PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP NEGERI 3 SUKASADA

Lya Fransiska, I Wayan Subagia, Putri Sarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap keterampilan proses sains siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sukasada tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-equivalent pretest-posttest control group desaign. Data keterampilan proses sains siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes keterampilan proses sains. Data dianalisis dengan menggunakan uji ANCOVA satu jalur yang dilakukan terhadap angka signifikansi nilai statistik F varian dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka signifikansi nilai statistik F varian adalah 0,000 yang berarti bahwa H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang diberi pelajaran dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery dan siswa yang diberi pelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran guided discovery memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan proses sains siswa.

 


Keywords


keterampilan proses sains; model pembelajaran guided discovery; model pembelajaran konvensional

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, D. 2014. “Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa pada Mata Pelajaran Asam Basa Menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry”. Skripsi. Tersedia pada http://repository.uinjkt. ac.id/ dspace / bitstream /123456789 /25455/1/Dede%40watermack%2078ok.pdf (diakses tanggal 8 Desember 2017)

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Duran, M. & Özdemir, O. 2010. “The Effects of Scientific Process Skills-Based Science Teaching on Students’ Attitudes Towards Science”. Pdf. US_China Education Review. 7 (3), 17-28. Tersedia pada http://www.airitilibrary.com/Publication/alDetailedMesh%3Fdocid (diakes pada tanggal 20 Mei 2017)

Handayani, B. T., et al. 2017. “Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Guided Discovery Learning”. Pdf. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. Volume 1 No. 3. Tersedia pada http://fkip. jtam. unlam.ac.id/index.php/jipf/article/download/275/pdf (diakses tanggal 20 Maret 2017)

Juliantara, K. 2009. Pendekatan Pembelajaran Konvensional. Tersedia pada http:// edukasi. kompasiana. com/2009/ 12/20/ pendekatan-pembelajaran-konvensional/ (diakses tanggal 7 Desember 2017).

Kuswanto, et al. 2017. “Profil Kemampuan Awal Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Baru Pendidikan Fisika Tahun Ajaran 2016/2017 dalam Melakukan Praktikum Fisika Dasar 1 di Universitas Jambi”. Artikel Ilmiah. Tersedia pada http:// repository.unja.ac.id/1773/1/A1C313016-ARTIKEL.pdf (diakses tanggal 7 Desember 2017)

Lancour, A. K. 2009. “Science Process Skill”. Pdf. Process Skills For Life Sicence (04)Training Guide.

Tersedia pada http://scioly .org/ wiki/ images/d/ d6/ Pslsl_ training_ hammond04.pdf (diakses pada tanggal 20 Maret 2017)

Lete, M, et al. 2016. “Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pembelajaran Discovery Topik Tekanan Hidrostatis”. Pdf. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM. Vol. 1, 2016. Tersedia pada http://pasca.um.ac.id/wp-content /uploads/2017/02/Maksem-Lete-1020-1032.pdf (diakses pada tanggal 16 April 2017)

Mardana, I. B. (2006). “Implementasi Modul Eksperimen Sains Berbasis Kompetensi dengan Model Experiential Learning dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelaksanaan KBK dalam Pembelajaran Sains di SMP Negeri Sukasada”. Pdf. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Singaraja. 39 (4): 782 – 797. Tersedia pada https://nanopdf.com/download File/ pembelajaran -materi- ajar-suplemen-berbasis-kbk-dengan-model_pdf?preview=1 (diakses tanggal 29 Juli 2018)

Moedjiono, & M. Dimyati. 1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud

Ozturk, N., Tezel, O. & Acat, M. B. 2010. “Science Process Skills of Primary School Seventh Grade Student in Science Technology Lesson”. Pdf. Journal of Turkish Science Education. 7(3), 15-28. Tersedia pada https://www.researchgate.net/publication/228465007_Science_Process_Skills_Levels_of_Primary_School_Seventh_Grade_Students_in_Science_and_Technology_Lesson (diakses pada tanggal 20 Mei 2017)

Shalihah, T. R. 2017. “Penerapan Metode Guided Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Netral D. Pdf. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 5 Tahun ke-6 2017. Tersedia pada http://journal. student.uny.ac.id /ojs/index.php/ pgsd/article/download/7010/6730 (diakses pada tanggal 16 April 2017)

Suastra, I. W. 2009. Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Subagyo, et al. 2009. “Pembelajaran dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Suhu dan Pemuaian”. Pdf. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 5, 42-46. Tersedia pada https:// journal. unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/download/999/917 (diakses pada tanggal 15 Mei 2018)

Sudargo, F & Soesy A. S. 2010. “Kemampuan Pedagogik Calon Guru Biologi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Praktikum”. Jurnal Pengajaran MIPA. 15 (1), 4-12. Tersedia pada http://journal. fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/download/287/198 (diakses tanggal 7 Desember 2017)

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sukardi, I. 2015. “Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VII di MTs Patra Mandiri Plaju Palembang”. Bioilmi Vol. 1 No. 1 Edisi Agustus 2015. Tersedia pada http://jurnal.radenfatah.ac.id/ index. php/ bioilmi/article/ view File/ 1127/ 945 (diakses tanggal 7 Desember 2017)

Suryasubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Warnata, I. M. 2009. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Gaya Berpikir Peserta Didik SMP Negeri 3 Kediri Tabanan. Tesis (tidak diterbitkan). Universitas Pendidikan Ganesha.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jppsi.v1i2.17214

Article Metrics

Abstract view : 573 times
PDF file view : 729 times

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/jppsi.v1i2.17214.g10331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA

Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia indexed by:

 Crossref             OneSearch     Akreditasi SINTA


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.