Pola Komunikasi Antara Orang Tua Dengan Pihak Sekolah Dalam Penyediaan Dukungan Motivasi Diri Pada Anak Autisme

Authors

  • Luh Putu Ayu Satriani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Nice Maylani Asril Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Rendy Setyowahyudi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Pola Komunikasi, Orang Tua, Motivasi Diri, Autisme

Abstract

Komunikasi yang terjadi antara guru dan orang tua pada anak berkebutuhan khusus belum dilaksanakan secara maksimal. Hal ini terjadi karena stigma anak berkebutuhan khusus dianggap rendah oleh beberapa Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi antara orang tua dengan pihak sekolah dalam penyediaan dukungan motivasi diri pada anak autisme. Adapun tempat penelitian merupakan sekolah untuk Anak Berkebutuhan Khusus yang mengajarkan calistung dan membuat kerajinan. Jenis penelitian ini yakni deskriptif kualitatif, dengan metode Narrative Inquiry. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua yang berjumlah 1 orang dan guru yang berjumlah 1 orang dari Yayasan hati yang kreatif. Penelitian ini menggunakan metode dan instrument pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data berupa triangulasi, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat  bentuk pola komunikasi seperti pola komunikasi antar pribadi dan komunikasi kelompok. Selain itu penyebab terjadinya kendala pola komunikasi anatara orang tua dan pihak sekolah karena adanya perbedaan prioritas,kurang komunikasi terbuka dan keterbatasan sumber daya . Dengan beberapa factor yang terjadi pihak sekolah  mempunyai solusi untuk mengatasi kendala pola komunikasi  antara orang tua dan pihak sekolah. Implikasi penelitian ini diharapkan menjadi bahan kajian bagi orang tua dan guru anak berkebutuhan khusus.

Published

2025-01-02

Issue

Section

Articles