Media Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS

Authors

  • I Dewa Ngakan Made Widnyana Artha Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Alexander Hamonangan Simamora Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Media Video Pembelajaran, problem based learning, IPAS

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik lebih banyak menggunakan buku paket namun jumlahnya terbatas. Peserta didik cepat merasa bosan karena tidak ada variasi media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis video Pembelajaran interaktif berbasis problem based learning pada pembelajaran IPAS kelas IV SD. Metode yang digunakan dalam pengembangan adalah ADDIE. Metode ADDIE adalah metode sistematis yang terdiri dari 5 tahapan utama yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan analisis statistika inferensial uji-t. Hasil dari penelitian ini yaitu perancangan video pembelajaran interaktif dari tahapan analisi hingga tahapan evaluasi, telah mengetahui validitas dari para ahli, telah mengetahui kepraktisan berdasarkan uji perorangan, kelompok kecil dan lapangan, dan mengetahui efektifitas video pembelajaran interaktif berbasis problem based learning dilihat dari perhitungan uji-t menunjukkan terdapat perbedaan signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan video pembelajaran interaktif berbasis problem based learning. Nilai post-test berada di atas KKTP, disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran interaktif berbasis problem based learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar kelas IV. Implikasi penelitian ini dapat meningkatkan keterampilan berpikir analitis dan pemecahan masalah yang berguna di luar konteks akademis.

Published

2025-01-02

Issue

Section

Articles