PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PRAKTIKUM IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING

Authors

  • Made Riska Depiani Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Pujani Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Pande Latria Devi Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19374

Keywords:

instrumen penilaian, praktikum IPA, inkuiri terbimbing

Abstract

Penelitian menggunakan Research and Development (R & D) ini dilakukan untuk menghasilkan instrumen penilaian praktikum IPA berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian ini mengadopsi model 4D yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Pengembangan instrumen pada penelitian ini dibatasi sampai tahap develop, yaitu uji keterbacaan. Penyusunan instrumen penilaian diawali dengan analisis kebutuhan melalui wawancara guru dan siswa. Pada tahap pengembangannya dilakukan uji kevalidan dan uji keterbacaan. Kevalidan instrumen penilaian diuji oleh dua ahli. Keterbacaan instrumen penilaian praktikum IPA berbasis inkuiri terbimbing didapatkan melalui angket uji keterbacaan. Kevalidan dan keterbacaan instrumen penilaian tersebut dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menemukan: 1) skor rata-rata uji validitas instrumen penilaian praktikum IPA berbasis inkuiri terbimbing dan LKS secara berturut-turut sebesar 3,45 dan 3,62. Hasil validitas yang diperoleh menyatakan bahwa instrumen penilaian secara keseluruhan termasuk dalam kriteria sangat valid. 2) skor rata-rata uji keterbacaan instrumen sebesar 4,68 dengan kriteria sangat jelas/mudah dipahami. Berdasarkan hasil uji validitas dan uji keterbacaan dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian praktikum IPA berbasis inkuiri terbimbing valid dan terbaca.

References

Abdullah, R. S. 2016. Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara.

Aprilia, N., Much, F., S., Nugroho, A., W., & Jumi, S. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor Siswa SMA pada Praktikum Materi Protista. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 46-53. Universitas Sebelas Maret: Surakarta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi IV. Jakarta: Rineka Cipta.

Budhiwaluyo, N., Rayandra, A., & Bambang, H. 2016. Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja pada Praktikum Struktur dan Fungsi Sel di SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Edu- Sains, 5(2),1- 7. Universitas Jambi: Jambi.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekawati, E.& Sumaryanta. 2011. Pengembangan Instrumen Penilaian Matematika SD/SMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Hakiim, L. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Munandar, A., Maryani, E., Rohmat, D., & Ruhimat, M. 2019. Fieldstudy Dalam Geografi. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia. Online.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum, 2013. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian, 2013. Jakarta.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Rahman, A. H. 2017. Instrumen Penilaian Kinerja Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam Fisika SMP Menggunakan Pendekatan Saintifik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 33-40. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa: Banten.

Rasyid, H. & Mansur. 2009. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima.

Saputra, D. A., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. 2014. Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Logika Fuzzy. INVOTEC, 10(1), 13-24. Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung.

Sarjono, Mardapi, D., & Mundilarto. 2018. Development of Physics Lab Assesment Instrument for Senior High School Level. International Journal of Instruction, 11(4), 17-28. Yogyakarta State University: Indonesia.

Sofyan, A., Feronika, T., & Milama, B. 2006. Evaluasi Pembelajaran IPA Berbasis Kompetensi. Jakarta: UIN Jakarta Press.

Syah, M. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suastra, I. W. & Ristiati, N. P. 2016. Permasalahan Guru dalam Merancang dan Mengimplementasikan Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Sains di SMP dan SMA. Seminar Nasional Riset Inovatif (SENARI), 304-313. Universitas Pendidikan Ganesha: Singaraja.

Sudaryono. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sukardi, H. M. 2012. Evaluasi Pendidikan: Prinsip & Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Thiagarajan, S., Sememel, D., & Semmel M. I. 1974. Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Online. Indiana University: Bloomington, Indiana.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Trowbridge, L & Bybee, R. 1986. Becoming a Secondary School Science Teacher. Columbus: Merril.

Uno, H. B & Koni, S. 2014. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuniarti, B., Siska, D. F., & Arif, M. 2014. Pengembanga Instrumen Penilaian Psikomotor pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Radiasi, 5(1), 77-81. Universits Muhammadiyah: Purworejo.

Zainul, A. 2001. Alternative Assesment. Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2019-10-20