Pola Komunikasi Antara Orang Tua Dengan Pihak Sekolah Dalam Penyediaan Dukungan Motivasi Diri Pada Anak Autisme
Keywords:
Pola Komunikasi, Orang Tua, Motivasi Diri, AutismeAbstract
Komunikasi yang terjadi antara guru dan orang tua pada anak berkebutuhan khusus belum dilaksanakan secara maksimal. Hal ini terjadi karena stigma anak berkebutuhan khusus dianggap rendah oleh beberapa Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi antara orang tua dengan pihak sekolah dalam penyediaan dukungan motivasi diri pada anak autisme. Adapun tempat penelitian merupakan sekolah untuk Anak Berkebutuhan Khusus yang mengajarkan calistung dan membuat kerajinan. Jenis penelitian ini yakni deskriptif kualitatif, dengan metode Narrative Inquiry. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua yang berjumlah 1 orang dan guru yang berjumlah 1 orang dari Yayasan hati yang kreatif. Penelitian ini menggunakan metode dan instrument pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data berupa triangulasi, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat bentuk pola komunikasi seperti pola komunikasi antar pribadi dan komunikasi kelompok. Selain itu penyebab terjadinya kendala pola komunikasi anatara orang tua dan pihak sekolah karena adanya perbedaan prioritas,kurang komunikasi terbuka dan keterbatasan sumber daya . Dengan beberapa factor yang terjadi pihak sekolah mempunyai solusi untuk mengatasi kendala pola komunikasi antara orang tua dan pihak sekolah. Implikasi penelitian ini diharapkan menjadi bahan kajian bagi orang tua dan guru anak berkebutuhan khusus.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Luh Putu Ayu Satriani, Nice Maylani Asril, Rendy Setyowahyudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)