

Dewi, K. O. R., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar PPKN Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 50–60. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24578.

Dewi, R., Inayatillah, I., & Yullyana, R. (2019). Pengalaman Orangtua dalam Mengasuh Anak Autis di Kota Banda Aceh. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 3(2), 288–301. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v3i2.5625.

Faizzah, N. A. (2023). Pola Komunikasi Guru dan Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Tunas Kasih. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 2, 1622–1628.

Feby Atika Setiawati, N. (2020). Mengenal Konsep-Konsep Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Paud. SELING Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 193–208. https://doi.org/10.29062/seling.v6i2.635.

Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39–53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482.

Junaidin, R. (2020). Pola komunikasi interpersonal orang tua terhadap perkembangan kognitif anak. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi), 11(1), 46–66.

Kencanawati, R. T., & Fitriyani, L. R. (2021). Pola Komunikasi Humanistik antara Orang Tua dan Anak atas Dampak Negatif Bermain Online Game pada Prestasi di Sekolah Dasar. Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 42–54. https://doi.org/10.37715/calathu.v3i1.1898.

Kurniawan, A., Widiastuti, N., & Aslamiyah, N. (2021). Peran Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Ekstrakurikuler Pramuka Di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Sidoharjo Jati Agung Lampung Selatan Tahun Ajaran 2020/2021. Ar Royhan: Jurnal Pemikiran Islam, 1(02), 1–12. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/arroyhan/article/view/107.

Masruroh, H., Susanto, S., & Lestari, N. D. S. (2023). Pengembangan Paket Tes Geometri Bangun Datar Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1128–1140. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6729.

Mukaromah, F. S., Khilmiyah, A., & Fauzan, A. (2020). Pola komunikasi orang tua dalam pembentukan kecerdasan sosial di kalangan remaja milenial. FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 5(1), 95–120. https://doi.org/10.29240/jf.v5i1.1366.

Munna, Z. N., Wijayanti, A., & Tanto, O. D. (2021a). Peran Pola Komunikasi Orang Tua terhadap Perkembangan Emosi Anak Usia 4-5 di Masa New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 401–409. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1334.

Munna, Z. N., Wijayanti, A., & Tanto, O. D. (2021b). Peran Pola Komunikasi Orang Tua terhadap Perkembangan Emosi Anak Usia 4-5 di Masa New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 401–409. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1334.

Nurrezqia, A., & Ramadhana, M. R. (2022). Peran Komunikasi Keluarga Dalam Pendampingan Belajar Daring Anak Autis. Jurnal Dinamika Pendidikan, 15(1), 39–50. https://doi.org/10.51212/jdp.v15i1.6.

Pabundu, D. D., & Ramadhana, M. R. (2023). Pola Komunikasi Keluarga dengan Pembentukan Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4624–4646. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5223.

Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis Jenis Komunikasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 29–37. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jrss/article/view/158.

Pramudya, G., & Mardikaningsih, R. (2021). Peningkatan Kinerja Guru melalui Motivasi Diri, Konsep Diri dan Efikasi Diri (Studi Pada SMAN 1 Gondang Kabupaten Mojokerto). Jurnal Ilmu Pendidikan, Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (NALA), 1(1), 9–22.

Purworini, D., Savira, A. A., & Sholihah, M. (2020). Pemberdayaan masyarakat melalui praktek komunikasi interpersonal kepada guru di SLB BC Autis Yayasan Bina Asih. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 133–139. https://doi.org/10.30595/jppm.v0i0.5419.

Putra, P. H., Herningrum, I., & Alfian, M. (2021). Pendidikan Islam untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Kajian tentang Konsep, Tanggung Jawab dan Strategi Implementasinya). Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(1), 80–95. https://doi.org/10.53802/fitrah.v2i1.55.

Rahayu, A. P., & Marini, M. (2022). Pendampingan Pendidikan Bagi Anak Jalanan dan Dhuafa Sebagai Upaya Pemenuhan Hak Pendidikan Bagi Setiap Anak. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 320–329. https://doi.org/10.30651/aks.v6i2.13320.

Rahmadi, I. (2019). Komunikasi Terapeutik Terapis Dalam Menumbuhkan Kepatuhan Anak Autis (Studi Deskriptif Mengenai Komunikasi Terapeutik Terapis Di Rumah Hasanah Bandung Dalam Menumbuhkan Kepatuhan Anak Autis). Universitas Komputer Indonesia.

Retnowati, Y. (2021). Pola Komunikasi Dan Kemandirian Anak: Panduan Komunikasi Bagi Orang Tua Tunggal. Mevlana Publishing.

Saudi, Y., & Nurhayati, N. (2021). Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dalam Mendampingi Proses Belajar Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Di Dusun Jelapang. Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 5(1), 39–47. https://doi.org/10.31764/jail.v5i1.5181.

Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis perkembangan emosi anak usia dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05.

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi guru dalam membangun komunikasi dengan orang tua siswa di sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99–113. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620.

Wahyu Eko Widiyanto, E. G. P. P. (2021). Pendidikan Jasmani Adaptif Di Sekolah Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Sport Science & Education Journal, 2(2), 28–35. https://doi.org/10.33365/ssej.v2i2.1052

Yati, H., & Fadhli, K. (2019). Pola komunikasi interpersonal orang tua dalam berinteraksi dengan anak berkebutuhan khusus. Jurnal Purnama Berazam, 1(1), 40–50. https://doi.org/10.51742/ilkom.v1i1.24.

Downloads

Published

2024-10-25

Issue

Section

Articles