ANALISIS KEBUTUHAN UNTUK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MIND MAPPING

I Ketut Dadi, I Wayan Redhana, Putu Prima Juniartina

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis kebutuhan untuk merancang media pembelajaran IPA berbasis mind mapping. Analisis kebutuhan dilakukan melalui studi literatur dan studi lapangan. Studi literatur dilakukan untuk mengumpulkan informasi mengenai konsep materi IPA di kelas VIII semester 2. Hasil analisis konsep pada materi cahaya dan alat optik menunjukan bahwa 44% konsep abstrak, 52% konsep konkret, dan 4% konsep berdasarkan prinsip. Studi lapangan dilakukan untuk mengumpulkan informasi mengenai proses pembelajaran di kelas dan media yang digunakan. Hasil analisis kebutuhan dari 19 orang guru IPA dan 190 orang siswa di Kabupaten Buleleng khususnya di Kecamatan Buleleng dan Kecamatan Sawan menunjukan bahwa 100% guru menyatakan media pembelajaran IPA berbasis mind mapping itu menarik, 100% guru menginginkan perlunya dikembangkan media pembelajaran IPA berbasis mind mapping dan 100% guru menyatakan setuju menggunakan media pembelajaran IPA berbasis mind mapping dalam menjelaskan konsep IPA. Hasil analisis kebutuhan siswa juga mendapatkan hasil yang tidak jauh berbeda dengan hasil analisis kebutuhan guru, 95,3% siswa menyatakan media pembelajaran IPA berbasis mind mapping itu menarik dan 97,4% siswa menyatakan setuju menggunakan media pembelajaran IPA berbasis mind mapping pada kegiatan belajar di kelas. Hasil studi literatur dan studi lapangan menunjukkan bahwa perlu dikembangkan media pembelajaran IPA berbasis mind mapping.


Keywords


analisis kebutuhan; media pembelajaran IPA; mind mapping

Full Text:

PDF

References


Ali, M. 2009. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik”. Jurnal Edukasi Elektro Vol. 5, No 1, Maret 2009, hlm. 11-18.

Anwariningsih, S. H. 2013. Development of interactive Media for ICT Learning at Elementary School Based on Student Self Learning, 7(154), 121-128.

Benson, A., & Odera, F. 2013. Selection and use of Media in Teaching Kiswahili Language in Secondary School in Kenya. International Journal of Information and Communication Technology, 3(1), 12-18.

Davis, B., & Summers, M. 2015. Applying Dale’s Cone of Experience to increase learning and retention: A study of student learning in a foundational leadership course. QScience Proceedings, 2015(4),6.

Ghavifekr, S., Ahmad, Z. A. R. M. F. A. Ghani, Ran, N. Y. meixi, Y., & Tengyue, Z. 2014. ICT Integration In Education: Incorporation for Teaching & Learning Improvement. Malaysian Online Journal of Education Technology, 2(2), 24-54.

Ghavifekr, S., Athirah, W., & Rosdy, W. 2015. Teaching and Learning with Technology: Effectiveness of ICT Integration in School. International Journal of Research in Education and Scince (IJRES) International Journal of Research in Education and Science E, 1(2), 175-191.

Hamalik, O. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

IEA’s Trends in International Mathematics and Science Study. 2016. Match Student Achivement Infographic Grade 4. TIMSS 2015.

Klentien, U., & Kamnungwut, W. 2015. The Impact of Using Elektronic Media in English Teaching for Elementary and Secondary Students in Thailand. International Journal of information and Education Technology, 5(8), 582-586.

Leow, F., & Neo, M. 2014. Interactive Multimedia Learning: Innovating Classromm Education in a Malaysia University. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 13(2). INTI International University: Malaysia.

Lilisari, S. S., & Hana, M, N. 2016. Students Creative Thinking Enhancement Using Interactive Multimedia of Redox Reaction Creative Thinking Enhancement, 30- 34.

Nikhilkumar, D. P. 2016. Effectiveness of Teaching through Mind Mapping Technique. The International Journal of Indian Psychology, 3 (3). Pasific Academy of Higher Education and Research University: Udaipur, Rajasthan.

OECD. 2015. PISA 2015: Results in focus. Pisa 2015, (67), 16.

Prasetyo, Z. K. 2015. “Research and Development: Pengembangan Berbasis Penelitian”. Makalah disajikan dalam kuliah umum pada Dosen Pembimbing Tesis dan Mahasiswa Magister Pendidikan Sains Program Pascasarjana Universitas Negeri Surakarta, 14 Juni 2012.

Rosyada, D. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Prenada Media

Rusdi. 2018. Penelitian Desain dan pengembangan Kependidikan: Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru. Depok: Raja Grafindo Persada.

Tania, L., & Fadiawati, N. 2015. The Development of interactive- book based chemistry representations referred to the curriculum of 2013. Jurnal pendidikan IPA Indonesia, 4(2), 164-169.

Tsaparlis, G., & Kampourakis, C. 2000. An Integrated Physical-Science (Physics AndChemistry) Indtroduction For Lower-Secondary Level (Grade 7) Chemical Education in Europe: Curricula and Policies, 1(2), 281-294.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003. Jakarta.

Vero, E., & Puka, E. 2017. The Importance of Motivation in an Educational Environment L’importanza della motivazione in un ambiente educativo. Formazione & insegnamento XV, 57-66.

Widoyoko, E. P. 2009. Evaluasi Panduan Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidikan dan Calon Pendidiki. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widura, S. 2010. Mind Map Langkah Demi Langkah. Yogyakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19375

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19375.g11448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia indexed by:

 Crossref             OneSearch     Akreditasi SINTA


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.