Media Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS
Keywords:
Media Video Pembelajaran, problem based learning, IPASAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik lebih banyak menggunakan buku paket namun jumlahnya terbatas. Peserta didik cepat merasa bosan karena tidak ada variasi media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis video Pembelajaran interaktif berbasis problem based learning pada pembelajaran IPAS kelas IV SD. Metode yang digunakan dalam pengembangan adalah ADDIE. Metode ADDIE adalah metode sistematis yang terdiri dari 5 tahapan utama yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan analisis statistika inferensial uji-t. Hasil dari penelitian ini yaitu perancangan video pembelajaran interaktif dari tahapan analisi hingga tahapan evaluasi, telah mengetahui validitas dari para ahli, telah mengetahui kepraktisan berdasarkan uji perorangan, kelompok kecil dan lapangan, dan mengetahui efektifitas video pembelajaran interaktif berbasis problem based learning dilihat dari perhitungan uji-t menunjukkan terdapat perbedaan signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan video pembelajaran interaktif berbasis problem based learning. Nilai post-test berada di atas KKTP, disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran interaktif berbasis problem based learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar kelas IV. Implikasi penelitian ini dapat meningkatkan keterampilan berpikir analitis dan pemecahan masalah yang berguna di luar konteks akademis.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Dewa Ngakan Made Widnyana Artha, Prof.Dr. Anak Agung Gede Agung, M.Pd., Alexander Hamonangan Simamora, S.E., M.Pd.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)